Taplus Muda adalah tabungan BNI khusus kawula muda dan remaja. Rentang usianya antara 17 sampai 35 tahun. Sama seperti rekening lain, Taplus Muda juga punya kelebihan dan kekurangan sendiri.

Umur 17 tahun dikasih banyak pilihan saat buka tabungan. Pada BNI ada Taplus biasa, Taplus Muda, Taplus Bisnis, dan TabunganKu. Belum lagi bank lain. BCA, BRI, Mandiri, dll. pasti menawarkan produk simpanan lebih dari satu.

Penilaian lebih atau kurang tiap orang berbeda. Sebagian merasa cukup sesuai kebutuhan. Sebagian lagi menginginkan fitur lengkap. Kalau bisa, bahkan yang biaya administrasi murah. Apakah BNI Taplus Muda memenuhi itu?

Kelebihan BNI Taplus Muda

Setoran awal rendah

Tabungan untuk kaum milenial ini menetapkan setoran pertama sebesar Rp100.000,00. Menurut saya, ini kelebihan. Karena, pembuatan rekening lain bisa sampai Rp500.000,00. (Angka tersebut minimal. Untuk maksimalnya terserah).

Syarat pembuatan ringan

Syarat buka tabungan hampir setara di bank manapun. Yaitu kartu identitas (KTP/SIM/paspor) dan setoran awal. Kelebihan Taplus Muda dalam hal ini ialah lebih gampang. Calon nasabah tidak diwajibkan membawa NPWP.

Bisa dibikin via online

Kemajuan teknologi membuat rekening dapat dibikin secara online. Namun, saat ini belum semua tipe bisa. Khusus BNI Taplus Muda bagaimana? Ya, silakan Anda membuatnya dari rumah. Caranya cukup menggunakan aplikasi dan internet.

Buku tabungan atau e-statement

Nasabahnya boleh memilih pakai buku tabungan atau tidak. Jika tidak, tiap bulan mendapat email e-statement berisi catatan transaksi. Menurut saya, ini juga kelebihan Taplus Muda. Para pemilik tidak bakal kehilangan buku tabungan.

Mengurus buku tabungan hilang lumayan repot. Anda harus ke bank bawa surat kehilangan dari polisi. Memang fungsi buku tabungan penting. Registrasi e-banking dan mengatasi masalah kartu harus ditunjukkan ke customer service selain kartu identitas.

Jika dari awal tidak memakai buku tabungan, Anda bebas dari masalah di atas. Misal mau ganti kartu ATM karena kedaluwarsa, cukup bawa kartu lama dan KTP. Buku tabungan tidak ditanyakan.

Kartu debit multifungsi dan unik

Buka tabungan BNI Taplus Muda mendapat kartu debit khusus. Ia support GPN. Sehingga, bisa dipakai bayar belanja pada mesin EDC. Kalau buat tarik tunai dan transaksi lain di ATM? Lancar jaya baik di ATM BNI maupun bank lain.

Kelebihan kartu ATM Taplus Muda ialah ada dua versi: generik dan personalized. Versi pertama bergambar standar sesuai ketentuan bank. Versi kedua, Anda boleh mendesain menggunakan foto pribadi dan mencantumkan nama.

Fitur e-banking lengkap

Selain buku tabungan dan kartu debit, kelebihan BNI Taplus Muda lainnya ialah mendapat fitur e-channel lengkap. Antara lain SMS banking, mobile banking, internet banking, phone banking, dan SMS notifikasi.

Biaya administrasi murah

Bisa dibilang Taplus Muda memiliki keunggulan fitur lengkap tetapi biaya administrasi murah. Sebagian bahkan gratis. Bila dibandingkan, fitur-fitur tersebut pada rekening lain berbayar lebih mahal. Detail tarif silakan cek tabel.

Biaya administrasi rekeningRp5.000,00
Biaya administrasi kartuRp4.000,00
Biaya administrasi BNI Taplus Muda

Kekurangan BNI Taplus Muda

Di dunia tidak ada yang sempurna. Begitu juga BNI Taplus Muda. Keunggulan sudah dijabarkan di atas. Sedangkan kelemahannya dituliskan di bawah.

Setoran berikutnya Rp10.000,00

Tabungan ini setoran selanjutnya minimal Rp10.000,00. Saya yakin menurut Anda terjangkau. Akan tetapi, pada rekening lain bisa Rp5.000,00. Oleh sebab itulah saya kategorikan ini sebagai salah satu kekurangan BNI Taplus Muda.

Kartu personalized bayar

Pemilik tabungan Taplus Muda boleh memilih kartu ATM generik atau personalized. Pilihan pertama gratis. Sedangkan pilihan kedua harus bayar Rp25.000,00. Namun tenang, cuma sekali pada saat pembuatan baru.

Kartu personalized tidak langsung jadi

Selain bayar, pencetakan kartu ATM BNI Taplus Muda personalized juga tidak langsung jadi. Selesai membuat rekening silakan pulang dahulu. Seminggu kemudian datang lagi ke bank guna mengambil kartu. (Versi generik langsung jadi).

Limit transaksi kecil

Apakah batas maksimal tarik tunai, pembayaran belanja, dan transfer sesama/antarbank pada kartu ATM Taplus Muda memenuhi kebutuhan Anda atau tidak, silakan cek tabel. Saya memasukkan sebagai daftar kekurangan karena pada rekening lain lebih besar.

Limit tarik tunaiRp5 juta per hari
Limit bayar belanjaRp10 juta per hari
Limit transfer sesama BNIRp10 juta per hari
Limit transfer ke bank lainRp10 juta per hari
Limit transaksi BNI Taplus Muda

Saldo mengendap banyak

Meski uang Anda, saldo BNI Taplus Muda tidak bisa diambil/digunakan sampai habis. Ia harus disisakan buat saldo mengendap Rp50.000,00. Anda setuju ini sebagai kekurangan? Sebagai perbandingan, Taplus biasa mengenakan cuma Rp15.000,00 loh.

Masa aktif terbatas

Silakan sukai tabungan Taplus Muda Anda. Bisa kerena uniknya kartu ATM atau apapun. Namun ingat, ia memiliki masa aktif terbatas. Begitu usia pemiliknya 35 tahun, rekening akan dikonversi otomatis (upgrade) ke Taplus biasa.

Setelah dikonversi, segala ketentuan mengikuti aturan rekening baru. Baik buku, kartu, biaya admin, limit transaksi, maupun lainnya. Jika Anda suka gara-gara nomor rekening yang cantik, barulah bersyukur karena akan tetap sama.

Biaya penutupan mahal

Ada dua cara menutup tabungan. Pertama, ambil semua saldo hingga batas minimal/mengendap. Setelah tiga bulan didiamkan, nomor rekening akan mati otomatis. Cara kedua dengan bantuan customer service di kantor cabang.

Kedua cara di atas sama-sama mengenakan biaya penutupan rekening Taplus Muda Rp50.000,00 (biaya cara pertama dari saldo mengendap). Menurut saya, ini termasuk kekurangan. Tabungan lain rata-rata biayanya cuma Rp20 ribuan.

Pertanyaan lain

Bank Sentral tahu tulisan di atas tidak detail menjelaskan BNI Taplus Muda secara keseluruhan. Jika butuh lebih silakan klik link jika pertanyaan dan jawaban berikut belum juga memuaskan Anda.

Apakah Taplus Muda mendapat buku tabungan?

Nasabah boleh memilih mau pakai atau tidak. Jika tidak, sebagai penggantinya tiap bulan memperoleh email e-statement berisi rincian transaksi.

Apa keunggulan kartu ATM BNI Taplus Muda?

Support GPN sehingga dapat buat bayar belanja pada merchant yang menyediakan mesin EDC. Di samping itu, bisa dipakai di ATM bank lain (tidak harus BNI). Serta bisa didesain menggunakan foto dan mencantumkan nama pribadi.

Apa saja kelebihan BNI Taplus Muda?

Banyak. Antara lain setoran awal rendah, syarat pembuatan ringan, bisa dibuka via online, mendapat e-channel lengkap (kartu ATM, SMS banking, m-banking, internet banking, phone banking, dan SMS notifikasi), serta biaya administrasi per bulan murah bahkan gratis.

Apa saja kekurangan Taplus Muda?

Setoran berikutnya minimum Rp10.000,00, kartu ATM personalized bayar dan tidak langsung jadi, limit transaksi (tarik tunai, pembayaran, dan transfer sesama/antarbank) kecil, saldo mengendap lumayan besar, masa aktif terbatas, dan biaya penutupan rekeningnya sedikit mahal.

Jika tidak pakai buku tabungan, bagaimana cara menabung di ATM Taplus Muda?

Datang ke kantor cabang terdekat. Serahkan uang dan kasih tahu nomor rekening Anda kepada teller. Atau, bisa juga menggunakan kartu ATM untuk mengoperasikan BNI CDM (cash deposit machine)/mesin setor tunai.

Jika tidak pakai buku tabungan, bagaimana cara tarik tunai BNI Taplus Muda?

Di bawah limit lebih baik menggunakan ATM. Di atas limit/penarikan banyak, silakan datang ke kantor cabang BNI dengan membawa kartu debit dan KTP (buku tabungan tidak ditanyakan).

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment