Taplus Anak merupakan tabungan BNI untuk remaja dan belia. Usia pembuatnya harus di bawah 17 tahun. Berdasarkan review di internet, Taplus Anak banyak kelebihan dan sedikit kekurangan.

Saking banyaknya bahkan melebihi yang ditawarkan. Misal, beberapa customer service mengatakan BNI Taplus Anak tidak mendapat fasilitas internet banking. Namun, dicoba diregistrasikan di ATM ternyata bisa.

Sayangnya mereka terlanjur bilang tidak dapat. Kita jadi segan meminta e-secure atau token. Alhasil internet banking Taplus Anak hanya bisa transaksi nonfinansial. Lumayanlah, buat tambahan SMS notifikasi.

Tabungan anak pada BNI sebenarnya banyak. Dua contoh lainnya yaitu TabunganKu dan SimPel. Namun, jika Anda memilihkan Taplus Anak, berikut informasi keunggulan dan kekurangan selengkapnya.

Kelebihan BNI Taplus Anak

Untuk usia 0–17 tahun

Rekening ini ditujukan kepada nasabah usia 0–17 tahun. Artinya, bukan hanya pelajar sekolah, bayi baru lahir pun dapat memilikinya. Bagaimana bisa mereka membuatnya? Silakan baca sampai bawah.

Syarat pembuatan mudah

Syarat pembukaan Taplus Anak sangat mudah. Kartu identitas tidak harus kartu pelajar, pakai akta lahir dan KK pun bisa. Kelebihannya jelas: mereka tidak bakal diminta NPWP atau nomor pokok wajib pajak.

Rekening atas nama anak

Pada rekening lain, nama orang tua mungkin disertakan. Namun, tabungan ini tidak. Rekening BNI Taplus Anak benar-benar atas nama anak sesuai kartu identitasnya. Saya yakin buat mereka yaitu kelebihan.

Anak tidak harus datang

Anak boleh tidak hadir saat pembukaan rekening. Pengisian formulir dan tanda tangan diwakilkan orang tua. Makanya, bayi baru lahir pun bisa memiliki tabungan ini. Suatu kelebihan dari Taplus Anak, bukan?

Orang tua tidak harus nasabah BNI

Pada BRI, buat perbandingan, syarat orang tua membuatkan rekening anak Junio harus punya tabungan Simpedes atau Britama. BNI bebas: orang tua bukan nasabah BNI pun dipersilakan anaknya bikin Taplus Anak.

Mendapat buku tabungan

Sekarang banyak rekening tanpa buku tabungan demi kepraktisan. Akan tetapi, buat anak, buktab sepertinya penting. Makanya saya kategorikan sebagai kelebihan saat BNI Taplus Anak memberikan fasilitas ini.

Kartu debit multifungsi dan unik

Selain buku tabungan, pemilik Taplus Anak mendapat kartu debit. Ia sudah support GPN. Sehingga bisa buat bayar belanja pada mesin EDC. Serta dipakai di ATM buat tarik tunai, transfer sesama/antarbank, dan transaksi lain.

Kelebihan kartu Taplus Anak ialah terdapat dua pilihan: generik dan personalized. Pilihan pertama bergambar standar sesuai ketentuan bank. Pilihan kedua, Anda bisa mendesain menggunakan foto pribadi dan mencantumkan nama.

Mendapat fasilitas e-banking

Pada website resmi, fasilitas e-banking BNI Taplus Anak hanya SMS notifikasi. Namun, saat dicoba didaftarkan melalui ATM, internet banking bisa diaktifkan. Apakah mobile banking juga iya? Ah, dua di atas sepertinya cukup.

Gratis biaya administrasi

Kelebihan BNI Taplus Anak berikutnya yaitu gratis biaya administrasi. Para pemilik bebas dari potongan pengelolaan rekening dan kartu. Bahkan enam bulan didiamkan (status dormant) tidak dikenakan denda penalti.

Mendapat bunga

Tidak ada potongan bulanan tetapi mendapat bunga? Benar-benar kelebihan Taplus Anak yang menggiurkan. Andai didiamkan lama, saldo tidak akan berkurang. Yang ada justru bertambah. Berikut tabel suku bunganya.

Jumlah saldoSuku bunga
< Rp100.000,000,00%
Rp100.000,00–Rp5.000.000,001,00%
> Rp5.000.000,001,50%
Suku bunga BNI Taplus Anak

Melatih dan mengenalkan sistem perbankan

Dengan membuatkan rekening Taplus Anak, Anda mendapat manfaat: melatih anak hidup hemat dan rajin menabung. Serta mengenalkan pada layanan perbankan. Diharapkan saat besar kelak tidak kaget.

Orang tua dapat memantau

Meski rekening atas nama anak, orang tua tetap bisa memantau aktivitas transaksi mereka. Caranya melalui SMS notifikasi dan internet banking. Untuk buku dan kartu ATM biarkanlah dipegang anak sendiri.

Kekurangan BNI Taplus Anak

Review yang beredar di internet benar. Tabungan BNI Taplus Anak banyak kelebihan. Kekurangannya, saya cari-cari hanya ketemu ini.

Setoran awal Rp100.000,00

Pembukaan tabungan anak sebagian besar dibantu orang tua. Termasuk uang setoran awal. Saya yakin Rp100 ribu kecil buat mereka. Namun, Bank Sentral anggap ini kekurangan BNI Taplus Anak karena rekening lain ada yang minimal Rp50 ribu.

Setoran berikutnya Rp10.000,00

Alasannya sama seperti di atas. Rp10 ribu memang setara uang jajan anak-anak. Meraka tidak bakal keberatan diminta menyisihkan segitu untuk ditabung. Akan tetapi, setoran berikutnya pada rekening lain bisa minimal Rp5 ribu.

Pembuatan didampingi orang tua

Usia kurang dari 17 tahun termasuk bawah umur. Makanya, mereka wajib didampingi (setidaknya meminta izin) orang tua saat pembuatan rekening. Buat yang sok mandiri, saya yakin poin ini merupakan kekurangan BNI Taplus Anak.

Tidak bisa dibikin via online

Meski fitur dan fasilitas terbaru, tetapi pembukaan Taplus Anak masih pakai cara lama. Calon nasabah harus datang ke kantor cabang BNI terdekat. Persyaratan yang diperlukan harus dibawa lengkap.

Kartu personalized bayar

Kartu debit personalized Taplus Anak menjadi kelebihan sekaligus kekurangan. Ia bisa didesain sesuka hati tetapi pencetakannya tidak gratis. Anda harus bayar Rp25.000,00. Namun tenang, biaya tersebut cuma sekali.

Kartu ATM tidak langsung jadi

Pada Taplus Muda, hanya kartu personalized yang memerlukan waktu. Taplus anak keduanya: generik dan personalized. Bukan hanya satu, melainkan sampai dua minggu. Katanya, karena pencetakan kartu dilakukan di kantor pusat.

Limit transaksi kecil

Taplus Anak menetapkan batas maksimal tarik tunai, pembayaran belanja, dan transfer (sesama dan antarbank) masing-masing Rp500.000,00 per hari. Buat anak di bawah 15 tahun mungkin cukup. Namun, usia mendekati 17 kadang kurang.

Masa aktif terbatas

Rekening Taplus Anak khusus untuk usia 0–17 tahun. Bagaimana jika pemilik telah melewati umur segitu? Tabungan akan di-upgrade ke Taplus biasa atau Taplus Muda. Biaya administrasi yang tadinya gratis sekarang harus berbayar.

Pertanyaan lain

Apakah BNI Taplus Anak mendapat e-banking?

Laman resminya hanya menyebut SMS notifikasi. SMS banking, mobile banking, dan internet banking tidak dituliskan di sana. Namun, saat pengguna meregistrasikan via ATM, internet banking ternyata dapat aktif.

Bisakah kartu BNI Taplus Anak buat bayar belanja?

Ya, kartu berlogo GPN. Sehingga bisa dijadikan kartu debit untuk bayar belanja pada kasir merchant yang menyediakan mesin EDC.

Bisakah kartu ATM Taplus Anak transfer antar-bank?

Tentu. Limit atau batas maksimal per hari Rp500 ribu. Sekadar info tambahan, kartu bahkan dapat dipakai di bank lain seperti BCA, BRI, Mandiri, dll.

Berapa saldo mengendap rekening BNI Taplus Anak?

Setelah transaksi harus disisakan minimal Rp10.000,00 buat saldo mengendap.

Bagaimana jika usia pemilik tabungan Taplus Anak melewati 17 tahun?

Rekening akan otomatis di-upgrade ke Taplus Muda atau Taplus biasa. Kalau mau ditutup atau dimatikan, biayanya Rp10.000,00.

Author

Penulis niche khusus #banksentral

Write A Comment