Saya anggap semua pembaca sudah memahami pengertian keempat fitur e-banking ini. Jika belum, banksentral.com sarankan untuk baca Perbedaan ATM, SMS banking, mobile banking atau m-banking, dan internet banking dulu. Di sana dijelaskan panjang lebar. Untuk artikel ini difokuskan membahas kelebihan dan kekurangan dari ketiga fitur itu saja.

ATM, SMS banking, m-banking, dan internet banking merupakan fasilitas tambahan yang nasabah dapatkan jika membuat rekening bank. BCA, BNI, BRI, Mandiri, Permata, dan lainnya sama-sama menyediakan fitur ini. Terakhir saya bikin rekening Britama BRI, kartu ATM menjadi kewajiban saat pembuatan rekening baru. Sedangkan SMS banking, mobile banking, dan internet banking masih boleh tidak.

Mengaktifkan SMS banking, m-banking, dan internet banking tidak dipungut biaya registrasi ataupun tambahan biaya administrasi bulanan. Atas alasan tersebut, saya menyarankan Anda mengaktifkanya semua saja. Lagi pula, layanan-layanan ini bisa saling melengkapi untuk kenyamanan transaksi perbankan Anda. Bagaimanapun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Baca juga: Cara dan syarat bikin rekening tabungan Tahapan BCA terbaru

1. Kelebihan dan Kekurangan ATM

Kartu ATM bisa dibilang fasilitas paling dasar yang dapat diperoleh saat pembuatan rekening bank baru. Bentuknya kartu dan terbuat dari plastik. Bagian bawah terdapat pita magnetik yang berfungsi menyimpan data perbankan atas rekening pemiliknya. Cara menggunakannya dengan dimasukkan ke ATM dan pengamanannya menggunakan sistem PIN enam digit angka.

Dibandingkan fasilitas lain, keunggulan paling utama dari kartu ATM ialah bisa tarik tunai. SMS banking, m-banking, dan internet banking memang bisa melakukan semua transaksi yang ATM bisa, kecuali ambil uang atau tarik tunai ini. Kemudian, kelebihan lain kartu ATM ialah dapat digunakan untuk menabung pada mesin setor tunai.

Keuntungan dari kartu ATM berikutnya ialah dapat dipakai pada ATM bank apapun. Misal kartu ATM Anda BCA, tetap bisa digunakan pada ATM BNI, BRI, Mandiri, dll. Akan tetapi, penggunaan lintas bank dikenakan biaya tambahan. Kalau tidak salah sekira Rp5.000,00–Rp7.500,00 per transaksi.

Tidak hanya bisa dipakai lintas bank, kartu ATM keluaran bank-bank besar di Indonesia dapat dimanfaatkan juga untuk mengoperasikan ATM luar negeri, meskipun ATM tersebut milik bank lokal negara sana. Meski rekening Anda tabungan rupiah dan kartu ATM-nya dipakai di Jepang, mesin akan tetap mengeluarkan uang yen. Ini sangat dibutuhkan jika sedang berkunjung dan di sana kehabisan uang cash.

Selain digunakan untuk mengoperasikan ATM, kartu ini dapat dipakai sebagai kartu debit. Misal, Anda belanja di toko yang menyediakan mesin EDC. Saat mau bayar ternyata Anda tidak punya uang cash dan malas cari ATM. Nah, kartu ini bisa langsung digesekkan atau dimasukkan mesin EDC guna melakukan pembayaran selayaknya kartu kredit. Hebat bukan?!

Saya kira kekurangannya cuma satu. Kartu ATM tidak bisa digunakan transaksi di rumah atau tempat-tempat pribadi selayaknya SMS banking, mobile banking, ataupun internet banking. Jadi, jika tempat tinggal Anda jauh dari lokasi ATM bisa merepotkan. Jika dekat, Anda patut bersyukur karena itu sebuah keberuntungan.

Baca juga: 10 macam produk tabungan BCA yang dapat dijadikan pilihan

2. Kelebihan dan Kekurangan SMS Banking

SMS banking merupakan fasilitas tambahan selain kartu ATM. Nasabah dapat menikmati layanan ini melalui handphone pribadi. Tentu saja setelah nomor handphone yang digunakan SMS diregistrasikan terlebih dahulu. Caranya bisa melalui ATM atau datang langsung kantor cabang terkait terdekat.

Kelebihan paling utama dari SMS banking ialah bisa melakukan transaksi perbankan cukup dari rumah tanpa harus cari ATM atau datang ke kantor cabang bank. Waktu dan tempat juga lebih leluasa: bisa dilakukan kapan saja 24 jam dan di mana saja asal area tersebut ter-cover sinyal operator SIM-card yang digunakan untuk melakukan. Dan tentu saja kartu SIM harus memiliki pulsa.

Keuntungan selanjutnya ialah transaksi aman karena menggunakan media pribadi. Asal tidak meminjamkan handphone kepada orang lain saya yakin aman. Jika harus meminjamkan, pastikan semua SMS baik yang diterima ataupun terkirim dihapus terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak ada orang lain tau bahwa nomor ponsel Anda terhubung dengan rekening bank. Sekalipun itu kepada keluarga ataupun pasangan.

Keunggulan SMS banking berikutnya ialah bisa dijalankan dengan ponsel tipe apa saja. Tidak harus i-Phone mahal ataupun android keluaran teranyar, ponsel jadul atau low end juga tidak masalah. Hal ini karena yang dibutuhkan hanya fitur SMS. Jadi, selama hp bisa buat mengetik SMS dan memiliki pulsa maka tidak jadi masalah.

Kekurangan SMS banking dibanding ATM hanya tidak bisa tarik tunai. Bayangkan saja, jika bisa, uang akan keluar dari mana? Kemudian, biaya SMS banking tarifnya lebih mahal daripada SMS biasa. Terakhir, SMS banking sedikit lebih ribet karena harus menghafal format kode perintah yang harus dikirimkan melalui SMS.

3. Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking (m-Banking)

Sekilas, mobile banking seperti tidak beda dengan SMS banking. Keduanya sama-sama dijalankan melalui handphone. Hal yang membedakan ialah SMS banking menggunakan metode SMS, sedangkan mobile banking, aplikasi yang diinstal atau menu SIM-card. Koneksi yang diperlukan juga beda. Mobile banking pada bank tertentu menggunakan internet.

Keunggulan paling utama dari m-banking sama seperti SMS banking. Yaitu dapat dilakukan melalui ponsel pribadi, kapan pun, dan di mana pun. Dengan kata lain bisa dilakukan di rumah; selama 24 jam; tidak perlu repot-repot cari ATM atau datang ke lokasi cabang terkait yang hampir dapat dipastikan harus antre, hari kerja hanya pukul 07.30–16.00, dan hari Minggu serta hari besar tutup.

Kelebihan mobile banking berikutnya yaitu lebih simpel dari SMS banking. Seperti dikatakan di awal, m-banking menggunakan metode aplikasi. Penggunaannya tidak perlu capek-capek mengetik format kode perintah, tetapi cukup dengan klik dan klik beberapa menu yang sudah tersedia. Dengan begini, kesalahan transaksi lebih jarang terjadi.

Kelemahannya juga sama seperti SMS banking: tidak bisa ambil uang atau tarik tunai. Selain ini, beberapa bank masih ribet karena mengharuskan memasukkan PIN yang dikirimkan ke nomor hp Anda. Terus, handphone yang digunakan juga tetap harus dipasangi kartu SIM yang nomornya sudah terdaftar.

4. Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking

Seiring kemajuan teknologi, internet banking tidak harus diakses melalui laptop atau PC. Smartphone keluaran sekarang pun dengan gampang bisa melakukannya. Kalau SMS banking menggunakan SMS dan mobile banking aplikasi, maka internet banking memakai browser. Tentu saja koneksi yang dibutuhkan yaitu inetrnet agar bisa mengunjungi situs internet banking bank terkait.

Dibanding ATM, SMS banking, dan mobile banking, internet banking menurut saya paling fleksibel. Kita dapat mengaksesnya di mana dan kapan saja asalkan memiliki gadget dan koneksi internet. Hampir semua jenis transaksi yang ada pada ATM dapat dilakukan oleh internet banking. Bahkan, beberapa fitur bisa lebih baik daripada ATM.

Tidak seperti SMS banking yang mengharuskan menggunakan SIM-card yang sama, internet banking bisa menggunakan koneksi internet dari apa saja. Mengapa? Login hanya memerlukan username/user ID dan sandi (password). Meski begitu, keamanan tidak perlu diragukan karena transaksi finansial (transfer, bayar tagihan, dsbg.) diperlukan sandi tambahan dari token. Sedangkan transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi, dll.) tidak perlu.

Keunggulan berikutnya ialah tarif biaya akses lebih murah daripada SMS banking. Bagi sebagian orang yang setiap sudah ada jaringan internet, biaya internet banking terasa hampir tidak ada. Selain itu, penggunaan yang bisa dilakukan dengan laptop memungkinkan catatan transaksi lebih jelas terlihat karena layar yang lebar.

Hampir semua transaksi perbankan dapat dilakukan dengan internet banking. Namun, bukan berarti layanan ini tidak ada kelemahannya. Sama seperti SMS banking dan mobile banking, kekurangan inetrnet banking ialah tidak bisa ambil uang atau tarik tunai. Secanggih apapun laptop yang nasabah pakai, tetap saja hanya ATM yang dapat mengeluarkan uang cash.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment