Jenis kartu debit BNI ada banyak. Namun paling terkenal yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Wajar saja. Ketiganya banyak digunakan, syarat pembuatan gampang, dan fasilitas pas untuk transaksi sehari-hari.

Fungsi kartu debit ialah untuk mengakses rekening tanpa harus ke bank. Bisa melalui ATM untuk cek saldo, tarik tunai, transfer, dan sebagainya. Bisa pula pada mesin EDC di kasir merchant. Sehingga bayar belanja tidak perlu uang cash.

Antara kartu debit BNI Silver, Gold, dan Platinum terdapat perbedaan. Bukan hanya warna, melainkan juga biaya admin, limit transaksi transfer sesama dan antarbank, serta tarif penerbitan/penggantian. Siapa saja hendak bikin baiknya baca sampai bawah.

Cara membuat kartu ATM BNI

Caranya dengan buka rekening tabungan. Selain buku, Anda akan dikasih kartu debit juga. Orang-orang menyebutnya kartu ATM. Alasannya karena sering dipakai pada mesin dengan nama kepanjangan anjungan tunai mandiri.

Pada BNI, persyaratan bikin kartu debit Silver, Gold, ataupun Platinum ialah sebagai berikut:

  • Membuat tabungan Taplus atau Taplus Bisnis.
  • Mengisi formulir dan menandatanganinya di atas meterai 6.000.
  • Setoran awal minimal Rp250.000,00/Rp500.000,00 (Taplus) atau Rp1.000.000,00 (Taplus Bisnis).

Saat pembuatan inilah customer service menawarkan tiga varian kartu. Sebelum dipilih, ia menerangkan spesifikasinya terlebih dahulu. Agar Anda paham banget, berikut banksentral.com ikut bantu menguraikan.

Kartu debit BNI Silver

Kartu ATM BNI Silver
Kartu ATM BNI Silver

Kartu ATM perak ini berwarna abu-abu. Bukan polos, melainkan bercorak batik Cirebon. Pada permukaan depan terdapat nomor 16 digit, valid thru, chip, dan logo BNI serta Mastercard. Beberapa kartu tercetak nama pemilik rekening.

Sedangkan bagian belakang tampak nomor call center, strip magnetik, strip tanda tangan, dan sejumlah logo. Antara lain Maestro, Cirrus, Link, ATM Bersama, Prima, Jaringan BNI, dan hologram.

Dibanding dua lainnya, kartu ATM Silver paling rendah. Kelebihannya ialah dikenakan biaya administrasi termurah. Namun kekurangannya memiliki batas transaksi paling sedikit. Cocok digunakan nasabah dengan kebutuhan transaksi minim.

Biaya pembuatan baruRp10.000,00
Biaya administrasiRp4.000,00 per bulan
Limit tarik tunai di ATMRp5.000.000,00 per hari
Limit transfer sesama BNIRp50.000.000,00 per hari
Limit transfer antarbankRp10.000.000,00 per hari
Limit transaksi belanjaRp10.000.000,00 per hari
Spesifikasi kartu debit BNI Silver

Kartu debit BNI Gold

Kartu ATM BNI Gold
Kartu ATM BNI Gold

Warnanya kuning. Akan tetapi bukan bermaksud tembaga, melainkan emas. Penamaan ini menyatakan tingkat kartu ATM BNI Gold di atas Silver. Tentunya dalam hal limit transaksi. Cocok dipakai nasabah dengan transaksi sedang.

Biaya pembuatan baruRp15.000,00
Biaya adminRp7.500,00 per bulan
Limit tarik tunai di ATMRp15.000.000,00 per hari
Limit transfer sesama BNIRp100.000.000,00 per hari
Limit transfer antarbankRp25.000.000,00 per hari
Limit transaksi belanjaRp50.000.000,00 per hari
Spesifikasi kartu debit BNI Gold

Selain warna, desain kartu BNI tipe gold sama seperti Silver. Keberadaan chip menandakan model terbaru. Untuk mengetahui masa berlakunya bisa dilihat valid thru. Jika angka bulan dan tahun telah lewat artinya kedaluwarsa.

Kartu ATM BNI Platinum

Kartu ATM BNI Platinum
Kartu ATM BNI Platinum

Jika kebutuhan transaksi Anda tinggi pilihlah kartu warna hitam. Kelebihannya ialah limit besar. Namun, secara bersamaan memiliki kekurangan biaya administrasi mahal.

Biaya pembuatan baruRp20.000,00
Biaya adminRp10.000,00
Limit tarik tunai di ATMRp15.000.000,00 per hari
Limit transfer sesama BNIRp100.000.000,00 per hari
Limit transfer antarbankRp50.000.000,00 per hari
Limit transaksi belanjaRp100.000.000,00 per hari
Spesifikasi kartu debit BNI Platinum

Desain kartu ATM BNI Platinum masih sama dengan dua lainnya. Corak batik merepresentasikan budaya Indonesia. Sedangkan logo-logonya bukan sekadar mempercantik tampilan. Semua ada fungsi tersendiri.

Logo Mastercard membuat kartu debit dapat digunakan pada mesin EDC. Baik di dalam ataupun luar negeri. Kita tahu lambang dua bulat merah dan kuning itu merek asal Amerika. Layanannya merata hampir seluruh dunia.

Bagaimana dengan simbol lainnya? Maestro dan Cirrus merupakan jaringan antar-ATM internasional. Sedangkan dalam negerinya yakni Link, ATM Bersama, dan Prima. Itulah yang membuat kartu BNI bisa dipakai di ATM bank lain. Baik BCA, BRI, Mandiri, ataupun lainnya.

Berapa lama pembuatan kartu ATM?

Membuka rekening Taplus dan Taplus Bisnis tidak lama. Kurang dari setengah jam sudah jadi. Saat itu juga Anda dikasih kartu ATM yang langsung aktif. Sehingga dapat dicoba untuk cek saldo dan transaksi lain.

Nama Anda tidak tercetak pada kartu jika didapat secara instan begitu. Namun tidak masalah. Ia tetap berfungsi. Untuk membedakan dengan milik orang lain bisa melihat angka 16 digit. Atau tanda tangan pada bagian belakang.

Mau cetak nama tetap bisa. Silakan request kepada customer service. Sayangnya tidak langsung jadi. Anda harus menunggu sekitar seminggu. Untuk sementara hanya mendapat buku tabungan dulu.

Upgrade kartu ATM BNI Silver ke Gold ke Platinum

Misal kartu Anda Silver. Padahal kebutuhan transaksi setiap hari lebih dari Rp10 juta. Artinya limit tidak mencukupi. Apakah bisa diganti menjadi Gold atau bahkan Platinum tanpa buka rekening lagi?

Bisa. Silakan datang ke kantor cabang terdekat. Syaratnya bawa KTP, buku tabungan, dan kartu debit lama. Temui customer service dan ajukan permohonan upgrade. 20 menit kemudian kartu Anda sudah menjadi tipe yang lebih tinggi.

Upgrade tak masalah. Apakah downgrade juga iya? Benar. Pemilik rekening Taplus dan Taplus Bisnis bisa gonta-ganti kartu. Dari Silver ke Gold ke Platinum atau sebaliknya. Cara dan syaratnya sama seperti di atas.

Upgrade dan downgrade tidak merubah nomor rekening. Hanya ganti kartu, biaya admin, dan limit transaksi. Termasuk ongkos pencetakan kartu baru yang akan digunakan.

Cara ganti kartu ATM dan biayanya

Kartu debit tidak digunakan seumur hidup. Ada batas pemakaian. Durasinya sekira lima tahun sejak dikeluarkan. Pada jenis Silver, Gold, dan Platinum bisa dicek permukaan depan. Di situ tertulis valid thru diikuti bulan dan tahun kedaluwarsa.

Kartu harus diganti jika sudah melewati batas waktu. Kalau mau, sekalian upgrade/downgrade tipe. Kartu boleh berubah tetapi nomor rekening tetap sama. Begitu pula dengan saldonya. Utuh seperti jumlah terakhir.

Bukan hanya kedaluwarsa. Kadang, masa pakai belum berakhir tetapi kartu sudah tidak berfungsi. Contoh tidak terbaca mesin, rusak, hilang, dan tertahan/tertelan ATM. Cara mengatasinya sama seperti di atas.

Penggantian kartu ATM BNI Silver, Gold, dan Platinum tidak gratis. Ada biaya harus dibayar untuk penerbitan/pembuatan baru. Tenang, dikenakan sekali saja. Tarif juga relatif terjangkau. Di bawah ini daftarnya.

SilverRp15.000,00
GoldRp20.000,00
PlatinumRp25.000,00
Biaya ganti kartu ATM BNI

Lain-lain

Kartu ATM berfungsi untuk mengakses rekening tanpa harus ke bank. Contohnya mengecek saldo, tarik tunai, transfer sesama dan antarbank, serta pembayaran belanja. Selain limit, transaksi-transaksi juga dibatasi saldo minimal dan mengendap.

Saat tabungan Anda tipis sebaiknya tidak dikuras sampai batas tertentu. Pada rekening BNI Taplus minimal Rp150.000,00. Anda akan dikenakan denda jika kurang dari segitu. Besarnya Rp5.000,00 per bulan. Ia memotong langsung dari saldo.

Di bawah saldo minimal ada saldo ditahan. Pengertiannya ialah saldo yang benar-benar tidak bisa diambil. Sengaja harus disisakan buat cadangan biaya penutupan rekening. Tabungan BNI tipe Taplus menetapkan Rp15.000,00.

Saat ini datang kartu ATM baru yang tampaknya akan menggeser ketenaran Silver, Gold, dan Platinum. Namanya debit BNI GPN. Bagaimana tidak, pemerintah saja sampai menganjurkan nasabah untuk lebih memilih tipe itu kok.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment