Mengurus kartu ATM Xpresi BCA terblokir bagi sebagian orang membingungkan. Pasalnya, mereka sejak bikin memang tidak mendapat fitur buku tabungan. Padahal mengatasi masalah seperti ini biasanya butuh tiga syarat: KTP, kartu ATM, dan buku tabungan.

Hanya keblokir itu belum seberapa. Coba bayangkan jika ketelan dan hilang. Bukan hanya syarat buktab saja yang tidak bisa dipenuhi, melainkan kartu ATM juga. Kalau sudah begini, apakah cara mengurusnya bisa dengan KTP saja?

Selain atas masih ada yang lebih parah. Ialah kartu ATM Xpresi BCA hilang dan KTP/kartu pelajar entah di mana. Apakah mungkin mengurusnya ke kantor cabang cuma modal dengkul? Masih bisa sih kita mengusahakan surat kehilangan dari kepolisian. Namun, apakah ampuh?

Apapun masalah kartu ATM Anda, tenang tidak perlu pusing berlebihan. Banksentral.com punya solusinya. Akan tetapi perlu diingat: yang Anda baca ini sekadar info tambahan. Silakan ikuti sekiranya masuk akal. Kalau tidak, kirimlah kritikan via kontak

Mengurus kartu ATM Xpresi BCA terblokir

Kartu ATM BCA keblokir dibagi menjadi dua kategori. 1. Terblokir lupa PIN dan 2. terblokir masih ingat PIN. Pengelompokan ini menentukan cara mengurusnya. Juga biaya yang harus dikeluarkan agar kartu normal dan bisa dipakai kembali. Jadi, tentukan dulu Anda di bagian mana.

Ke kantor cabang BCA

Jika Anda masuk kategori pertama, mengurus kartu ATM Xpresi BCA terblokir harus ke kantor cabang. Syarat yang harus dibawa yaitu KTP dan kartu ATM. Benar, Anda tidak perlu bawa buku tabungan. Inilah perbedaan Tahapan Xpresi BCA dibanding rekening lain. Tidak ribet.

Anda bisa mendatangi kantor cabang BCA mana saja, tidak harus cabang asal, selama data pada kartu identitas tidak ada perubahan. Bila dulu buka rekeningnya menggunakan kartu pelajar dan sekarang sudah punya KTP, bawalah keduanya. Ini akan memudahkan Anda.

Sebaliknya, Anda harus datang ke cabang asal tempat Anda buka rekening, apabila data kartu identitas ada perubahan. Ini meliputi NIK KTP beda, ganti nama, dll.

Bagaimana untuk orang yang KTP-nya hilang? Disarankan bikin baru dulu di kantor kecamatan/kelurahan. Mintalah resi KTP atau suket (surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses) seandainya tidak langsung jadi. Dokumen ini dapat menggantikan fungsi KTP.

Namun, bila maunya Anda langsung mengurus kartu ATM Xpresi BCA, tanpa bikin KTP terlebih dahulu, syarat yang diperlukan yaitu surat kehilangan dan kartu ATM. Bawalah keduanya ke kantor cabang BCA asal. Tidak bisa sembarang memilih.

Telepon call center Halo BCA

Jika masuk kelompok kedua–kartu ATM Xpresi BCA terblokir tetapi masih ingat PIN–Anda bisa mengurusnya cukup menggunakan ponsel. Buatlah panggilan ke nomor 1500888. Katakan bahwa Anda mau unblock paspor BCA. Setelah berhasil, kartu ATM pun normal dan bisa dipakai kembali.

Sebelum membuat panggilan sebaiknya siapkan beberapa data. Di antaranya nomor rekening, nomor kartu 16 digit, nama sesuai KTP, perkiraan sisa saldo terakhir, dsbg. Customer service Halo BCA akan menanyakan untuk verifikasi. Ia akan mereset kartu setelah jawaban-jawaban Anda benar.

Biaya unblock/mereset kartu ATM Xpresi BCA yang terblokir via Halo BCA gratis. Hal ini karena kartu lama masih bisa dipakai. Namun bila sampai ganti baru (pada kategori pertama), biayanya Rp25.000,00. Sedikit lebih mahal daripada Paspor BCA Silver, Gold, dan Paltinum.

di atas biaya menelepon Halo BCA belum dihitung. Padahal tarifnya mahal. Agar benar-benar gratis buatlah mereka yang menelepon Anda. Caranya dengan menghubungi media sosialnya dulu. Kemudian kirimkanlah nomor ponsel Anda melalui DM (direct message).

Selalu pastikan yang Anda hubungi merupakan akun media sosial resmi milik BCA. Begitu pula dengan nomor yang menelepon Anda: 1500888.

Kartu ATM Xpresi BCA tertelan

Maksud kartu ATM tertelan ialah tertahan di dalam mesin. Selesai transaksi harusnya otomatis keluar. Namun kali ini tidak. Meski tombol “cancel” sudah ditekan berkali-kali dan ditunggu sekian lama, kartu tetap diam. Intinya begitu, bukan masuk ke tenggorokan manusia.

Kartu ATM Xpresi BCA dilengkapi fitur jaringan Prima, ATM Bersama, dan Link. Artinya bisa dipakai di ATM bank lain. Sehingga, ada kemungkinan tertelan di ATM BCA, BNI, Mandiri, dll. Begitu juga dengan lokasinya. Tidak harus dekat rumah. Tertelan di luar kota pun bisa.

Di manapun itu, hal pertama yang wajib dilakukan saat kartu ATM tertelan ialah meminta pemblokiran. Caranya bisa dilihat di sini. Dengan begitu kartu akan aman. Jika keluar dan diambil orang lain sudah tidak bisa digunakan lagi. Saldo pun bisa utuh. Tidak berkurang.

Syarat yang diperlukan

Mengurus kartu ATM BCA tertelan harus ke kantor cabang bank. Tidak bisa melalui call center. Bagaimanapun masalah ini solusinya bikin kartu baru. Prosesnya hanya bisa di sana. Agar customer service bisa mengerjakan, Anda harus membawa sejumlah syarat yang diperlukan.

Secara umum syaratnya yaitu kartu identitas dan buku tabungan. Namun karena rekening Xpresi BCA memang tidak difasilitasi buktab, maka diperbolehkan hanya bawa kartu identitas saja. Tidak perlu yang lain. Apalagi surat kehilangan dari kantor polisi.

Kartu identitas bisa KTP atau kartu pelajar/mahasiswa. Tinggal sesuaikan saja dengan yang dulu Anda gunakan buat buka rekeningnya. Apabila kartu pelajar kadaluwarsa (sudah lulus sekolah) dan ingin ganti KTP, keduanya harus dibawa semua.

Cara mengurusnya

Kita bisa mengurus hanya dengan KTP. Namun, usahakan untuk mendapatkan kartu ATMnya dulu. Apalagi jika Anda masih ingat PIN. Caranya bukan dengan menunggui mesin seharian. Bukan pula membongkar secara paksa. Itu kesalahan. Yang ada Anda kena masalah lain.

Cara yang benar ialah mendatangi kantor cabang BCA yang lokasinya terdekat dengan mesin penelan. Ada petugas khusus yang secara rutin membuka mesin. Saat di dalamnya ditemukan kartu akan diserahkan ke cabang BCA terdekat. Di sanalah keberadaan Kartu ATM Xpresi Anda.

Jika berhasil menemukan cabang yang dimaksud, langsung saja urus di sana. Hanya dengan menunjukkan KTP sudah bisa membawa kartu ATM BCA Xpresi kembali. Tentunya kondisi sudah bisa dipakai lagi. Dan yang lebih menggembirakan tidak perlu keluar biaya sepeserpun.

Namun, andai tertelannya di luar kota dan tidak memungkinkan ke sana, Anda bisa mengurusnya di cabang lain. Penentunya tergantung kartu identitas. Tidak ada perubahan DIN bisa di cabang mana saja. Namun jika ada, harus di cabang asal tempat Anda buka rekening dulu.

Proses pergantian kartu ATM Xpresi BCA di kantor cabang bank

Soal ketentuan kartu identitas sudah sangat jelas di atas. Sekarang mari lanjut bahas tahap-tahapnya di kantor cabang bank. Kali saja ada yang belum tahu atau pengalaman baru pertama kali.

Sesampai di kantor cabang langsung ambil nomor antrean. Ada dua bagian: teller dan customer service. Jangan sampai keliru. Urusan kartu ATM terblokir, tertelan, ataupun hilang ditangani customer service. Jika bingung bisa ditanyakan kepada satpam yang stand by dekat pintu masuk.

Setelah itu, tunggulah sampai nomor antrean dipanggil. Saat mendapat giliran dilayani, kepada customer service tunjukkan persyaratan yang Anda bawa dan katakan mau mengurus kartu ATM Xpresi BCA bermasalah. Kemudian ia akan mengecek. Lalu membuatkan kartu baru buat Anda.

Proses di atas tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya hanya 15–30 menit. Setelah mendapatkan kartu baru dan bayar Rp25.000,00, Anda sudah bisa pulang. Meski ganti kartu, nomor rekening tetap sama seperti sebelumnya. Begitu juga dengan saldonya.

Mengurus kartu ATM Xpresi BCA hilang

Caranya sama persis seperti mengurus kartu ATM Xpresi BCA tertelan. Syarat yang dibutuhkan juga tidak beda: kartu identitas dengan segala ketentuan detailnya di atas. Yang berbeda hanya statusnya. Yang tadi tertahan mesin, yang sekarang hilang. Meski hilang tidak membutuhkan surat kehilangan dari polisi.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment