Kartu ATM Xpresi BCA rusak dan kedaluwarsa harus diganti baru. Pasalnya, yang lama tidak bisa digunakan lagi. Jika dipaksa dimasukkan mesin tidak akan terbaca. Atau masih terdeteksi tetapi layar menampilkan pesan habis masa berlaku.

Kartu ATM rusak dan kedaluwarsa tidak bahaya. Anda tidak perlu memblokir. Saldo tetap aman, tidak berkurang apalagi hilang. Apabila orang mentransfer dana tetap bisa masuk. Hanya saja tidak bisa dicek lewat ATM atau EDC. Namun masih bisa via m-BCA atau KlikBCA.

Agar bisa kembali memakai ATM, segeralah diurus kartu yang rusak atau expired itu. Caranya ialah mendatangi kantor cabang dengan membawa persyaratan KTP, kartu ATM BCA Xpresi yang lama, dan uang Rp25.000,00 buat bayar. Di sana Anda akan dikasih kartu baru untuk pengganti.

Teorinya sesimpel itu. Namun praktiknya kadang muncul masalah lain. Seperti KTP hilang, hanya bisa ke beda cabang, sibuk dan berhalangan, serta ingin diwakilkan. Apakah bisa? Berikut banksentral.com coba menjawabnya dengan detail dan lengkap.

Kartu ATM Xpresi BCA rusak

Kita bahas soal kerusakan dulu. Kartu debit BCA dapat mengalaminya dikarenakan banyak hal. Yang paling umum terduduki di saku celana belakang sampai melengkung. Atau kesesakkan di dompet hingga retak/pecah. Bisa juga karena memang sudah lawas.

Sedangkan contoh kerusakannya banyak. Antara lain plastik terkelupas, pita hitam magnetic stripe tergores atau lecet, terpotong hingga terbelah. Jangan pernah mencoba memasukkan ke mesin bila separah ini. Kartu bisa tersangkut di dalam dan susah keluar.

Untuk menghindari kerusakan kartu ATM sebaiknya Anda pakai dan simpan dengan benar. Taruhlah di tempat bersih. Jangan dekat api ataupun besi berani. Medan magnet kuat dalam jangka lama konon dapat “menggangu” data yang ada di pita hitam bagian belakang kartu.

Kartu ATM Xpresi BCA kedaluwarsa

Kartu ATM expired bukan kesalahan Anda. Pihak bank memang sengaja memberlakukan. Jangkanya lima tahun ke depan sejak mulai digunakan. Silakan cek permukan depan/belakang kartu. Anda akan menemukan tulisan valid thru diikuti bulan dan tahun.

Ciri-ciri kartu ATM Xpresi BCA kedaluwarsa hanya bisa diketahui dari tulisan itu. Kita tidak bisa menebaknya berdasarkan penampilan. Kadang terlihat masih mulus padahal tanggal sudah lewat. Atau juga sebaliknya: kartu telah rusak tetapi sebenarnya belum expired.

Pihak bank memberlakukan ini demi kenyamanan bersama. Seperti kita tahu semua benda makin lama bisa rusak. Untuk kartu ATM, lima tahun dirasa waktu yang cukup. Lebih dari itu tetapi kartu tetap dipakai dapat merusak mesin. Akhirnya mengganggu nasabah lain.

Syarat dan ketentuan mengurus kartu ATM Xpresi BCA rusak dan expired

Rekening Tahapan Xpresi BCA tidak mendapat fitur buku tabungan. Jadi, saat kartu ATM-nya bermasalah syarat mengurusnya cuma butuh KTP dan kartu ATM itu sendiri. Bahkan kasus kartu ATM hilang atau tertahan di dalam mesin bisa pakai KTP saja.

Bagaimana jika KTP hilang? Disarankan Anda bikin baru dulu di kantor kecamatan/kelurahan. Mintalah resi KTP atau SuKet (surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses) jika tidak langsung jadi. Berkas ini dapat menggantikan fungsi KTP untuk mengurus kartu ATM Xpresi BCA yang rusak ataupun expired.

Mungkin dulu Anda buka rekening Tahapan Xpresi BCA menggunakan kartu pelajar/mahasiswa. Sekarang sudah lulus dan kartu identitas yang berlaku KTP. Dalam kondisi ini sebaiknya Anda bawa keduanya. Di kantor cabang nanti sekalian update data.

Anda dapat mendatangi cabang BCA mana saja selama syarat di atas terpenuhi. Namun, jika data yang tersimpan pada bank dengan kartu identitas yang dibawa beda, Anda hanya bisa mengurusnya di cabang asal tempat Anda dulu buka rekening.

Cara ganti kartu ATM Xpresi BCA rusak atau kedaluwarsa

Setelah syarat-syarat yang diperlukan lengkap, segeralah menuju ke kantor cabang BCA. Mayoritas tempat ini tidak buka 24 jam. Artinya Anda harus datang pada hari dan jam kerja. Bila hanya sempat saat libur, carilah cabang khusus yang buka. Di kota besar biasanya ada.

Sampai di sana langsung ambil nomor antrean bagian customer service. Tidak usah bingung meski pengalaman baru pertama kali. Kadang satpam/security yang mengambilkan. Anda hanya perlu duduk menunggu dan mengantre.

Saat dilayani customer service, sambil menyerahkan persyaratan, utarakanlah bahwa kartu ATM Xpresi BCA Anda rusak atau expired. Ia kemudian mengecek. Lalu mengisikan formulir penggantian kartu. Selanjutnya Anda diminta menandatangani. Biasanya dua kali.

Kartu pengganti akhirnya jadi. Anda pun diminta menentukan PIN dengan memencet tombol mesin EDC. Jumlahnya enam digit. Mau bikin baru ataupun disamakan dengan kartu lama tidak masalah. Terakhir, seperti biasa: membubuhi tanda tangan belakang kartu ATM menggunakan pulpen.

Biaya ganti kartu ATM BCA Xpresi

Biaya yang harus dibayar yaitu Rp25.000,00. Tarif harga ini lebih mahal daripada Papsor BCA tipe Silver/Blue, Gold, dan Platinum. Saya kurang tahu alasannya. Mungkin karena kartu debit Xpresi BCA memiliki gambar karakter khusus dengan desain banyak dan beragam.

Bahkan jika Anda menggantinya di cabang utama/besar bisa menggunakan foto pribadi. Tentunya tercetak nama juga. Meski terlihat lebih keren, secara fungsi tidak ada beda dengan kartu ATM Xpresi BCA yang lain. Biaya administrasi bulanan dan limit transaksi hariannya tetap sama.

Biaya di atas untuk kartu ATM Xpresi BCA yang chip. Jika punya Anda hanya magnetic stripe bisa ditukar secara gratis. Nanti kartu pengganti yang didapat memiliki chip dan berlogo GPN. Begitu juga jika dari logo Maestro menjadi Mastercard. Saat tulisan ini dipublikasikan masih ada promo free.

Mengganti kartu ATM Xpresi BCA rusak atau kedaluwarsa dengan diwakilkan ?

Selain hilangnya KTP, masalah lain sering muncul saat mau mengurus kartu ATM yaitu kesibukan. Seperti dikatakan di atas, kantor cabang hanya buka pada hari dan jam kerja. Saat libur tutup. Jadwal ini bentrok dengan nasabah berstatus karyawan. Apa mereka harus bolos kerja?

Saat kondisi seperti itu, bisakah mengganti kartu ATM Xpresi BCA rusak/expired diwakilkan orang lain? Saya memang belum mencoba. Namun pernah menanyakan customer service. Jawaban mereka TIDAK BISA meski bawa surat kuasa dan perwakilan orang terdekat (pasangan suami/istri, keluarga, asisten, dll.)

Customer service tidak menjelaskan alasan detailnya. Akan tetapi saya coba mengerti. Mungkin karena ganti kartu ATM perlu tanda tangan dan bikin PIN baru. Jika diwakilkan orang lain dikhawatirkan akan disalahgunakan. Yang ada masalah makin runyam.

Hal lain setelah ganti kartu ATM Xpresi BCA

Ada beberapa hal yang perlu diketahui setelah mendapat kartu baru. Antara lain sebagai berikut:

  • Kartu ATM bisa langsung digunakan. Tidak perlu menunggu setelah 1×24 jam.
  • Meski ganti kartu, nomor rekening tetap sama. Begitu juga dengan saldonya: tidak berkurang, hilang, ataupun hangus.
  • Biaya penggantian Rp25.000,00 memotong dari saldo. Anda lupa bawa uang tidak usah khawatir.
  • Selama kartu ATM Xpresi BCA rusak dan kedaluwarsa, rekening masih bisa ditransfer orang lain. Untuk mengecek saldo, mentransfer, dll. bisa pakai e-channel (SMS banking, m-BCA, dan internet banking KlikBCA).
  • Setelah kartu diganti, e-channel tetap bisa digunakan. Hanya perlu ganti PIN saja. Ini bisa dikerjakan sendiri di rumah tanpa perlu ke kantor cabang.
  • Jika Anda menggunakan kartu ATM Xpresi BCA di wilayah Indonesia saja, pilihlah yang berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). Biaya transfer antarbank dan administrasi per bulan lebih murah (Rp1.000,00).
  • Namun, Anda tetap dipersilakan memilih kartu berlogo Mastercard dan Cirrus agar bisa dipakai di luar negeri (biaya admin lebih mahal, Rp7.500,00).
  • Kartu ATM Xpresi BCA tidak bisa di-upgrade menjadi tipe Silver, Gold, ataupun Platinum. Akan tetapi Anda bisa memiliki salah satu dari ketiganya dengan cara buka rekening baru jenis Tahapan BCA (tidak ada larangan mempunyai rekening lebih dari satu pada bank yang sama).

Mengatasi kartu ATM Xpresi BCA tidak terbaca mesin

Ada sebuah kasus kartu ATM. Penampakan baru, mulus, dan tidak ada kerusakan fisik. Dicek tanggalnya juga belum kedaluwarsa. Namun jika dimasukkan ke mesin untuk digunakan transaksi tidak terbaca. Sudah berkali-kali ganti mesin tetap tidak ada perubahan.

Masalah di atas memang belum tentu rusak. Bisa jadi hanya kotor. Cara mengatasinya bisa dibersihkan sendiri di rumah.

Pertama, lap kartu menggunakan kain, tisu, atau handuk yang bersih. Kemudian ambil karet penghapus (setip). Gosoklah perlahan dan berkali-kali pada bagian pita hitam/magnetic stripe. Prosesnya persis seperti sedang menghapus tulisan pensil. Setelah itu cek kembali di ATM.

Banyak orang mempraktikkan itu dan berhasil. Jika punya Anda gagal berarti kartu ATM Xpresi BCA-nya memang bermasalah. Langkah selanjutnya harus dibetulkan atau diganti di kantor cabang bank. Cara, syarat, dan ketentuannya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment