Mengurus kartu ATM dan buku tabungan BNI hilang bersamaan

Mengurus kartu ATM BNI hilang butuh buku tabungan. Begitu juga sebaliknya. Lantas bagaimana kalau keduanya sama-sama hilang? Jelasnya, harus diganti baru semua. Biaya jadi dobel.

Kehilangan kartu ATM BNI amatlah bikin ribet. Cara mengatasinya harus datang ke bank dan tidak dapat diwakilkan. Syarat yang wajib dibawa selain surat keterangan kepolisian yaitu KTP dan buku tabungan.

Lalu, bagaimana jika buku tabungan tidak ada karena hilang secara bersamaan? Tenang, keribetan tidak dua kali lipat. Anda bisa membereskan sekali jalan. Baik pada saat di kantor polisi ataupun di banknya.

Yang dobel hanya biayanya. Buku rekening dan kartu ATM BNI pengganti tidaklah gratis. Anda harus membayar sekira Rp75.000,00. Rincian dan solusi kalau lupa bawa uang ada di bagian bawah.

Langkah-langkah mengurus kartu ATM dan buku tabungan BNI hilang

Pertama, harus tenang. Panik hanya membuat masalah baru. Perlu diingat jangan meminta/menerima bantuan orang tak dikenal. Jaga kerahasiaan PIN dan data pribadi. Setelah itu ikuti panduan berikut.

Lapor dan lakukan pemblokiran

Segera hubungi bank BNI begitu menyadari kartu ATM dan buku tabungan hilang. Pastikan nomor teleponnya resmi, yakni 1500046. Jangan lupa, minta BNI call untuk memblokir kartu debit.

Tujuan pemblokiran agar saldo tetap aman. Andai kartu ATM ditemukan orang yang tahu PIN pun tidak bisa transaksi. Dengan begitu uang utuh alias tidak berkurang.

Oh ya, memblokir kartu ATM BNI tidak harus via BNI call center. Kalau sedang tidak ada pulsa bisa menggunakan mobile banking atau internet banking. Silakan klik link untuk info lebih detail.

Bikin surat keterangan kehilangan

Setelah mengamankan saldo, datanglah ke kantor polisi sewilayah dengan hilangnya buku tabungan dan kartu ATM BNI. Temui petugas bagian pelayanan masyarakat. Biasanya berada paling depan.

Syarat membuat surat kehilangan hanya KTP. Namun beberapa orang diminta surat pengantar dari kecamatan/kelurahan. Akan lebih baik lagi kalau tahu nomor kartu ATM, nomor rekening, dan punya fotonya.

Pembuatan surat kehilangan cuma sekira 15 menit. Jangan lupa minta stempel dan tanda tangan legalisasi. Perlu diketahui, masa berlakunya 14 hari. Lebih dari itu masih dibutuhkan harus diperpanjang.

Kunjungi kantor cabang bank

Sampai tahap ini berarti KTP dan surat kehilangan sudah tersedia. Keduanya cukup untuk mengajukan ganti buku rekening dan kartu ATM BNI yang hilang bersamaan. Kurang lebih prosesnya begini:

  1. Datang ke kantor cabang pada hari dan jam kerja.
  2. Ambil nomor antre bagian customer service.
  3. Tunggu hingga mendapat giliran dilayani.
  4. Saat dilayani, sambil menyerahkan semua persyaratan yang Anda bawa, katakan bahwa kartu ATM BNI dan buku tabungannya hilang.
  5. Customer service memberikan formulir untuk Anda isi.
  6. Customer service mencetakkan buku tabungan dan kartu ATM atas nama Anda.
  7. Customer service meminta Anda menandatangani buku tabungan.
  8. Customer service meminta Anda membuat PIN kartu ATM.
  9. Selesai. Silakan bawa pulang setelah Anda membayar biaya.

Catatan: buku tabungan memang ganti. Namun nomor rekening tetap sama seperti sebelumnya. Begitu juga dengan jumlah saldo, nominal terakhirnya di-print pada lembar pertama buku baru.

Nomor 16 digit pada kartu debit juga berubah. Akan tetapi sudah tersinkronisasi dengan rekening. Tanpa perlu melakukan apa-apa sudah bisa digunakan transaksi seperti semula detik itu juga.

Biaya ganti buku tabungan dan kartu ATM BNI

Seperti dikatakan di atas, bagian inilah yang dobel. Mari hitung biaya ganti buku tabungan dahulu. Besarnya berbeda-beda tergantung jenis rekening yang Anda pakai. Ada yang gratis dan yang paling mahal Rp10.000,00.

Sedangkan biaya ganti kartu ATM-nya ialah seperti tabel berikut:

Jenis kartu ATM BNIBiaya penggantian
GPN OrangeRp15.000,00
GPN HijauRp20.000,00
SilverRp15.000,00
GoldRp20.000,00
PlatinumRp25.000,00
Taplus AnakRp25.000,00
Taplus MudaRp25.000,00
TabunganKuRp15.000,00
BNI SimPelRp10.000,00
BNI PandaiGratis
BNI Dollar/Valas2 USD/SGP/AUD
Biaya ganti kartu ATM BNI berbagai jenis

Dua biaya di atas belum jumlah total. Anda perlu menambahkan ongkos bikin surat keterangan kehilangan. Sebenarnya gratis, tetapi banyak yang membayar biaya admin/upah mengetik Rp20.000,00.

Kemudian saat pengajuan ganti ATM BNI dan bukunya. Anda diminta mengisi formulir. Ia harus ditandatangani di atas meterai. Dibutuhkan 1–2 lembar. Harganya masing-masing Rp10.000,00.

Jadi totalnya yaitu Rp40.000,00—Rp75.000,00 (belum termasuk ongkos telepon BNI call center buat mengajukan pemblokiran kartu ATM). Bagaimana kalau tidak bawa uang? Mintalah customer service memotong saldo saja.

Ganti kartu ATM dan buku rekening BNI beda cabang

Hanya hilang salah satu bisa diurus di cabang berbeda. Syaratnya data KTP dan database BNI sama. Kalau keduanya, banksentral.com kira tak masalah juga. Mau di luar kota ataupun daerah pasti dilayani.

Meski demikian, antara cabang satu dan lainnya kadang berbeda aturan. Untuk memastikan silakan tanyakan dahulu melalui telepon. Dengan begitu tidak datang sia-sia seandainya ditolak.

Jika kantor cabangnya dekat bisa langsung ke sana. Tanyalah satpam mengenai pengurusan ATM BNI dan bukunya hilang sebelum mengambil nomor antre. Takutnya sudah lama menunggu ternyata tidak bisa.

Bisakah diwakilkan orang lain?

Tidak. Meskipun diwakilkan orang terdekat, ganti kartu ATM BNI dan buktab hilang wajib diurus sendiri. Mengapa? Prosesnya perlu tanda tangan asli dan pembuatan PIN baru harus dirahasiakan dari siapa pun.

Bagaimana kalau sedang sakit, sibuk, atau ada halangan ke bank? ATM BNI yang hilang tetap wajib diblokir. Caranya dijelaskan di atas. Urusan transaksi gunakanlah e-banking. Jika sudah sempat, segeralah ke bank untuk mengurus sendiri.

Maka dari itu daftarkanlah rekening Anda pada fitur-fitur e-banking. Di samping dapat diandalkan saat ATM hilang/terblokir, juga tidak dikenakan biaya administrasi tambahkan. Linknya yaitu

Tanpa surat keterangan kehilangan dari kepolisian

Kalau tanya di Twitter, admin BNI selalu menjawab harus menyertakan surat kehilangan. Nyatanya, beberapa cabang tidak perlu. Nasabah cukup menandatangani surat pernyataan yang disediakan bank.

Apakah kantor cabang terdekat Anda bisa mengurus ganti kartu ATM dan buku tabungan BNI tanpa surat kehilangan? Mau tidak mau harus ditanyakan langsung. Perbedaan prosedur antar-cabang memang lumrah terjadi.