Mengurus Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang Sekaligus

Kartu ATM atau Paspor BCA hilang harus segera diurus. Caranya bisa melalui customer service atau diblokir sementara dengan menghubungi Halo BCA. Tujuannya agar orang yang menemukan tidak bisa menggunakan. Jika tahu PIN, dia bisa tarik tunai, transfer, dan transaksi lain sampai saldo Anda habis.

Begitu juga dengan buku tabungan BCA. Meski seakan tidak banyak fungsi, buku tabungan akan diperlukan saat berurusan dengan customer service bank. Misalnya mau registrasi SMS banking, m-banking, dan internet banking. Bukan hanya itu, mengurus kartu ATM BCA hilang pun harus dengan menunjukkan buku tabungan.

Lalu, bagaimana seandaianya kartu ATM dan buku tabungan BCA sama-sama hilang? Tenang, masalah ini tetap bisa diatasi. Dengan syarat-syarat di bawah ini Anda akan bisa mengurus dan mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan BCA pengganti. Meski kartu dan buku lain, saldo dan nomor rekening akan tetap sama seperti semula.

Cara Atasi Kartu ATM BCA Hilang

Pertama kita bahas kartu ATM hilang tetapi buku tabungan masih ada. Bila nasib buruk ini menimpa, Anda langsung saja mengurusnya ke kantor cabang BCA. Tidak harus cabang tempat Anda dulu buka rekening. Cabang mana saja bisa asalkan BCA. Jadi, pilih yang terdekat atau sepi saja agar tidak antre panjang.

Penyebab hilangnya kartu ATM BCA bermacam-macam. Tidak harus kesalahan Anda seperti ceroboh atau teledor dan menjatuhkan di jalan. Hal lain seperti ditelan mesin, dicuri/dibawa kabur orang, atau terkena musibah (kebanjiran, kebakaran, dll.) pun bisa. Apa pun sebabnya, uruslah secepat mungkin dengan cara di atas.

Bila tidak sempat, tindakan pertama yang wajib Anda lakukan ialah menghubungi Halo BCA guna meminta pemblokiran kartu. Begitu juga jika hilang saat malam, weekend, dan libur panjang. Tujuannya seperti yang sudah banksentral.com sampaikan di bagian awal tadi.

Mendatangi kantor cabang bank untuk mengurus kartu ATM BCA hilang harus membawa beberapa syarat. Syarat yang diminta yaitu kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) dan buku tabungan. Dua syarat itu cukup. Namun, beberapa cabang mungkin akam meminta surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat.

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Beda dengan kartu ATM, kasus buku tabungan hilang jarang terjadi. Hal ini dikarenakan buku tabungan lebih banyak disimpan di rumah daripada di bawa-bawa. Meskipun demikian, kemungkinan buku tabungan hilang tetap ada. Misalnya disebabkan lupa menaruh, pindah rumah, kebanjiran, kebakaran, dll.

Fungsi buku tabungan memang tidak begitu penting. Terbukti ada salah satu tipe rekening BCA yang memang tidak difasilitasi buku tabungan. Walau demikian, tabungan tetap aman. Bahkan saat ini peminta rekening ini lumayan banyak. Nama rekening yang dimaksud yakni Tahapan Xpresi BCA.

Namun, jika buku tabungan BCA Anda hilang, segeralah diurus. Caranya sama seperti tadi: datang ke kantor cabang BCA dengan membawa persyaratan berupa KTP dan kartu ATM. Ingat, petugas yang menangani ialah bagian customer service, bukan teller. Jika bingung, jangan malu bertanya kepada satpam.

Mengurus Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA Hilang Sekaligus

Gampang mengurus bila yang hilang salah satu. Syarat yang diperlukan cukup KTP dan kartu ATM atau buku tabungan yang masih ada. Namun, bagaiman bila dua-duanya hilang bersamaan? Apa bisa datang ke kantor cabang bank BCA hanya dengan KTP? Sementara bikin rekening baru pun perlu NPWP.

Hal di atas sebenarnya bisa saja. Apalagi bila Anda hapal nomor rekening. Pihak bank bisa melacaknya: apakah rekening masih aktif, sisa saldo berapa, atas nama siapa, dll. Bahkan kartu ATM tertelan ataupun tidak, katanya pihak bank bisa tahu.

Meski bisa melacak, bank tidak begitu saja mau membantu Anda mengurus kartu ATM dan buku tabungan BCA hilang. Mereka mau membantu setelah Anda menyertakan surat keterangan dari kepolisian setempat. Setempat dengan tempat hilangnya kartu dan buku, bukan setempat dengan tempat tinggal Anda.

Bisakah Mengurus Kartu ATM dan Buku Tabungan Hilang diwakilkan?

Anda harus datang ke kantor cabang bank untuk mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan yang baru sebagai pengganti yang hilang. Hal ini tidak bisa dilakukan hanya dengan menelepon Halo BCA. Call center bank itu hanya bisa memblokir dan unblock kartu saja.

Yang jadi masalah ialah cabang bank hanya melayani pada hari dan jam kerja saja. Tanggal merah dan hari besar nasional tutup. Keadaan ini membuat beberapa orang tidak punya waktu untuk mengurus kartu ATM dan buku tabungan hilang sendiri. Maka pertanyaan lain pun muncul:

Bisakah mengurus kartu ATM dan buku tabungan BCA hilang diwakilkan?

Secara teori bisa, asalkan membawa surat kuasa dari pemilik rekening. Namun, pembuatan surat kuasa inilah yang justru lebih ribet. Menurut pengalaman beberapa orang, surat kuasa yang diterima ialah yang dibuat di depan notaris. Pembuatan seperti ini tentu membutuhkan waktu dan biaya tidak sedikit.

Biaya Ganti Kartu ATM dan Buku Tabungan BCA yang Hilang

Kartu ATM dan buku tabungan hilang artinya Anda harus bikin baru agar bisa transaksi Kembali. Jangan khawatir, dalam hal ini hanya kartu dan buku saja yang baru. Nomor rekening tetap masih yang lama. Saldo di dalamnya tidak hilang dan tetap menjadi milik Anda sepenuhnya.

Berapa biaya untuk mengganti? Jumlahnya tergantung kartu ATM yang Anda gunakan. Tepatnya Rp10.000,00 untuk Paspor BCA silver/blue, Rp 15.000,00 untuk gold, dan Rp20.0000,00 untuk platinum. Sedangkan buku tabungan memerlukan ongkos sekira Rp5.000,00–Rp25.000,00.

Biaya di atas khusus rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres. Bila rekening tabungan BCA Anda tipe lain (Tahapan Xpresi, TabunganKu, SimPel, dsbg.) bisa lebih murah dan bahkan bisa gratis. Silakan baca saja tiga tabungan BCA tanpa biaya administrasi bulanan.

Leave A Reply

Navigate