Cara mengurus kartu ATM BNI tertelan mesin

Maksud kartu ATM tertelan ialah tertahan di dalam mesin. Usai transaksi harusnya keluar otomatis. Kali ini tidak. Meski pencet tombol cancel berkali-kali dan ditunggu lama tetap diam di dalam.

Kondisi kartu debit ditelan cukup bahaya. Terutama bila tiba-tiba keluar dan diambil orang lain. Jika mengetahui PIN, ia bisa tarik tunai ataupun transfer hingga saldo Anda berkurang bahkan habis.

Maka dari itu kartu ATM bank apa pun, termasuk BNI, tertelan harus diatasi dengan benar. Hal pertama wajib dilakukan ialah memblokirnya. Setelah itu datang ke kantor cabang untuk mengurus lebih lanjut.

Penyebab kartu ATM BNI tertelan

Kartu debit tidak mau keluar tidak selalu kesalahan pengguna. Kadang disebabkan mesin eror dan transaksi pada waktu tidak tepat. Atau bisa juga terpasang jebakan oleh penjahat.

Berikut beberapa contoh dan penjelasannya.

Kartu ATM tidak segera dicabut

Usai transaksi, normalnya kartu dikeluarkan mesin. Namun tetap menempel pada mulut lubang/slot. Banksentral.com menyarankan segeralah mencabutnya. Kalau tidak, ia bakal ditarik kembali masuk ke dalam.

Bersyukurlah jika layar menyuruh memilih bahasa dan meminta PIN seperti pertama kali kartu ATM BNI dimasukkan. Anda bisa transaksi lagi. Atau tekan tombol CANCEL untuk mengeluarkannya secara paksa.

Sayangnya tidak selalu begitu. ATM BNI tertelan tidak bisa dikeluarkan kembali. Tampilan layar seperti tidak dimasukkan kartu. Sehingga antrean di belakang bisa menggunakannya.

Mesin tua dan jaringan eror

Penyebab kartu ATM BNI tertelan yang kedua ini merupakan setengah kesalahan pengguna. Pasalnya, ATM tua bisa dikenali dari tampilan. Sebaiknya Anda pilih-pilih sebelum menggunakan.

Meski demikian, tidak semua mesin tua akan menelan kartu ATM. Kadang berjalan normal hanya saja lemot. Jadi, Anda harus sedikit sabar menunggunya saat menjalankan perintah.

Begitu juga dengan jaringan ATM. Anda tidak melihatnya. Akan tetapi bisa memprediksi. Biasanya BNI maintenance pukul 01.00–03.00 dini hari. Hindarilah transaksi jam-jam segitu.

Listrik mati

Beberapa mesin ATM di tempat tertentu ikut mati saat listrik padam. Jika kartu debit BNI Anda terlanjur dimasukkan ke dalam, ada dua kemungkinan:

Pertama, transaksi terhenti/tertunda dan kartu ATM dimuntahkan (keluar secara otomatis). Kemungkinan kedua, kartu ATM tetap tertahan di dalam mesin alias ditelan.

Kartu ATM tertelan begitu harus bagaimana? Sebaiknya Anda mengira. Silakan tunggu kalau listrik mati sebentar. Kalau lama, segeralah diblokir sebelum ditinggal pulang.

Salah PIN dan terblokir

Penyebab kartu ATM BNI ketelan berikutnya ialah salah memasukkan PIN. Perlu diketahui, tiga kali tidak benar berurutan tidak hanya terblokir. Akan tetapi kemungkinan ditelan juga.

Apalagi jika dipaksa. Sudah jelas terblokir tetap saja dicoba berkali-kali. Mesin canggih bisa mendeteksi bahwa kartu ATM Anda bermasalah.

Kartu ATM BNI kedaluwarsa dan rusak

Kedaluwarsa menjadi salah satu penyebab kartu ATM ditahan mesin. Bagi yang belum tahu, kartu debit bank apapun memiliki masa pakai. Biasanya lima tahun sejak diterbitkan.

Kondisi kartu ATM expired tidak selalu rusak. Kadang masih mulus. Mulus saja bisa tertelan, apalagi rusak? Beberapa contohnya yaitu patah, retak, bengkok, tergores, tidak terbaca, dll.

Dipasang jebakan oleh penjahat

Pernah dengar berita kasus pembobolan saldo ATM? Salah satu modusnya kurang lebih begini. Penjahat menyelipkan benang atau batang korek api di mulut/lubang memasukkan kartu.

Ketika Anda menggunakan, kartu ATM akan tersangkut gara-garanya. Penjahat kemudian mendatangi Anda. Dengan pura-pura mau membantu, ia meminta PIN.

Salah besar jika Anda memberitahukan PIN kepadanya. Penjahat bakal bohong dengan bilang kartu ATM BNI Anda telah tertelan. Padahal ia akan mencongkel dan menggunakannnya setelah Anda pergi.

Status hilang dan kartu ATM diganti baru

Misal Anda melapor BNI bahwa kartu debit hilang. Sesaat kemudian ternyata ketemu kembali. Jika langsung digunakan, itu bisa menjadi salah satu penyebab tertelan.

Anda harusnya melapor kembali. Sekalian membuka blokiran. Jika ingat PIN bisa tanpa ke bank. Cukup telepon BNI call center. Biaya gratis karena hanya direset/bukan ganti kartu.

Begitu juga kalau diganti baru. Kartu lawas otomatis tidak berfungsi. Daripada dimasukkan jadi tertelan, lebih baik manfaatkan untuk hal lain. Misal koleksi atau gantungan kunci.

Cara mengeluarkan kartu ATM BNI yang tertelan

Di tengah transaksi dan tiba-tiba ingin membatalkan, tombol CANCEL memang berfungsi mengeluarkan kartu ATM secara cepat. Sayangnya hanya berlaku saat normal. Jika tidak, tidak ada efeknya.

Meski demikian, tidak ada salahnya dicoba. Jika kartu ATM BNI ditahan mesin, tekanlah tombol tersebut 2–3 kali. Sebagai informasi, tombol CANCEL berada di samping tombol angka. Umumnya berwarna kuning.

Selain cara tersebut tidak ada. Tips atau trik mengeluarkan kartu ATM tertelan yang beredar di internet bukan dari sumber resmi. Dicoba pun tidak berhasil.

Salah satu trik dimaksud ialah menekan angka 9, 6, dan ENTER/ECCEPT. Bukan hanya artikel, video di YouTube juga ada. Sayangnya hanya editan.

Kesimpulannya, kartu ATM BNI tertelan tidak bisa dikeluarkan. Satu-satunya cara mengatasinya ialah datang ke bank. Di sana bisa minta balik atau bikin baru. Syarat yang diperlukan silakan klik link.

Cara memblokir kartu ATM BNI yang tertahan di dalam mesin

Seiring perkembangan teknologi, kartu debit bank tertentu saat ditelan akan otomatis terblokir. Sayangnya pada BNI belum tentu. Jadi, Anda harus memblokir secara manual. Pilihannya ada banyak.

Karena ketahan, maka kartu ATM tidak berada di tangan. Artinya tidak bisa diblokir dengan cara memasukkan salah PIN tiga kali berurutan. Lebih baik ambil pilihan berikutnya saja.

Metode pemblokiran paling banyak dipilih ialah menghubungi BNI call center. Cara ini bisa dilakukan 24 jam. Kartu ATM hilang kapan pun bisa. Siang, malam, weekend, libur hari besar pun tidak masalah.

Meski demikian, pengajuan pemblokiran via call center tidak sembarangan. Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan untuk verifikasi. Agar tidak bingung silakan baca: cara memblokir kartu ATM BNI milik sendiri.

Paling penting, saat pemblokiran kasih alasan tertelan (bukan hilang). Sehingga syarat mengurusnya tidak ribet: harus bikin surat kehilangan dari kepolisian segala.

Solusi kartu ATN BNI tertelan

Seperti dikatakan di atas. Nasabah dikasih dua pilihan saat mengurus kartu ATM BNI tertelan mesin. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Detailnya sebagai berikut.

Pilihan pertama ialah kartu ATM yang lawas kembali. Caranya dengan mendatangi cabang tempat kartu diterbitkan. Setelah itu tunggu maksimal dua minggu. Dengan kata lain tidak langsung dapat pengganti.

Mengapa? Dalam jangka waktu tersebut mesin dibuka petugas. Jika di dalamnya ditemukan kartu akan dikirim ke bank penerbit. Anda bisa menemukannya di sana. Lama tetapi tidak dikenakan biaya.

Pilihan kedua ialah ganti kartu BNI baru. Sangat cocok bila tertelan di ATM bank lain, luar kota/daerah/negeri yang cabang penerbit jauh. Kartu baru langsung jadi tetapi dikenakan biaya pembuatan.

Cara ganti kartu ATM BNI yang ketelan

Banksentral.com menyarankan Anda memilih pilihan kedua. Selain kartu langsung jadi, juga bisa diurus di kantor cabang BNI mana saja. Syarat yang diperlukan berupa:

  • Kartu identitas. Tidak harus KTP. Samakan saja dengan saat buka rekening (SIM/KK/kartu pelajar/paspor/dll.)
  • Buku tabungan. Khusus rekening Taplus Muda cukup menunjukkan email e-statement.
  • Surat kehilangan jika dibutuhkan (tergantung alasan saat pengajuan pemblokiran, kalau tertelan tidak perlu).

Langkah-langkahnya

  1. Datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan yang ditentukan.
  2. Ambil nomor antre layanan customer service begitu sampai di sana.
  3. Tunggu dan saat giliran dilayani, katakan mau ganti kartu ATM BNI gara-gara tertelan.
  4. Setelah mengecek kelengkapan syarat, customer service memberikan formulir untuk Anda isi.
  5. Customer service mencetakkan kartu ATM BNI baru untuk Anda.
  6. Customer service meminta Anda membuat PIN baru melalui mesin EDC.
  7. Customer service menyuruh Anda menandatangani permukaan belakang kartu ATM yang baru.
  8. Selesai, kartu pengganti yang ketelan bisa dibawa pulang setelah Anda membayar biaya.

Biaya ganti kartu ATM BNI

Gratis jika Anda dapatnya kartu yang lama. Jika baru, dikenakan biaya penggantian. Harganya sama seperti saat pembuatan/penerbitan pertama kali, yakni tergantung jenisnya.

GPN OrangeRp15.000,00
GPN HijauRp20.000,00
SilverRp15.000,00
GoldRp20.000,00
PlatinumRp25.000,00
Taplus AnakRp25.000,00
Taplus MudaRp25.000,00
TabunganKuRp15.000,00
BNI Simpanan PelajarRp10.000,00
BNI Pandaigratis
BNI Dollar/Valas2 USD/SGD/AUD

Biaya ganti kartu ATM BNI di atas belum jumlah total. Anda harus menambahkan Rp10.000,00 buat pembelian meterai. Benda mirip perangko ini disediakan bank. Anda tidak perlu bawa dari rumah.

Ada lagi? Saat mengajukan pemblokiran kartu debit via call center butuh biaya telepon. Menggunakan sistem prabayar sekira 25.000 pulsa. Sedangkan pascabayar, tagihan ditambahkan bulan berikutnya.

Jadi, total keseluruhan biaya mengurus kartu ATM BNI yang tertelan hingga dapat pengganti yang baru yaitu antara Rp35.000,00–Rp65.000,00.

Kartu debit tertelan dan buku tabungan hilang

Bisa dilihat di atas bahwa salah satu syarat mengurus kartu debit BNI tertahan mesin yaitu buku tabungan. Fungsinya buat melihat norek terkait sekaligus bukti kepemilikan. Lalu bagaimana jika hilang?

Buktab sebenarnya tidak penting-penting amat. Rekening Taplus Muda bisa tanpanya. Saat kartunya tertelan, syarat mengurusnya cuma KTP dan menunjukkan email e-statement.

Beda dengan tipe rekening BNI lain. Saat bukunya hilang harus menyertakan surat kehilangan dari kepolisian. Bagaimana kalau malas bikin? Silakan klik link untuk membaca tips dan triknya.

Biaya mengurus kartu ATM BNI tertelan tanpa buku tabungan akan lebih besar. Jumlah yang sudah dihitung di atas silakan ditambah tarif cetak buku baru Rp5.000,00 + ongkos bikin surat kehilangan seikhlasnya.

Kartu ATM BNI tertahan di mesin bank lain, luar kota/daerah, dan luar negeri

Meski keluaran BNI, kartu debit bisa dipakai di ATM bank lain (BRI, BCA, Mandiri, dll.) Alasannya, sebuah kartu diwajibkan memiliki minimal dua switcher. Logo-logonya tertempel di belakang kartu (ATM Bersama, Prima, Link, atau Alto).

Kartu ATM BNI Mastercard (bukan GPN) bahkan bisa digunakan di luar negeri. Switcher-nya yaitu Cirrus. Perusahaan asal Amerika Serikat ini jangkauannya hampir merata di seluruh dunia.

Menggunakan kartu ATM BNI di mesin bank lain tidak ada beda. Baik di luar kota/daerah ataupun luar negeri. Kemungkinan tertelan juga sama saja. Cara dan syarat mengatasinya pilihan kedua: ajukan kartu pengganti yang baru.

Bisakah diwakilkan orang lain?

Salah satu kendala mengurus ganti kartu ATM BNI yaitu jam kerja. Mayoritas kantor cabang hanya buka pukul 08.00–15.00. Minggu dan tanggal merah hari besar tutup. Nasabah yang sibuk tidak dapat ke sana.

Belum lagi jika sakit atau halangan lain. Akhirnya mereka bertanya: bisakah mengatasi kartu ATM BNI tertahan di mesin diwakilkan orang lain? Sayangnya tidak bisa meskipun oleh keluarga dan membawa surat kuasa.

Saran terbaiknya ialah kartu ATM BNI tertelan tetap harus diblokir segera. Untuk sementara, transaksi pakai e-banking dulu. Jika sudah sempat barulah ke bank guna mengurus ganti kartu debit yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *