Mengurus kartu ATM BNI expired hingga bisa digunakan kembali

Mengatasi kartu debit BNI tidak dapat dipakai gara-gara kedaluwarsa bisa tanpa ke bank. Bukan secara online m-banking ataupun internet banking, melainkan menggunakan mesin DigiCS.

Semua kartu ATM, termasuk keluaran BNI, memiliki masa berlaku. Umumnya durasi lima tahun ke depan sejak dibikin. Setelah melewati itu status menjadi kedaluwarsa alias expired.

Kartu debit expired tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Baik melalui ATM maupun mesin EDC. Jangankan tarik tunai dan transfer, sekadar cek saldo pun dipastikan tidak akan berhasil.

Agar dapat digunakan kembali, masa aktif kartu ATM BNI yang habis harus diperpanjang dulu. Menanganinya bukan diperbaiki atau apa. Melainkan diganti dengan kartu yang baru.

Cara mengurus kartu ATM BNI kedaluwarsa

Ada dua metode penggantian kartu debit BNI expired. Pertama, secara “offline” dengan mengunjungi kantor cabang. Ke sanalah pada hari dan jam kerja. Jangan lupa bawa persyaratannya:

  • Kartu ATM yang expired;
  • Kartu identitas (KTP, SIM, atau paspor);
  • Buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening;
  • Uang buat bayar biaya.

Langkah-langkahnya sebagai berikut

  1. Datang ke kantor cabang BNI terdekat.
  2. Ambil nomor antre layanan customer service.
  3. Tunggu hingga dilayani.
  4. Saat dilayani, sambil menyerahkan persyaratan, utarakan bahwa kartu ATM BNI milik Anda kadaluasa.
  5. Customer service kemudian memberikan formulir untuk Anda isi.
  6. Setelah itu, CS mencetak kartu debit baru untuk Anda.
  7. Anda diminta membuat PIN (bisa disamakan dengan kartu yang lama).
  8. Selesai, kartu ATM baru bisa Anda bawa pulang setelah membayar biaya.

Bisakah beda cabang, tanpa buku tabungan + KTP, atau diwakilkan orang lain?

Secara umum, mengatasi kartu debit BNI kedaluwarsa boleh di cabang manapun selama sama-sama BNI. Jadi, nasabah tidak harus ke cabang asal pembukaan rekening. Silakan pilih saja yang dekat.

Nasabah lain bertanya: bisakah mengurus kartu ATM kedaluwarsa tanpa bawa buku tabungan dan KTP? Bila lupa atau tertinggal di rumah silakan diambil. Jika hilang, bikinlah surat kehilangan dari polisi.

Bagaimana dengan ATM Taplus Muda? Kita tahu rekening tersebut tidak diberi buku tabungan. Namun, difasilitasi e-statement. Tunjukkanlah itu buat syarat mengatasi kartu yang masa berlakunya mati.

Kendala lain yakni kesibukan. Nasabah ingin memperpanjang masa berlaku ATM dengan diwakilkan orang lain. Sayangnya, BNI bakal menolak meskipun mereka membawa surat kuasa dari Anda.

Cara mengatasi kartu ATM BNI kedaluwarsa tanpa ke bank

Karena tidak boleh diwakilkan, mereka pun akhirnya mencari cara online. Namun saat ini baik m-banking maupun internet banking belum bisa request kartu buat pengganti yang expired.

Kalau tetap tidak mau ke bank, alternatifnya ialah menggunakan mesin digital customer service (DigiCS). Prosesnya membutuhkan beberapa syarat, antara lain

Keterangan: Jenis kartu ATM BNI yang bisa diganti melalui mesi DigiCS yaitu Silver, Gold, Platinum, Mastercard, dan GPN. Kartu lain seperti TabunganKu, Simpanan Pelajar, Taplus Anak, dan Taplus Muda Customized, belum.

Langkah-langkah ganti kartu debit BNI expired melalui ATM DigiCS

  1. Temukan mesin Digi CS atau BNI Sonic.
  2. Sentuh layar monitor agar pilihan bahasa muncul.
  3. Pilih bahasa Indonesia.
  4. Klik menu Penggantian Kartu ATM.
  5. Tekan tombol Setuju setelah baca Syarat dan Ketentuan.
  6. Masukkan kartu debit BNI atau nomornya saja.
  7. Masukkan PIN.
  8. Scan KTP di tempat yang disediakan.
  9. Pindai sidik jari telunjuk di tempat yang disediakan.
  10. Pilih tipe kartu ATM BNI yang Anda inginkan pada layar.
  11. Tekan tombol Lanjut.
  12. Bikin PIN baru.
  13. Konfirmasi PIN baru.
  14. Kartu keluar dari mesin.
  15. Selesai.

Catatan: Usahakanlah mengganti melalui DigiCS sebelum masa aktif habis. Agar saat kartu dan PIN dimasukkan bisa terdeteksi. Lantas bagaimana cara mengetahui kartu debit BNI yang sudah expired?

Ciri-ciri kartu ATM kedaluwarsa

Secara fisik, kartu ATM BNI expired belum tentu rusak. Kadang masih mulus, tidak tergores/patah/retak dan sebagainya. Karena bisa saja selama pemakaian dirawat atau memang jarang digunakan.

Namun, dengan memperhatikan depan/belakang kartu, kita akan mengetahui ciri-ciri kedaluwarsanya. Di sana tertulis tanggal MEMBER SINCE dan VALID THRU. Atau dalam bahasa Indonesia: BERLAKU SEJAK dan SAMPAI DENGAN.

Tanda-tanda kartu ATM expired juga dapat diketahui saat dimasukkan ke mesin. Kalau tidak ditelan ataupun dimuntahkan, Layar menampilkan peringatan “KARTU ANDA TELAH KADALUARSA, SILAKAN HUBUNGI BANK ANDA.

Biaya mengganti kartu ATM BNI yang expired

Tukar ATM baik di kantor cabang maupun mesin Digital CS tidak berbeda. Keduanya sama-sama dikenakan biaya. Besarnya ditentukan oleh tipe kartu debit BNI yang Anda pilih. Berikut daftar harganya.

Jenis kartu debit BNIBiaya ganti saat kedaluwarsa
GPN OrangeRp15.000,00
GPN HijauRp20.000,00
Mastercard SilverRp15.000,00
Mastercard GoldRp20.000,00
Mastercard PlatinumRp25.000,00
Taplus Muda CustomizedRp25.000,00
Taplus AnakRp25.000,00
BNI TabunganKURp15.000,00
Simpanan Pelajar (SimPel)Rp10.000,00
BNI Pandaigratis
BNI Dollar/Valas2 USD/SGD/AUD
Biaya kartu ATM BNI habis masa aktif

Namun, total keseluruhan mengurus kartu ATM BNI kedaluwarsa di kantor cabang sedikit lebih mahal. Pasalnya, di sana diminta menandatangani formulir di atas meterai. Harga benda tersebut yaitu Rp10.000,00.

Proses pembayaran di kantor cabang yaitu saat menghadap customer service. Sedangkan di DigiCS atau BNI Sonic, pihak bank memotong saldo rekening secara otomatis. Jadi, pastikan sisa saldo mencukupi.

Soal sering ditanya

FAQs yang disusun banksentral.com ini khusus untuk kartu ATM kedaluwarsa terbitan BNI. Akan tetapi, beberapa cocok juga untuk kartu debit bank lain.

Apa penyebab kartu ATM expired?

Durasi telah lima tahun sejak karti dibuat. Itu sudah ketentuan dan kebijakan pihak bank. Nasabah tinggal menerima atau menyepakatinya.

Kartu BNI kedaluwarsa, apakah saldo aman?

Iya, bahkan makin aman. Pasalnya kartu jadi tidak bisa digunakan. Sedangkan uang tabungan di dalam rekening tetap aktif dan dapat diurus kembali.

Apakah kartu ATM BNI yang habis masa berlaku bisa buat transfer?

Tidak. Jika butuh transaksi silakan melalui e-channel lain (SMS banking, mobil banking, atau internet banking). Ketiganya tetap aktif dan dapat diandalkan untuk cek saldo bahkan tarik tunai.

Apakah kartu ATM expired bisa ditransfer?

Iya, hanya kartu debitnya saja yang mati. Rekening tetap aktif dan dikirim uang bisa masuk seperti biasanya.