Meskipun jumlah total delapan macam, hanya tiga kartu ATM BCA yang paling banyak diketahui orang. Yaitu kartu ATM BCA silver, gold, dan platinum. Ketiganya tidak hanya berbeda warna, tetapi juga biaya pembuatan, potongan administrasi, dan limit transaksi yang bisa dilakukan.

Kartu ATM BCA atau biasa disebut Paspor BCA warna silver, gold, atau platinum dapat dinikmati semua nasabah Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA. Mereka bisa bebas memilih pada saat pembuatan rekening. Namun tentu saja harus berdasarkan pertimbangan. Bagaimanapun ketiga kartu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sediri.

Pilihlah kartu ATM BCA sesuai kebutuhan. Jika kebutuhan transaksi harian kecil tidak perlu ambil yang limit besar. Di samping sia-sia, Anda juga akan terbebani biaya administrasi. Biar tidak bingung, berikut banksentral.com uraikan penjelasan singkat dari ketiga kartu di atas.

Kelebihan Kartu ATM BCA Warna Silver, Gold, dan Platinum

Sebelum soal perbedaan, tidak ada salahnya kita bahas persamaan persamaan terlebih dahulu. Semua kartu debit keluaran Bank Central Asia disebut Paspor BCA. Kartu-kartu ini akan disebut kartu ATM saat digunakan di automatic teller machine (ATM). Entah itu untuk cek saldo, mutasi rekening, transfer, payment, e-commerce, dll.

Paspor BCA akan berubah nama menjadi kartu debit saat digunakan di mesin EDC. Sekadar informasi buat yang belum tahu, Paspor BCA dapat digunakan untuk pembayaran belanja dan penarikan tunai di merchant yang menyediakan alat electronik data capture. Caranya hampir sama seperti kartu kredit. Tinggal gesek/masukkan kartu dan kemudian input PIN.

Kelebihan lain: kartu ATM BCA silver, gold, dan platinum sama-sama bisa dipakai di ATM BCA, ATM Bersama, ATM Prima, di seluruh Indonesia. Bahkan jika di bawa ke luar negeri, bisa digunakan tarik tunai di ATM sana yang berlogo Cirrus. Uang yang akan keluar menyesuaikan mata uang yang berlaku di negara setempat.

Bukan itu saja, kartu ATM BCA juga dapat digunakan untuk mengoperasikan mesin setor tunai. Sehingga saat butuh menabung tidak perlu mendatangi teller yang hanya melayani pada jam dan hari kerja. Dengannya, Anda bisa memasukkan uang ke dalam rekening kapanpun selama 24 jam nonstop.

Baca juga: Perbedaan kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit

Perbedaan Kartu ATM BCA Silver, Gold, dan Platinum

1. Kartu ATM BCA silver atau blue

Dibanding lainnya, biaya administrasi per bulan dari kartu ATM dengan warna perak atau abu-abu ini adalah yang termurah, yaitu Rp15.000,00. Namun, itu berdampak pada limit transaksi yang didapatkan: sama-sama paling kecil. Maksimal tarik tunai hanya Rp7.000.000,00 per hari; transfer sesama BCA Rp25.000.000,00; dan transfer antar bank Rp10.000.000,00.

Sedangkan pembuatan baru dan biaya penggantian kartu dikenakan Rp10.000,00. Beberapa alasan harus ganti misalnya kartu hilang, rusak, kadaluarsa, tertelan di ATM bank lain, dan sebagainya.

2. Kartu ATM BCA gold

Biaya administrasi kartu ATM berwarna emas ini pertengahan antara warna perak dan platinum. Begitu juga dengan limit transaksi dan biaya pembuatan/penggantian. Tepatnya, tarik tunai maksimal per hari Rp10.000.000,00, transfer sesama BCA Rp50.000.000,00, dan transfer antar bank Rp15.000.000,00.

Sedangakan biaya administrasi dan biaya pembuatan/penggantian kartu tepatnya ialah Rp17.000,00 dan Rp15.000,00.

3. Kartu ATM BCA platinum

Paspor BCA dengan warna dasar hitam ini paling mahal. Biaya pembuatan/penggantian dan administrasi kartu masing-masing Rp20.000,00. Meski demikian, harga ini sebanding dengan limit transaksi yang bisa dilakukan: paling besar di antara semua.

Berapa tepatnya? Tarik tunai maksimal Rp 10.000.000,00, transfer antar bank Rp25.000.000,00, dan transfer uang ke rekening sesama BCA Rp100.000.000,00. Limit ini dihitung per hari.

Baca juga: Cara tarik tunai di ATM tanpa Kartu BCA

Lebih Baik Pilih Kartu ATM BCA Silver, Gold, atau Platinum?

Seperti dikatakan di awal. Pemilik rekening Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan Tapres BCA bisa bebas memilih salah satu dari ketiga kartu di atas. Karena bebas inilah mungkin justru membuat nasabah bingung. Biar tidak bingung, saran saya yaitu seperti di bawah ini.

Pilihlah kartu ATM BCA yang sesuai kebutuhan. Jika saat ini transaksi harian Anda kecil maka ambil warna silver saja. Selain limit tidak sia-sia, Anda juga tidak akan terbebani dengan biaya administrasi per bulan yang lebih tinggi. Jika kebutuhan transaksi bertambah, barulah upgrade kartu menjadi gold atau platinum.

Ganti warna kartu ATM seperti di atas diperbolehkan. Caranya yaitu datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa kartu identitas KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Tenang saja, nomor rekening lama Anda akan tetap sama. Namum, biaya administrasi dan limit transaksi berikutnya akan menyesuaikan aturan warna kartu baru.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment