Kartu ATM BCA rusak dan kedaluwarsa (syarat dan cara mengatasi)

Kartu ATM BCA, Paspor BCA, atau debit BCA harus dipakai sendiri. Maksudnya jangan dipinjamkan orang lain. Baik teman dekat, keluarga, pasangan, atau bahkan orang tidak kenal. Hanya memberitahu PIN kepada mereka pun sangat tidak dianjurkan.

Meski dipakai sendiri, kemungkinan kartu ATM BCA menjadi rusak tetap ada. Penyebabnya macam-macam: bisa sengaja atau tidak sengaja. Sedangkan contoh rusak misalnya tidak terbaca mesin, laminating terkelupas, retak, patah, terblokir, kadaluarsa (kedaluwarsa), dll.

Kartu ATM BCA rusak harus diatasi segera. Jika tidak maka tidak bisa digunakan transaksi. Sehingga saat dipaksa dimasukkan ke ATM, layar akan menampilkan pesan eror, habis masa berlaku, transaksi gagal terproses, dan Anda diminta menghubungi pihak bank.

Jenis dan penyebab kartu ATM BCA rusak

Semua kartu debit BCA bisa mengalami kerusakan. Entah warna silver, gold, platinum, ataupun tipe lain seperti kartu ATM BCA TabunganKu, Simpanan Pelajar (Simpel), LAKU, BCA Dollar, dan lain sebagainya. Sedangkan jenis kerusakannya, banksentral.com membaginya menjadi dua golongan.

Pertama, kerusakan fisik. Yang termasuk kategori ini yaitu kartu ATM BCA laminating terkelupas, pita magnetik kotor, chip tergores, retak, patah, dan sejenisnya. Penyebab kerusakan ini ialah pemakaian sembrono dan penyimpanan tidak ditempat yang aman. Seperti di saku belakang celana, berdebu, panas, dan sebagainya.

Kedua, kerusakan kartu ATM BCA nonfisik. Contoh: terblokir, tidak terbaca mesin, dan kedaluwarsa. Penyebab terblokir ialah salah PIN lebih dari tiga kali atau teridentifikasi transaksi tidak wajar. Sedangkan tidak terbaca mesin umumnya karena kartu ATM kotor. Terakhir, soal “kadaluarsa” bukan kesalahan nasabah. Bagaimanapun, kartu ATM memiliki masa aktif kurang lebih lima tahun.

Ciri-ciri dan cara mengetahui kartu ATM BCA rusak

Ciri-ciri kartu ATM BCA rusak bisa diketahui gampang. Caranya dengan melihat wujudnya. Jika terdapat goresan, retakan, atau sejenisnya, maka dipastikan rusak secara fisik. Kartu mungkin masih bisa berfungsi. Namun lebih baik tanyakan customer service. Dia pasti menyarankan ganti baru jika kerusakannya parah.

Kerusakan nonfisik berupa terblokir tidak bisa dikenali dengan cara di atas. Antara kartu ATM BCA rusak dengan tidak, tidak ada beda. Untuk mengetahuinya harus dicoba dimasukkan ke ATM. Jika menampilkan pesan eror, tidak bisa digunakan, transaksi gagal terproses, atau bahkan kartu dimuntahkan mesin, maka itu tanda atau ciri-ciri kartu ATM BCA terblokir.

Meski demikian, ada satu kerusakan nonfisik kartu ATM BCA yang dapat diketahui dengan cukup dilihat, yaitu kedaluwarsa. Perhatikanlah bagian atas kartu. Di sana tertulis VALID THRU dan diikuti angka bulan dan tahun expired. Jika bagian atas tidak ditemukan, coba lihat bagian belakang pada bagian pojok bawah.

Cara mencegah ATM BCA rusak

Cara mencegah agar kartu ATM BCA tidak rusak ialah pergunakan dengan baik. Kartu tidak perlu dibawa kemana pun pergi jika tidak dibutuhkan. Saat ditinggal, simpanlah di tempat bersih, kering, dan jauhkan dari besi berani. Medan magnet kuat dalam jangka panjang konon merusak sistem penyimpanan data pada pita hitam kartu ATM.

Saat dibawa, taruhlah kartu ATM BCA di dalam dompet. Masukkan dompet ke dalam tas biar lebih aman. Jika harus masuk saku celana, hati-hatilah saat di kantong belakang. Jangan sampai posisi duduk Anda menindih hingga membuat kartu ATM BCA bengkok, retak, atau bahkan patah menjadi dua bagian.

Kemudian saat pemakaian. Gunakanlah kartu ATM BCA hanya pada mesin normal. Jika mesin rusak atau tampak mencurigakan, tinggalkan dan cari yang lain saja. Hal ini untuk menghindari kartu ATM disadap, cloning, mulut tempat masuk kartu ATM dipasang penjepit, atau disumpal batang korek api.

Syarat mengatasi kartu ATM BCA rusak

Lihat kondisinya. Kartu ATM BCA masih bagus tetapi tidak terbaca mesin bisa diatasi sendiri di rumah. Bersihkanlah bagian pita hitam menggunakan handuk basah yang bersih. Kemudian gosok menggunakan karet penghapus pensil. Banyak orang mencoba cara ini dan kartu ATM berhasil bisa digunakan kembali.

Begitu juga dengan kerusakan kartu ATM BCA terblokir. Anda masih bisa memperbaikinya tanpa perlu datang ke kantor cabang. Caranya dengan menghubungi BCA call center dengan nomor 1500888. Kelebihan call center ialah dapat melayani kapan dan di mana saja. Pada hari libur dan tengah malam pun bisa.

Namun untuk kerusakan retak, patah, dan expired date atau “mati”, harus diatasi oleh customer service di kantor cabang BCA. Silakan datang ke sana pada jam kerja dengan membawa persyaratan berikut:

  •  Kartu identitas KTP
  • Buku tabungan BCA
  • Kartu ATM BCA yang rusak parah atau kedaluwarsa
  • Uang sekira Rp10.000,00–Rp25.000,00

Cara mengurus kartu ATM BCA rusak di kantor cabang BCA terdekat

Langkah-langkah mengurus kartu ATM BCA rusak ialah seperti berikut. Datanglah ke kantor cabang BCA dengan membawa persyaratan di atas. Tidak harus cabang tempat dulu buka rekening. Cabang BCA mana saja bisa. Jadi pilih saja yang terdekat. Yang penting datangnya pada hari dan jam kerja.

Sampai di sana langsung ambil nomor antrean bagian customer service. Saat giliran dilayani tiba, serahkan semua persyaratan. Kemudian utarakan maksud Anda, yaitu mengganti kartu ATM BCA rusak. Tidak butuh waktu lama, cukup 15 menit saja kartu ATM BCA baru untuk Anda sudah jadi.

Kartu ATM BCA memang ganti baru. Namun, nomor rekening tetap sama seperti yang lama. Sedangkan masa berlaku kartu yakni lima tahun ke depan. Layanan SMS banking, internet banking, dan mobile banking BCA yang sudah terdaftar tidak perlu diregistrasi ulang. Semua sudah siap dipakai seperti semula.

Biaya ganti kartu ATM BCA rusak dengan yang baru

Mengatasi kartu ATM BCA rusak dan terblokir tidak dipungut biaya. Namun, jika melalui BCA call center dikenakan tarif telepon. Jumlahnya tergantung. Menghubungi BCA call center menggunakan telepon rumah atau PSTN lebih murah. Sedangkan menggunakan handphone membutuhkan pulsa sekira 25.000.

Mengurus kartu ATM BCA rusak melalui customer service di kantor cabang bank juga gratis. Anda tidak perlu membayar atau memberikan uang tip kepada petugas meskipun telah melayani dengan baik dan mungkin lama.

Namun, jika rusak parah, hilang, ataupun kedaluwarsa sehingga wajib ganti kartu ATM baru baru, maka harus bayar. Uang pembayaran sebenarnya lebih tepat untuk beli kartu. Berapa harganya? Tergantung. Dari delapan tipe kartu ATM BCA, beberapa ada yang gratis, murah, dan lumayan mahal. Detailnya silakan lihat tabel tarif di bawah.

No.Tipe kartu ATM BCABiaya ganti kartu baru
1Paspor BCA Silver atau BlueRp10.000,00
2Paspor BCA GoldRp15.000,00
3Paspor BCA PlatinumRp20.000,00
4Paspor BCA Tahapan XpresiRp25.000,00
5Paspor BCA TabunganKuGratis
6Paspor BCA SimPel (Simpanan Pelajar)Gratis
7Paspor BCA LAKUGratis
8Paspor BCA Dollar

 

Keterangan tambahan: Anda membayar, maka kartu ATM yang lama menjadi milik Anda. Bisa diminta untuk dibawa pulang, dibuang, atau dihancurkan sekalian. Pembayaran boleh cash atau memotong saldo tabungan dari rekening.

Saya kira penjelasan mengenai kartu ATM BCA rusak di atas sudah lengkap. Mulai dari penyebab, cara mengatasi, prosedur ganti, dan tarif atau biayanya telah diulas semua. Namun, jika ada informasi kurang atau Anda ingin bertanya, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah.

Leave A Reply

Navigate