Kartu ATM BCA Anda hilang? Pasti banyak yang menyarankan segera memblokir. Katanya, biar aman. Seandainya ditemukan orang sudah tidak bisa digunakan. Meski dengan PIN tetap terkunci. Alhasil saldo utuh. Tidak berkurang sedikitpun.

Itu sisi baiknya. Efek buruknya tetap ada. Paspor BCA diblokir menyebabkan e-banking tidak bisa dipakai. Artinya, SMS banking, m-BCA, dan internet banking KlikBCA ikut “lumpuh”. Satu-satunya yang bisa diandalkan untuk transaksi hanya buku tabungan.

Keadaan menjadi tidak nyaman. Apalagi jika terjadi saat libur panjang. Bank tutup. Jangankan mengurus kartu ATM hilang, transaksi dengan buktab pun tidak ada yang melayani. Saldo sebanyak apapun rasanya beku. Tidak bisa dicairkan. Padahal, menerima transferan masih bisa.

Agar tidak pusing saat mengalami, berikut banksentral.com kasih beberapa informasi dan solusi. Mulai dari tindakan agar tetap aman dan nyaman, sampai syarat dan cara mengurusnya. Kira-kira perlu tidakkah surat kehilangan dari polisi untuk masalah begini?

Tindakan pertama saat kartu ATM hilang

Sebaiknya Anda mengira. Jika hilang di tempat umum dan ada orang lain mengetahui PIN, blokirlah secepatnya. Perlu diketahui, jika sebelum diblokir ada transaksi tidak wajar, itu dianggap kesalahan Anda. Pihak bank tidak menanggung-jawab.

Akan tetapi, seandainya kartu hilangnya di tempat aman, tidak bisa ditemukan orang, kerahasiaan PIN terjamin, dan Anda butuh dana mendadak, tidak ada salahnya ambil uangnya dahulu. Terlebih bila tidak ada kenalan yang bisa memberi utang sementara.

Bagaimana cara mengambil uang saat kartu ATM sedang hilang? Anda bisa menggunakan e-banking. Lakukanlah transfer ke dompet digital, rekening kelurga, atau rekening sendiri yang lain. Jika benar-benar butuh cash, BCA menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu.

Setelah itu, langsung kembali pada tindakan awal tadi: blokir kartu segera!

Cara memblokir kartu ATM BCA yang hilang

Ada tiga cara. Pertama, dengan menelopon call center Halo BCA. Kedua, melalui aplikasi m-BCA. Dan terakhir via internet banking. Mana yang paling gampang? Silakan simak tahapan masing-masing berikut ini.

Call center Halo BCA

Buatlah panggilan ke nomor 1500888. Tidak harus telepon rumah (PSTN), pakai ponsel pun bisa. Awal-awal terhubung akan dijawab suara robot. Ikuti saja panduannya hingga terdapat pilihan untuk berbicara dengan customer service yang beneran orang.

Sebelum menelepon sebaiknya siapkan beberapa hal. Pertama, pulsa yang cukup. Mengapa? Biaya panggilan akan lebih mahal daripada sesama operator. Ini untuk menghindari kehabisan pulsa di tengah pembicaraan.

Kedua, buku tabungan. Halo BCA memang tidak melihat Anda. Akan tetapi akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk validasi. Di antaranya nomor rekening, sisa saldo terakhir, dll. Pemblokiran kartu ATM BCA akan diproses setelah jawaban-jawaban dari Anda benar.

Aplikasi mobile banking m-BCA

Pemblokiran paspor BCA menggunakan aplikasi lebih gampang dan murah. Sebelumnya rekening Anda harus sudah terhubung m-BCA. Jika sudah, lakukanlah tahap-tahap seperti ini.

  • Buka aplikasi
  • Pilih menu “m-Admin”
  • Pilih “bloki kartu ATM”
  • Muncul informasi kartu dan klik “OK”
  • Masukkan PIN m-BCA
  • Muncul notifikasi pemberitahuan kartu ATM BCA berhasil diblokir

Internet banking KlikBCA

Cara ketiga ini tidak memerlukan aplikasi khusus. Cukup browser biasa yang terinstal pada gadget. Tidak harus komputer, laptop, atau tablet. Pakai smartphone kelas menengah pun tidak masalah. Yang penting ada koneksi internet.

  • Kunjungi alamat www.klikbca.com
  • Login dengan memasukkan user ID dan PIN internet banking
  • Pilih menu “Administasi”
  • Pilih menu “blokir kartu ATM”
  • Masukkan tanggal lahir Anda untuk validasi
  • Konfirmasi data yang terhubung dengan KlikBCA
  • Setujui pemblokiran kartu dengan mengklik tombol “kirim”
  • Muncul notifikasi kartu ATM berhasil diblokir

Syarat mengurus kartu ATM BCA hilang

Kartu sudah diblokir. Saldo dalam rekening aman. Sekarang waktunya mengurus ke kantor cabang bank. Sebelum ke sana sediakanlah persyaratan di bawah ini. Dengan begitu bank mau membuatkan kartu baru untuk pengganti.

Syaratnya cuma tiga: KTP, buku tabungan, dan uang Rp10.000,00–Rp20.000,00. Anda tidak perlu surat kehilangan dari kepolisian. Yang lebih menggembirakan lagi, kalau buku tabungan sama-sama hilang bisa bawa KTP saja. Sedangkan soal uang bisa memotong dari saldo.

Yang susah ialah mengurus kartu ATM hilang tanpa KTP. Sebaiknya Anda bikin KTP baru dulu. Tempatnya di kantor kecamatan/kelurahan. Mintalah resi KTP atau suket (surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses). Dokumen ini bisa menggantikan fungsi KTP.

Bagaimana jika kartu ATM BCA hilang di luar kota dan belum bisa pulang untuk bikin KTP? Agak sulit. Hanya ini yang bisa Anda lakukan:

Pertama, Anda tetap harus memblokir kartu. Sebisa mungkin ingat nomor kartu dan NIK KTP. Kemudian bikin surat kehilangan di kantor polisi setempat. Dengan ditambah buku tabungan, bawalah ke cabang BCA terdekat untuk mencoba urus kartu ATM.

Catatan: cara terakhir di atas tidak selalu berhasil. Sebelum membuat surat kehilangan, sebaiknya tanyakan dulu pada kantor cabang BCA yang hendak didatangi. Bisa melalui telepon. Soalnya, beda cabang bisa beda aturan.

Cara mengurus kartu ATM BCA hilang

Caranya ialah datang ke kantor cabang BCA. Persyaratan di atas jangan lupa dibawa. Selama tidak ada perubahan data identitas nasabah (DIN), kartu ATM hilang bisa diurus di cabang manapun. Agar menghemat waktu silakan pilih lokasi terdekat.

Bagaimana jika ada perubahan DIN? Anda hanya bisa mengurusnya di cabang asal tempat dulu buka rekening. Bagi yang belum paham, perubahan DIN contohnya Anda ganti nama atau NIK pada KTP. Termasuk juga dulu kartu identitas berupa kartu pelajar, sekarang ganti KTP/SIM.

Sesampai di bank langsung ambil nomor antrean. Masalah kartu ATM hilang ditangani bagian customer service. Jangan sampai keliru dengan teller. Jika bingung karena pengalaman pertama, mintalah bantuan satpam di depan pintu masuk. Ia pasti mau dengan senang hati.

Saat giliran Anda tiba, sambil menyerahkan persyaratan, katakanlah kepada customer service bahwa kartu ATM Anda hilang. Ia segera mengecek dan kemudian membuatkan kartu ATM baru. Proses ini tidak lama. Hanya 15–25 menit.

Meski ganti kartu, nomor rekening tetap sama seperti semula. Jika butuh upgrade atau downgrade tipe bisa sekalian sini. Siapa tahu Anda butuh paspor BCA gold ataupun platinum karena limit silver sudah tidak mencukupi. Atau ingin ganti dari layanan Matercard+Cirrus menjadi GPN.

Mengurus paspor BCA hilang yang ditemukan kembali

Kehilangan kartu ATM tidak selalu di jalan, luar kota, atau luar negeri. Dalam rumah sendiri pun tidak menutup kemungkinan. Bisa saja karena lupa menaruh, keselip, dsbg. Jika ditemukan kembali, bagaimana solusinya? Padahal kartu sudah terlanjur diblokir.

Kondisi ini masuk kategori kartu ATM terblokir. Cara mengurusnya ada dua pilihan. Jika PIN lupa, mau tidak mau harus ke kantor cabang. Syarat yang dibutuhkan yaitu KTP, buku tabungan, dan kartu ATM yang keblokir. Biayanya Rp10.000,00–Rp20.000,00.

Pilihan kedua ini jika PIN masih ingat. Anda tidak harus ke kantor cabang bank. Cukup hubungi call center Halo BCA. Nanti, kartu akan direset. Karena tidak ganti kartu maka biaya gratis. Setelah berhasil, e-banking pun akan ikut normal dan bisa dipakai kembali.

Mengurus kartu ATM BCA hilang dengan diwakilkan

Kantor cabang bank hanya melayani nasabah pada hari dan jam kerja. Akhir pekan dan hari libur tutup. Bagi sebagian orang ini menyulitkan. Mereka tidak bisa ke sana karena sibuk. Saat seperti ini apakah mengurus paspor BCA bisa diwakilkan?

Jawabannya tidak. Kartu ATM hilang harus ganti kartu. Ini mengharuskan bikin PIN baru. Jika diwakilkan malah bahaya. Bisa saja orang yang ditunjuk menyalahgunakan. Jadi, mau tidak mau harus diurus sendiri. Kalau ingin bisa diwakilkan pakailah rekening tipe bisnis.

Biaya mengurus kartu ATM BCA hilang

Tadi sudah dikatakan. Biaya pengurusan gratis kalau kartu ditemukan kembali dan hanya direset. Namun harus bayar jika ganti kartu ATM baru. Besarnya tergantung tipe yang dipakai. Tepatnya seperti ini.

  • Kartu ATM BCA Silver 10000
  • Kartu ATM BCA Gold 15.000
  • Kartu ATM BCA Platinum 20.000

Mayoritas nasabah BCA menggunakan salah satu dari tiga tipe di atas. Jadi, info ini dirasa cukup. Jika Anda pengguna rekening lain seperti Xpresi BCA, TabunganKu, Simpel, dan BCA Dollar, akan dikenakan biaya beda. Bisa lebih murah/gratis atau mahal.

Seberapapun mahalnya masih sangat terjangkau. Jika uang yang Anda bawa kurang bisa mengambil tambahan dari saldo. Tidak perlu khawatir. Hampir semua orang yang mengurus kartu ATM BCA hilang bisa beres.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment