Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI

Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI

Transaksi SMS Banking dan Mobile Banking BNI perlu nomor hp. Namun, tidak sembarang. Harus yang sudah terkoneksi dengan rekening masing-masing. SIM card-nya juga terpasang dalam smartphone yang mau digunakan.

Masalahnya ialah kalau kita butuh ganti nomor. Ya, ini bisa menimpa siapa saja. Misal ponsel hilang, dicuri, chip kartu rusak, nomor hangus/terblokir, atau mau pindah ke operator seluler lain yang lebih murah.

Ganti nomor hp SMS Banking dan m-banking BNI bisa saja. Biaya bahkan gratis alias tidak didenda. Namun, wajib dilakukan secara benar. Agar nomor barunya dapat digunakan transaksi dengan lancar.

Usai penggantian, pastikanlah nomor lama terhapus dari database BNI. Sehingga tidak bisa digunakan transaksi lagi. Seperti kita tahu, nomor hangus akan dijual kembali oleh provider. Kalau sampai dimiliki orang lain bikin was-was juga.

Cara ganti nomor hp SMS Banking BNI

Meski menggunakan nomor sama, keduanya tetap beda. Misal Anda baru saja registrasi SMS banking menggunakan sebuah nomor hp. Itu tidak berarti m-banking otomatis aktif. Begitu pula dengan penggantian nomor.

Proses mengubah nomor hape SMS banking akan lebih simpel. Usai nomor-baru terdaftar langsung bisa transaksi. Beda dengan Mobile Banking: aplikasinya butuh diaktivasi ulang terlebih dahulu.

Intinya Anda hanya perlu memperbarui data BNI SMS Banking. Caranya dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Bagi yang terbiasa ke sana pasti hafal dengan prosedur berikut.

Syarat yang harus dibawa:

  1. Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor
  2. Buku tabungan
  3. Kartu ATM
  4. Nomor ponsel yang akan digunakan sebagai pengganti (opsional, ditinggal di rumah tetap bisa).

Langkah-langkah:

  • Kunjungi kantor cabang BNI terdekat pada hari dan jam kerja.
  • Jangan lupa bawa persyaratan yang diperlukan.
  • Ambil nomor antre bagian customer service (Bingung karena pengalaman pertama? jangan malu bertanya kepada security yang jaga pintu masuk).
  • Tunggu nomor antrean dipanggil.
  • Saat dilayani, katakan Anda mau ganti nomor hp pada fasilitas BNI SMS Banking.
  • Mengisi formulir.
  • Tidak ada 10 menit, customer service akan memperbarui data akun SMS Banking Anda.
  • Selesai.

Cara ganti nomor hp BNI Mobile Banking

Syarat dan caranya tidak berbeda dengan di atas. Kalau mau, Anda bahkan boleh mengganti keduanya bersamaan. Intinya yang diperlukan hanya pengkinian data pada sistem BNI: nomor lama dihapus dan diubah yang baru.

Beda nomor pasti beda kartu SIM. Artinya aplikasi BNI Mobile juga perlu di aktivasi ulang. Silakan klik link untuk membaca tutorialnya. Sehabis itu barulah BNI Mobile Banking bisa digunakan kembali.

Meski demikian, tidak sedikit nasabah mengalami kendala setelah mengubah nomor. Apalagi jika smartphone-nya juga ganti. Kalau merek dan sistem operasinya beda (android ke iOS atau sebaliknya) kadang muncul peringatan eror.

Beberapa eror bisa diatasi tanpa mendatangi kantor cabang. Namun sebagian lagi butuh bantuan customer service. Jadi, biar tidak bolak-balik, saat penggantian nomor BNI Mobile Banking bawa hp-nya juga ke bank.

Nanti sebelum pulang pastikan semua beres. Bisa dicoba mengecek saldo ataupun transfer dulu. Jika gagal silakan komplain ke customer service. Mereka pasti menangani hingga tidak ada masalah lagi.

Beda kantor cabang bank

Secara garis besar, Anda bebas mengganti nomor mobile dan SMS banking di cabang BNI manapun. Tidak harus di tempat asal buka rekening. Beda domisili pun tidak masalah. Selama memenuhi satu persyaratan berikut:

DATA KARTU IDENTITAS SAMA DENGAN DATABASE BNI. Misal saat buka rekening, nama Anda Muhamad. Selang beberapa waktu ganti KTP. Jika nama tetap Muhamad bisa mengurus penggantian di cabang BNI manapun.

Namun jika berubah menjadi Muhammad (dobel huruf “m” di tengah), Anda kemungkinan ditolak jika beda cabang. Mau tidak mau harus mengganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI di cabang asal.

Bagaimana jika sudah pindah tempat tinggal dan lokasi cabang asal jauh? Kalau masih ada, bawalah KTP lama. Tetap ditolak? Buka rekening baru. Pindahkan semua saldo ke situ. Kemudian rekening lawasnya ditutup.

Proses memindahkan saldo bisa melalui ATM ataupun teller. Dengan membuat rekening baru, keuntungannya ialah sesuai dengan data KTP yang berlaku saat ini. Sehingga lebih mudah saat butuh mengurus apapun.

Pakai hp (kode perintah, aplikasi, dan call center)

Bilang saja Anda malas mendatangi kantor cabang bank. Atau grogi ketemu customer service yang good looking. Tidak usah alasan sakit, sibuk kerja, di luar kota/negeri, dll. Sehingga maunya mengurus via ponsel.

Baiklah. Saya juga benci antre di bank. Hanya saja, semalam suntuk saya cari cara tetap tidak ketemu. Kode perintah SMS Banking dan menu transaksi Mobile Banking sama-sama tidak memfasilitasi ganti nomor.

Ok, mungkin maksud Anda ganti nomor hp Mobile Banking dan SMS Banking melalui BNI call center. Sayangnya saya tidak punya pulsa. Jadi tidak bisa menelepon. Kapan-kapan atau Anda coba sendiri saja. Nomornya 1500046.

Banksentral.com hanya pernah menanyakan beberapa bulan yang lalu. Jawaban BNI call officer tidak bisa mengganti nomor. Begitu juga dengan menghapus yang tercatat pada database. Mereka hanya bisa mereset kalau terblokir.

Lewat ATM

Mendaftar e-banking via ATM memang bisa. Tanpa aktivasi di bank sudah bisa transaksi finansial. Akan tetapi, hanya berlaku jika rekening Anda belum terdaftar Mobile dan SMS Banking sama sekali.

Alih-alih mau mengganti, artinya sudah ada nomor yang aktif. Sependek pengetahuan saya, ATM tidak punya menu ganti nomor. Menghapus yang telah terdaftar pun sepertinya belum.

Bagaimana kalau nekat menambahkan nomor baru tanpa menghilangkan yang sebelumnya? Menurut informasi, BNI Mobile Banking dan SMS Banking BNI tidak boleh terkait dengan dua nomor hp. Beda dengan internet banking yang satu akun bisa memuat banyak rekening.

Lain-lain

Kesimpulannya: ganti nomor hp pada layanan BNI Mobile Banking dan BNI SMS Banking diperbolehkan. Cara paling aman ialah dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Bukan pakai hp, ATM, ataupun call center.

Selain pada jam kerja dan membawa persyaratan lengkap, Anda juga harus datang ke sana sendiri. Maksudnya tidak diwakilkan orang lain. Jangankan teman, diwakili saudara/keluarga/pasangan (suami/istri) pun tidak boleh meskipun membawa surat kuasa.

Apabila syarat kurang– misal buku tabungan atau kartu debit hilang–bawalah surat kehilangan dari kepolisian. Di bank nanti sekalian urus buku dan kartu pengganti yang baru.

Berdasarkan pengalaman sendiri, ganti nomor hp SMS Banking ataupun BNI Mobile Banking tidak dikenakan biaya. Jika Anda diminta paling hanya 6.000 atau 10.000 rupiah. Harga tersebut untuk meterai yang ditempel pada formulir pengajuan.

Operator seluler apa saja dapat digunakan. Baik Telkomsel (Simpati/AS), Indosat (Mentari, IM3), Tri, XL, dll. Prabayar ataupun pascabayar tidak masalah. Paling penting aktif dan punya sendiri.

Terakhir, nomor baru SMS Banking dan Mobile Banking BNI langsung aktif. Tidak perlu menunggu 1×24 jam. Mulai dari User ID, PIN/MPIN, dan Password Transaksi tidak ada yang berubah. Semua masih sama seperti sebelumnya.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com tahun 2017 setelah agak banyak web yang dibuat. Hobinya memang mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Namun, yang aktif dan digunakan saat ini hanya BNI, BRI, dan Jenius.
Articles: 129

Leave a Reply