Ganti buku tabungan BCA yang habis, rusak, hilang, dan pindah alamat

Buku tabungan BCA tetap bisa rusak meskipun jarang dibawa selayaknya kartu ATM. Penyebabnya bermacam-macam. Contoh: sobek, basah, dan terbakar. Bisa juga hilang karena tercuri atau lupa menaruh sampai tidak bisa ditemukan. Jika sudah begini, mau tidak mau buku tabungan harus ganti baru.

Buku tabungan sekilas tidak penting. Padahal, fungsinya banyak. Misal, untuk mengurus kartu ATM, SMS banking, internet banking, dan mobile banking jika bermasalah. Tentunya dengan menunjukkan kartu identitas berupa KTP juga.

Selain di atas, fungsi lain buku tabungan BCA ialah sebagai bukti dan catatan transaksi. Anda bisa melihat jumlah debit dan kredit di sini. Namun masalahnya, semakin rajin print out semakin cepat pula lembaran halaman buku tabungan habis. Untuk menjalankan fungsi kedepannya harus membuat buku tabungan yang baru.

Mengganti buku tabungan BCA lama menjadi baru tidak harus saat rusak ataupun hilang. Dalam kondisi utuh, halaman masih banyak kosong, dan sebagainya kadang perlu diganti. Contoh, saat Anda pindah alamat domisili. Atau memang ingin ganti nomor rekening karena nomor lama bermasalah.

Syarat dan prosedur ganti buku tabungan BCA

Syarat yang diperlukan untuk mengganti buku tabungan BCA karena rusak, hilang, pindah alamat domisili, dll. hampir sama. Pertama, kartu identitas berupa KTP, SIM, ataupun Paspor. Kedua, buku tabungan yang telah rusak. Ketiga, kartu ATM atau Paspor BCA.

Begitu juga dengan prosedurnya, tidak ada beda. Anda harus datang ke kantor BCA sendiri. Maksudnya, tidak boleh diwakilkan orang lain. Kalau sekadar mengantar tentu tidak masalah. Kantor cabang yang didatangi bisa tempat Anda dulu buka rekening atau mana saja yang terdekat. Terserah.

Buku tabungan BCA habis dan rusak

Syarat menggantinya ialah datang ke kantor cabang BCA dengan membawa KTP, kartu ATM, dan buku tabungan yang halamannya telah penuh atau rusak. Masa aktif KTP harus masih berlaku alias tidak kedaluwarsa. Kartu ATM dan buku tabungan diperlukan sebagai bukti bahwa Anda benar-benar pemilik rekening tsb.

Selain itu, siapkan juga sejumlah uang. Mengganti buku tabungan BCA umumnya gratis tanpa biaya administrasi. Uang berguna untuk bayar atau membeli buku tabungan BCA baru. Berapa besarnya? Rp50.000,00 lebih dari cukup. Anda pasti akan mendapat kembalian.

Sedangakan caranya ialah datang ke kantor cabang BCA. Kemudian ambil nomor antrean bagian customer service. Saat giliran dilayani tiba, utarakan bahwa Anda membutuhkan pergantian buku tabungan BCA karena lembaran telah habis atau rusak. Selesai mengisi formulir, tidak ada dua puluh menit Anda akan mendapatkan buku tabungan BCA baru.

Hanya buku tabungan saja yang baru. Nomor rekening tetap sama seperti sebelumnya. Kartu ATM dan layanan e-channel lain tetap bisa digunakan tanpa perlu didaftarkan atau diregistrasikan ulang.

Buku tabungan BCA hilang

Syarat mengganti buku tabungan BCA habis atau rusak ialah bawa buku tabungan. Bagaimana jika buku tabungan hilang atau tidak ada? Tenang, persyaratan ini bisa dimaklumi. Anda cukup bawa kartu identitas dan kartu ATM.

Mengurus buku tabungan BCA hilang zaman sekarang tidak perlu membuat surat kehilangan dari kepolisian. Dua syarat di atas sudah bisa. Apa jadinya jika kartu ATM juga hilang? Cara mengatasi masalah ini silakan baca di sini.

Untuk prosesnya tidak perlu dijelaskan kembali. Tahap-tahapnya tidak beda dengan di atas.

Cara mengganti alamat domisili pada buku tabungan BCA

Misal Anda buka rekening BCA di kota A. Maka rekening tersebut berdomisili A. Rekening Anda tetap bisa dibawa dan digunakan di kota manapun. Termasuk untuk transaksi tarik tunai, mentransfer dan ditransfer, cek saldo, dan kebutuhan lain sebagaimana fungsinya.

Namun untuk setor tunai atau menabung, jika dilakukan dari teller selain kota A dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000,00. Nominal ini memang kecil. Namun bagaimana kalau Anda sering melakukannya? Dikalkulasi pasti jadi banyak.

Maka dari itu, seandainya pindah tempat tinggal, alamat domisili pada rekening BCA pun sebaiknya diganti biar update data. Sehingga setor tunai tidak dipungut biaya tambahan. Syarat-syarat yang diperlukan untuk mengurus masalah ini ialah sebagai berikut.

  1. KTP sesuai domisili kota tempat tinggal yang baru
  2. Buku tabungan
  3. Kartu ATM/Paspor BCA

Datanglah dengan membawa syarat-syarat ke kantor cabang BCA terdekat. Saat menandatangani formulir, usahakan sama seperti tanda tangan pada KTP. Anda akan disuruh mengulangi sampai beberapa kali jika beda. Jika tetap tidak sama, Anda diminta menunjukkan kartu identitas lain. Entah Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau paspor.

Setelah proses terlalui, Anda akan mendapatkan buku tabungan BCA baru dengan alamat domisili terkini. Meskipun buku baru, nomor rekening dan kartu ATM tetap sama seperti semula.

Biaya ganti buku tabungan BCA

Mengganti buku tabungan BCA tidak dikenakan biaya. Anda tidak perlu membayar sepeser pun kepada customer service yang dengan ramah melayani. Namun, karena akan mendapatkan buku baru, Anda tetap harus “membeli” buku tersebut.

Berapa harganya? banksentral.com tidak bisa menyebutkan angka. Harga tergantung jenis rekening yang buku tabungannya akan diganti. Dari sepuluh macam produk rekening BCA, ada yang lumayan, murah, gratis, bahkan memang tidak difasilitasi buku tabungan, yaitu Tahapan Expresi.

Biaya lebih detail silakan lihat tabel di bawah.

No.Jenis rekeningBiaya ganti buku tabungan BCA
1Tahapan BCARp5.000,00
2Tahapan Xpresi(tidak memiliki fasilitas buku tabungan)
3Tahapan GoldRp5.000,00
4Tahapan Berjangka(memiliki tabungan Tahapan BCA, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA)
5Tapres BCARp15.000,00
6BCA Dollar
7SimPel (Simpanan Pelajar)Bebas biaya atau gratis
8TabunganKu BCABebas biaya atau gratis
9Laku BCABebas biaya atau gratis
10Deposito Berjangka

 

Biaya di atas bisa dikenakan secara langsung (Anda memberikan uangnya kepada customer service) atau memotong saldo. Karena telah membayar, buku tabungan BCA yang lama tetap milik Anda. Anda bisa bawa pulang atau tinggal di bank. Terserah.

Cara mengganti buku tabungan BCA tergolong gampang. Biaya juga murah. Meski demikian, tetap membutuhkan waktu karena harus pada jam kerja dan mungkin antre. Maka dari itu, rawatlah jangan sampai rusak dan hilang. Bagaimanapun fungsi buku tabungan banyak. Selain yang sudah disebutkan di atas, bisa untuk tarik tunai dalam jumlah besar yang jika menggunakan kartu ATM kena limit.

Leave A Reply

Navigate