Salah satu metode SMS banking BNI yaitu menggunakan format perintah. Caranya, tiklah kode pada menu SMS. Kemudian kirim ke 3346. Tunggu balasan berisi permintaan PIN. Jika Anda menginputnya benar, transaksi pun berhasil.

Cukup menggunakan hp, SMS banking BNI dapat melakukan hampir semua transaksi. Di antaranya informasi saldo, cek mutasi/histori, transfer sesama ataupun antarbank, pembelian isi ulang pulsa, pembayaran tagihan listrik, dll.

Sayangnya, tiap kode perintah SMS banking BNI berbeda-beda. Format juga susah dihafal. Padahal, pengetikan harus sama persis. Beda sedikit saja bisa gagal. Makanya, orang mau transaksi pasti lihat sontekan dulu.

Sebagai upaya membantu, di bawah disajikan format perintah SMS banking BNI. Silakan mencoba kode terbaru ini. Syntax lama sudah tidak berlaku. Alasan diganti/perubahan ialah untuk mempermudah transaksi.

Format perintah SMS banking BNI

TransaksiFormat perintah SMS banking BNI
Cek saldo BNISAL
Mutasi rekening BNIHST
Informasi kartu kredit BNITAG<spasi>BNI<spasi>(no. kartu kredit BNI)
Informasi listrikTAG<spasi>PLN<spasi>(no. ID pelanggan)
Informasi ganti PINPIN<spasi>(PIN baru)<spasi>(PIN lama)
Transfer rekening BNITRANSFER<spasi>(no. rekening tujuan)<spasi>(nominal transfer)
Transfer antarbankTRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>(kode bank+rek.tujuan)<spasi>(nominal transfer)<spasi>##
Pembayaran kartu kredit BNIPAY<spasi>BNI<spasi>(no. kartu kredit)<spasi>(jumlah pembayaran)
Pembayaran tagihan listrik PLNPAY<spasi>PLN<spasi>(no. ID pelanggan)
Pembayaran BPJS KesehatanPAY<spasi>BPJSTKES<spasi>(kode peserta+no. ID)<spasi>(jumlah bulan)
Pembayaran PBBPAY<spasi>PBB<spasi>(no. objek)<spasi>(tahun pajak SPPT)
Pembelian pulsaTOP<spasi>(no. ponsel)<spasi>(nominal)
Daftar format perintah SMS banking BNI lengkap

Syarat SMS banking BNI ialah nomor handphone harus sudah teregistrasi. Jika punya Anda belum, silakan daftarkan melalui ATM. Apakah wajib aktivasi di kantor cabang agar bisa transaksi finansial juga? Saat ini tidak lagi.

Proses pendaftaran meminta nomor ponsel. Setelah itu, Anda mendapat PIN. Gunakanlah keduanya untuk melakukan transaksi (bukan nomor hp dan PIN sembarang). Selain itu, pulsa dan sinyal juga perlu diperhatikan.

Cara SMS banking BNI cek saldo

Mari kita mencoba cek saldo tabungan BNI menggunakan SMS banking. Pertama, buka menu pesan. Tulis format perintah SAL dan kirim ke 3346. Tunggu hingga mendapat balasan. Isi balasan meminta Anda memasukkan PIN.

PIN BNI SMS banking memang enam digit. Namun, permintaan hanya dua digit dan acak. Contoh, “… untuk diproses, reply SMS ini, ketik digit ke-6&3 PIN Anda.” Bagaimana cara membalas SMS tersebut?

Misal PIN Anda 135790. Karena diminta digit ke-6&3, maka reply-lah dengan angka 05. Tunggu lagi beberapa saat. Tidak lama kemudian akan mendapat balasan kedua. Isinya informasi saldo dari tabungan BNI Anda.

Contoh SMS banking BNI transfer ke BCA, BRI, Mandiri, dll.

Mengirim uang ke BCA, BRI, Mandiri, ataupun bank lain merupakan transfer beda bank. Berdasarkan tabel di atas, format perintah SMS banking BNI untuk transfer antarbank yaitu:

TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>(kode bank+rek.tujuan)<spasi>(nominal)<spasi>##

Transfer ke bank lain wajib menyertakan kode bank. Daftarnya bisa dilihat pada link. Intinya, kode bank terdiri tiga digit angka. Tiap bank berbeda. Cara menggunakannya ditempatkan di depan nomor rekening tujuan.

  • Kode bank BCA: 014
  • Kode bank BRI: 002
  • Kode bank Mandiri: 008

Meski kode bank BNI 009, tetapi yang dibutuhkan yaitu kode bank tujuan transfer. Misal, kita mau mengirim Rp100.000,00 ke bank Mandiri dengan nomor rekening 1234567891011. Format perintah yang harus ditik yaitu:

TRANSFER ANTARBANK 0081234567891011 100000 ##

Setelah terkirim ke 3346, balasan SMS pertama seperti di atas: meminta konfirmasi dua dari enam digit PIN. Jika Anda me-reply dengan benar, balasan SMS selanjutnya berisi informasi transaksi berhasil.

Biaya SMS banking BNI

Layanan SMS banking BNI sebetulnya gratis. Saat registrasi, baik via ATM ataupun kantor cabang, tidak dipungut biaya. Begitu pula setelahnya, antara nasabah yang mengaktifkan dan yang tidak, tarif administrasinya sama.

Meski demikian, sama seperti SMS lainnya. Pengiriman kode perintah membutuhkan pulsa agar sampai ke 3346. Besarnya berbeda-beda tergantung operator seluler yang digunakan. Baik Indosat, Simpati, Halo, Tri, XL, dsb., tidak sama.

Biaya SMS bankingTelkomselProvider lain
SMS kirimRp300–Rp400Rp250–Rp400
SMS terima (nonfinansial)Rp600–Rp660Rp300–Rp650
SMS terima (finansial)Rp1.200–Rp1.320Rp935–Rp1.300
Tabel biaya SMS banking BNI berbagai operator seluler

Semua transaksi hanya butuh pulsa. Adapun biaya transfer antarbank Rp6.500,00 bukan karena SMS banking. Melainkan memang dikenakan segitu meskipun Anda mentransfernya menggunakan ATM, m-banking, ataupun i-banking.

FAQ

Bagaimana cara melakukan SMS banking BNI?

Pertama, aktifkan SMS banking BNI melalui ATM atau kantor cabang. Kedua, kirim format perintah menggunakan SMS ke 3346. Ketiga, reply untuk konfirmasi PIN. Terakhir, Anda mendapat SMS berisi informasi transaksi berhasil.

Bagaimana cara cek saldo BNI via SMS banking?

Kirimlah SMS ke 3346 dengan format perintah SAL. Tunggu balasan SMS permintaan PIN. Setelah me-reply dengan benar, Anda memperoleh SMS berisi informasi saldo.

Apa format perintah SMS banking BNI untuk transfer ke rekening BNI lain?

TRANSFER<spasi>(no. rekening tujuan)<spasi>(nominal transfer)

Apa format SMS banking BNI transfer ke BCA, BRI, Mandiri, dll?

Pengiriman uang dari BNI ke BCA, BRI, Mandiri, atau bank lain berarti transfer antarbank. Kode yang diperlukan yaitu:
TRANSFER<spasi>ANTARBANK<spasi>(kode bank+rek.tujuan)<spasi>(nominal transfer)<spasi>##

Transaksi SMS banking BNI kena pulsa berapa?

Tiap provider seluler mengenakan biaya berbeda. Buat jaga-jaga agar tidak kehabisan, sediakan pulsa minimal Rp2.500,00 untuk satu transaksi.

Bagaimana kalau format SMS banking salah?

Transaksi akan gagal. Namun, tidak mempengaruhi saldo. Uang tabungan Anda tetap aman.

Bagaimana kalau PIN salah saat reply SMS banking?

Kesalahan pertama dan kedua mengharuskan Anda mengulang transaksi dari awal. Kesalahan ketiga menyebabkan layanan SMS banking terblokir. Untuk un-block silakan kunjungi kantor cabang terdekat.

Salah satu kelebihan SMS banking ialah dapat menggunakan handphone. Tidak perlu canggih, mahal, ataupun keluaran terbaru. Hp tanpa koneksi internet pun bisa selama ada saldo dan jaringan/sinyal.

Pada sisi lain, kekurangannya yaitu harus mengetik format agak panjang. Jika menurut Anda ribet, solusinya ialah menggunakan USSD *141# atau download aplikasi SMS banking BNI dari PlayStore & AppStore.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment