Format Kode SMS Banking BRI untuk Cek Saldo, Transfer, Ganti PIN, Isi Pulsa, Mutasi, dll

Dengan SMS banking BRI, Anda bisa melakukan transaksi tanpa harus ke ATM ataupun kantor unit kerja BRI. Transaksi-transaksi itu di antaranya yaitu cek saldo, transfer dana sesama BRI, transfer ke bank lain, mutasi rekening, pembelian (isi ulang pulsa, dll), pembayaran (PLN, dll), dan lain sebagainya.

Transaksi-transaksi di atas bisa Anda kerjakan cukup menggunakan hp di tangan. Artinya, bisa dilakukan di mana saja: rumah, kantor, dll. Waktu juga terserah. Sama seperti ATM yang beroperasi 24 jam tanpa peduli hari libur akhir pekan ataupun tanggal merah hari besar nasional.

Agar bisa transaksi perbankan menggunakan handphone, terlebih dahulu nomor hp harus didaftarkan pada layanan SMS banking. Pada bank BRI caranya ada dua. Pertama, registrasi melalui ATM dan kedua, dengan menemui customer service di kantor unit kerja BRI (kantor cabang). Syarat dan cara lengkapnya bisa dibaca di sini.

Perbedaan SMS Banking BRI metode Plain Text dengan Aplikasi Mobile BRI

Setelah didaftarkan melalui ATM dan customer service, nomor hp Anda langsung bisa digunakan untuk transaksi SMS banking. Ada dua metode cara transaksinya. Pertama, dengan SMS atau plain text; dan kedua, dengan aplikasi SMS banking BRI yang di-download dan instal pada smartphone.

Transaksi SMS banking BRI menggunakan aplikasi lebih gampang. Setelah terpasang, Anda tinggal buka dan menu-menu transaksi pun akan muncul tersedia. Kemudian, Anda tinggal pilih jenis transaksi yang diperlukan dengan mengkliknya. Siapapun, meski baru pertama kali menggunakan pasti langsung bisa.

Sebaliknya, SMS banking menggunakan metode plain text sedikit lebih ribet. Anda tidak bisa tinggal klik dan klik, melainkan harus mengetik kode perintah sesuai format yang ditentukan. Jika salah, transaksi tidak terproses alias gagal. Meskipun saldo rekening tetap aman dan utuh, SMS banking gagal tetap memotong biaya SMS.

Format Kode Perintah SMS Banking BRI

Selain harus disediakan pulsa minimal 1.000, transaksi SMS banking BRI agar berhasil juga harus ditikkan kode perintah yang benar. Tidak boleh keliru. Salah satu huruf saja bisa mengakibatkan gagal. Efek kegagalan memang tidak fatal. Saldo tetap utuh. Hanya saja biaya SMS tetap ada. Dan tentunya, transaksi jadi terkendala.

Kode perintah atau format SMS banking BRI untuk setiap transaksi beda-beda. Kode untuk cek saldo, transfer, mutasi rekening, isi ulang pulsa, bayar PLN, dan lain sebagainya tidak sama. Inilah yang saya katakan di atas ribet: susah dihafal dan jika salah menjadi gagal. Oleh karena itu kebanyakan orang akan menyontek kembali di internet.

Dan daftar format kode perintah SMS banking BRI untuk transaksi ialah sebagai berikut:

Jenis Transaksi Format Contoh
Transfer ke Sesama Rekening BRI TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN TRANSFER BRI123451234567890 500000 123456
Transfer ke Bank Lain TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening <spasi> NOMINAL <spasi> PIN TRANSFER 008987654321 5000000 123456
Cara Cek Saldo SMS Banking BRI SALDO <spasi> PIN SALDO 123456
Cara Beli Pulsa Token PLN SMS Banking BRI BELI <spasi> PLNPRE <spasi> ID PLN <spasi> NOMINAL <spasi> PIN BELI PLNPRE 0140087654321 200000 123456
Cara SMS Banking BRI Isi Pulsa PULSA <spasi> HP <spasi> NOMINAL <spasi> PIN PULSA 08123456789 100 123456 (untuk Rp100.000)

 

Kode di atas ditik pada menu SMS handphone Anda. Kemudian dikirim ke nomor SMS banking BRI: 3300. Pin harus benar. Jika lupa dan salah lebih dari tiga kali berturut-turut akan berakibat terblokir.

Biaya SMS Banking BRI

Mendaftarkan rekening BRI Anda agar layanan SMS banking aktif dan dapat digunakan, tidak dikenakan biaya. Biaya administrasi per bulan antara yang mengaktifkan dan yang tidak tetap sama. Begitu juga dengan transaksinya. Sebanyak apapun Anda menggunakan SMS banking, tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Proses SMS-nya-lah yang memerlukan biaya. Tarif dihitung per SMS. Besarnya sekira Rp250,00–Rp1.000,00 tergantung operator seluler yang Anda gunakan. Jika menggunkan sistem prabayar akan memotong langsung dari pulsa. Sedangkan jika pascabayar akan menambah tagihan telepon per bulannya.

Hampir semua nomor hp dari operator seluler di Indonesia bisa buat daftar SMS banking BRI. Contohnya seperti Telkomsel: As, Simpati, dan Halo; Indosat: IM3, Mentari, dan Matrix; XL; Tri/3/Three; dll. Sedangkan tipe rekening BRI yang bisa mendapatkan fasilitas SMS banking adalah Simpedes, BritAma, dan Junio.

Jika setelah transfer dana ke bank lain dan Anda cek mutasi rekening ada biaya tambahan sebesar Rp6.500,00, ini bukan dikarenakan SMS banking BRI. Melainkan karena transaksi tersebut memang berbayar. Baik dilakukan dengan ATM atau e-banking lain pasti dikenakan biaya sejumlah itu juga.

Leave A Reply

Navigate