Kode SMS banking BCA untuk transfer tidak ada, ini solusinya

SMS banking BCA tidak bisa transfer uang baik sesama ataupun ke bank lain. Sebagai solusi, gunakanlah BCA Mobile yang berbasis aplikasi. Alternatif lainnya ialah internet banking (KlikBCA).

Tidak ada format kode yang bisa ditik untuk melakukan transaksi transfer dana via SMS banking BCA. Baik transfer sesama BCA ataupun antar bank seperti kepada BNI, BRI, Mandiri, Permata, dan sebagainya. Dengan kata lain, SMS banking BCA tidak mendukung transaksi kirim uang.

Bagaimana bila nasabah BCA butuh transfer? Mereka masih bisa menggunakan layanan lain. Entah ATM, mobile banking atau m-banking, dan internet banking. Ketiganya dipastikan terdapat pilihan menu transfer. Hanya saja, khususnya ATM, dinilai kurang efisien karena tidak bisa dilakukan di mana saja. Akan tetapi harus mendatangi mesinnya.

Bagaiman dengan mobile banking dan internet banking BCA? Untuk menjawab apakah m-BCA dan klikBCA dapat diandalkan, berikut banksentral.com coba jelaskan berdasarkan pengalaman menjadi nasabah BCA lebih dari tujuh tahun.

Baca juga: Cara registrasi atau mengaktifkan SMS banking BCA melalui ATM dan customer service

SMS Banking BCA Tidak Tersedia Perintah Transfer Uang, Ini Solusinya

Sebenarnya masih ada satu cara lagi untuk melakukan transfer uang pada bank BCA selain tiga hal di atas. Yaitu melalui teller. Anda cukup datang ke kantor cabang bank terdekat dan serahkan uang kepadanya. Sekalipun Anda tidak punya rekening, hal ini bisa diproses asalkan nomor rekening tujuan transfer benar.

Namun, lagi-lagi ini kurang efisien dan bahkan lebih ribet daripada menggunakan ATM. Bayangkan saja, Anda harus datang ke kantor cabang dengan jarak lokasi belum tentu dekat. Bank-bank ini hanya melayani pada jam kerja, antara pukul 07.30–16.00, hari Minggu dan tanggal merah hari besar libur. Setelah sampai di sana masih harus antre yang lumayan buang waktu. Berdasarkan pengalaman pribadi, kantor cabang BCA selalu ramai dan padat.

Jadi, demi kemudahan dan kenyamanan transfer dana pada bank dengan logo warna biru itu, lebih baik nasabah pakai m-BCA atau internet banking klikBCA saja. Namun, berdasarkan kenyataan di atas terdapat tingkat keribetan, apakah antara m-BCA dan klikBCA sama-sama bagus atau ada yang lebih unggul. Ini perlu ditanyakan.

Baca juga: Format kode perintah SMS banking BCA untuk cek saldo, beli isi ulang pulsa, mutasi rekening, dll

Kelebihan dan Kekurangan Transfer Dana Via Internet Banking BCA (KlikBCA)

Pertama, kita bahas internet banking BCA dulu. Pada bank yang berdiri sejak 1957 ini layanan ini disebut KlikBCA. Media penggunaanya sama seperti bank lain, yaitu menggunakan laptop atau smartphone. Caranya, koneksikan ke internet dan kemudian buka menu browser. Setelah itu kunjungi alamat internet banking yang ditentukan bank. Pada BCA yaitu www.klikbca.com.

Biaya akses internet banking relatif murah: cukup koneksi internet dan tidak perlu pulsa. Perangkat yang digunakan bebas atau boleh ganti-ganti alias tidak melulu pakai gadget yang sama. Hal ini karena login yang dibutuhkan hanya user ID dan password. Walau begitu, keamanan tetap terjaga karena transaksi finansial dilengkapi token keyBCA.

Itu kelebihan KlikBCA. Sekarang fokus kepada pertanyaan tadi: apa kekurangan internet banking BCA untuk transaksi transfer? Transfer sesama rekening tabungan BCA tidak ada kendala. Sangat nyaman, aman, bahkan gratis. Dana atau uang yang dikirimkan bisa sampai ke rekening tujuan saat itu juga (real time).

Namun, untuk transfer antar bank, entah kepada rekening BNI, BRI, Mandiri, Permata, dan sebaginya, terdapat sedikit kekurangan. Pada bagian ini terdapat dua pilihan metode transfer, yaitu LLG dan RGTS. Transfer uang dalam jumlah banyak, di atas Rp100.000.000,00, bisa memilih RGTS dan dana sampai tujuan secara real time.

Sedangakan transfer jumlah sedikit, di bawah Rp100.000.000,00, seakan “dipaksa” memilih LLG. Transfer menggunakan metode ini artinya uang tidak bisa sampai real time, harus menunggu beberapa jam, bahkan hitungan hari. Transfer sedikit sebenarnya bisa memilih RGTS dan dana bisa sampai saat itu juga. Namun, dikenakan biaya cukup mahal yaitu Rp25.000,00. Biaya ini di luar tarif transfer antar bank sebesar Rp6.500,00.

Baca juga: Perbedaan SMS banking dan mobile banking pada BCA, BNI, Mandiri, Permata, dll

Kelebihan dan Kekurangan Transfer Uang Memakai Mobile Banking atau m-BCA

Mobile banking pada BCA disebut m-BCA. Jika akses KlikBCA memakai browser, maka m-BCA memakainya menu SIM-card. Menu ini dapat ditemukan pada hp yang telah dipasang SIM-card. Proses transaksinya ialah buka menu tersebut dan kemudian akan muncul menu-menu m-banking seperti m-BCA, m-Mandiri, m-BNI, dan lain-lain.

Tidak semua SIM-card langsung memiliki menu seperti itu. Jika Anda mengalami hal ini, gantilah kartu anda dengan SIM-card yang ready m-banking. Caranya ialah datang ke GraPARI jika nomor anda Simpati; ke Galeri Indosat jika nomor anda Mentari, IM3, ataupun Matrix; ke XL Center jika nomor anda XL; dan seterusnya.

Kekurangan transfer via mobile banking ialah biaya akses relatif mahal. Perlu diketahui, transaksi m-BCA akan memotong pulsa jika nomor Anda sistem prabayar, dan akan menambah tagihan bulanan jika menggunakan nomor pascabayar. Tarifnya berapa? Tergantung masing-masing operator. Biasanya antara Rp500-1.670 per transaksi.

Dibanding internet banking memang lebih mahal. Namun bukan berarti SMS banking BCA tidak memiliki keunggulan. Jika KlikBCA terdapat pilihan LLG dan RGTS, pada m-BCA tidak. Sehingga nasabah dapat transfer uang lebih leluasa. Meskipun jumlah sedikit, kiriman uang tetap sampai saat itu juga dan tidak dikenakan biaya tambahan sebesar Rp25.000,00

Bagaimana, apakah karena tidak ada format kode perintah buat transfer via SMS banking BCA, Anda akan mengirimi saya uang menggunakan m-banking atau internet banking saja? Bercanda, saya tidak akan meminta hal itu. Namun, jika Anda memiliki informasi lebih, khusunya soal SMS banking BCA, harap bagikan melalui kolom komentar di bawah.