Menggunakan Aplikasi BCA Mobile pada handphone banyak keuntungan. Anda bisa melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke ATM ataupun teller. Agar layanan ini bisa dinikmati, terlebih dahulu harus meregistrasikan nomor hp. Kemudian instal aplikasi pada smartphone yang akan digunakan.

Banyak cara untuk men-download aplikasi BCA mobile. Tinggal unduh saja melalui Play Store, App Store, BlackBerry App World, Store/Bursa, atau lainnya tergantung sistem operasi atau jenis ponsel yang digunakan. Selain itu, nasabah juga bisa mencarinya melalui Google, unduh file apk, dan kemudian instal secara manual.

Baca: Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan penggunaan pertama kali

Namun, kedua cara di atas tidak menjamin aplikasi yang Anda temukan asli atau resmi dari BCA. Bisa saja Anda salah pilih atau bahkan justru men-download yang bajakan. Bila hal itu terjadi, data Anda bisa bocor ke orang tidak bertanggung jawab dan kemudian dimanfaatkan untuk menguras saldo rekening tabungan Anda sampai habis.

Agar Aman, Pastikan Download Aplikasi BCA Mobile yang Asli. Caranya sebagai Berikut:

Banksentral.com sangat tidak menganjurkan nasabah BCA untuk download Aplikasi BCA Mobile melalui mesin pencari Google. Karena bisa saja saat mengetik kata kunci dan klik cari akan menyasar ke website tidak jelas. Kemudian mereka menemukan aplikasi BCA mobile palsu dan menginstalnya. Para pembuat aplikasi “nakal” memang menyebarkan aplikasinya dengan cara ini.

Berarti harus download dan instal melalui Play Store, App Store, BlackBerry App World, dan Store/Bursa saja? Di sini pun nasabah BCA harus hati-hati. Bukan tidak mungkin pembuat aplikasi palsu juga mendaftar dan mengunggah aplikasinya ke layanan ini. Jadi, jika Anda download Aplikasi BCA Mobile melalui layanan ini, pastikan aplikasinya resmi dari BCA.

Bagaimana cara tau bawah itu aplikasi resmi dari BCA? Sebelum download dan instal, cek dulu pengunggah dan developernya, yaitu PT Bank Central Asia TBK. Kemudian, baca komentar para pengguna yang telah menginstal. Tidak kalah penting juga untuk cek rating bintang yang didapat dari aplikasi tersebut.

Jika Anda tetap masih ragu dengan cara di atas, masih ada satu cara lagi. Pertama, Anda bisa menanyakan langsung kepada customer service BCA yang berada di kantor cabang bank terdekat. Atau bisa juga melalui online (via Facebook, Twitter, dll.). Kedua, dengan mengunjungi link yang disarankan BCA. Misalnya https://downloadmbank.klikbca.com/mbca, ini kalau diklik akan langsung ke tempat download Aplikasi BCA Mobile yang resmi.

Baca juga: Biaya atau tarif mobile banking BCA per transaksi

Bagaimana Penjelasan Download Aplikasi BCA Mobile Palsu Bisa Bahaya?

Aplikasi BCA Mobile palsu bisa menyedot data Anda. Saat menggunakan dan mengira asli karena tampilan dan logo aplikasi sama persis, Anda akan memasukkan data-data seperti kode akses dan PIN m-BCA. Tanpa seizin dan sepengetahuan Anda ternyata data dikirimkan ke pembuat aplikasi palsu yang tidak bertanggung jawab itu.

Setelah memperoleh data-data Anda, maka ia akan mencoba login dan transaksi menggunakan aplikasi BCA mobile yang asli. Jika ini berhasil maka ia bisa transaksi cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, dan pembayaran lainnya menggunakan rekening tabungan Anda sampai saldo tak tersisa.

Hal di atas mungkin saja terjadi. Karena seperti kita tahu Aplikasi BCA Mobile berjalan menggunakan jaringan internet. Sehingga nomor Anda yang teregistrasi m-BCA tidak begitu diperlukan. Meskipun pihak BCA sudah melengkapi keamanan berlapis dan metode enkripsi, tetap saja Anda tidak boleh ceroboh.

Cara Menggunakan Aplikasi BCA Mobile Agar Aman

Perlu diketahui bahwa segala transaksi yang menggunakan data Anda, sekalipun pelakunya orang lain, akan dianggap sah oleh BCA. Pihak bank tidak bisa digugat karena yang tercatat pada sistem memang itu data Anda. Bank baru bisa dimintai tindakan seandainya transaksi “ilegal” itu terjadi setelah Anda melaporkan dan pemblokiran oleh bank.

Karena alasan itulah Anda harus mengetahui tips aman transaksi menggunakan Aplikasi BCA mobile.

Pertama, pastikan Anda men-download aplikasinya di tempat yang sudah ditentukan dan asli. Caranya sudah dijelaskan di atas. Selain itu, dari handphone yang Anda gunakan juga harus selalu di-update sistem pembaruan sistem operasinya. Seperti klaim para pengembang OS: makin versi terbaru makin kuat keamanannya.

Kedua, tidak hanya dari ponsel saja, Aplikasi BCA Mobile yang Anda gunakan juga harus di-update begitu ada pemberitahuan versi terbaru. Selain keamanan yang meningkat, biasanya aplikasi versi terbaru juga memiliki fitur serta kinerja yang lebih baik.

Baca juga: Solusi lupa kode akses Aplikasi BCA mobile tanpa ke customer service dan Halo BCA

Terakhir, cara menggunakan Aplikasi BCA Mobile yang asli agar aman ialah pastikan selalu logout setelah Anda selesai menggunakan dan tidak digunakan dalam jangka lama. Selain itu, jangan pernah mencatat kode akses dan PIN m-BCA pada handphone. Hal ini untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan apabila hp hilang dan jatuh ke tangan orang usil.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment