Menabung di BNI sangat aman. Namun, tidak ada salahnya Anda mengecek saldo secara berkala. Kalau berkurang ataupun ada transaksi mencurigakan agar bisa melaporkan segera. Dengan begitu penanganan lebih cepat.

Sayangnya, ke ATM atau kantor cabang agak merepotkan. Apalagi saat tidak butuh transaksi lain. Makanya banyak orang bertanya: bisakah mengecek saldo rekening BNI lewat hp? Jawabannya, dulu saja iya apalagi sekarang.

Banyak cara mengecek saldo via ponsel . Di antaranya menggunakan SMS banking, m-banking, dan internet banking. Agar tidak kepanjangan, berikut tutorial melalui SMS banking dulu. Lainnya menyusul karena SMS banking BNI saja ada tiga metode.

Jika dibandingkan, pengecekan saldo via SMS banking memiliki kelebihan tersendiri. Anda bisa melakukan kapan dan di mana saja selama 24 jam. Selain itu, dengan ponsel jadul tanpa koneksi internet pun tidak masalah.

Syarat mengecek saldo lewat SMS banking BNI

Punya tabungan tidak berarti Anda langsung bisa mengecek saldo di hp. Agar bisa menikmati layanan SMS banking harus meregistrasikan nomor handphone dulu. Caranya bisa melalui ATM atau kantor cabang bank.

Tidak semua rekening BNI mendapat fitur SMS banking. Tipe Taplus, Taplus Muda, dan Taplus Bisnis dipastikan iya. Namun TabunganKu, Taplus Anak, SimPel, dan lainnya silakan tanyakan kepada customer service.

Setelah nomor handphone teregistrasi, sebelum mengecek saldo tabungan menggunakan ponsel, pastikan Anda punya pulsa. Tidak perlu banyak, minimal Rp2.500,00. Selanjutnya, jangan lupa juga berada di area jangkauan sinyal.

Cara SMS banking BNI cek saldo menggunakan format perintah

Waktu: 2 minutes.

Media: nomor hp terdaftar layanan SMS banking, ponsel dengan menu SMS, berada di area jangkauan sinyal operator seluler.

  1. Buka menu SMS dan tulis format perintah

    Siapkan ponsel yang sudah dimasukkan nomor SIM-card teregistrasi SMS banking BNI. Buka menu pesan dan tulis format perintah SAL. Lalu kirim ke 3346.
    SMS banking BNI format perintah cek saldo

  2. Tunggu balasan SMS

    Setelah format perintah terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapat balasan. Ia isinya meminta Anda memasukkan PIN. PIN SMS banking BNI beda dengan PIN ATM. Anda memperolehnya saat registrasi.
    SMS banking BNI konfirmasi PIN

  3. Masukkan PIN SMS banking

    PIN SMS banking BNI memang enam digit. Namun, SMS meminta hanya dua dan acak. Jika PIN Anda 135790 dan diminta digit ke-6&3, reply-lah SMS dengan angka 05.
    PIN SMS banking BNI

  4. Tunggu SMS berisi infomasi saldo

    Jika PIN yang Anda masukkan benar, dalam beberapa saat akan mendapat SMS kedua. Isinya sesuai format perintah yang Anda minta: informasi saldo pada rekening tabungan BNI Anda.
    SMS banking BNI cek saldo

Cara cek saldo BNI di hp dengan dial *141#

Selain format perintah, SMS banking BNI dapat diakses menggunakan dial *141#. Syarat mengecek saldo dengannya sama seperti di atas: nomor hp terdaftar, pulsa, dan sinyal. Jika telah terpenuhi silakan ikuti panduan berikut.

  • Buka menu telepon/panggil.
  • Dial nomor *141#.
  • Muncul banyak nama bank. Pilihlah BNI dengan memasukkan angak “1”.
  • Tersedia beberapa menu transaksi. Pilihlah inquiry dengan menekan angka “1”.
  • Terbuka submenu inquiry. Salah satunya yaitu cek saldo. Karena ia berada di urutan pertama, maka masukkan lagi angka “1”.
  • Muncul pemberitahuan nomor rekening dan meminta dua dari enam digit PIN SMS banking BNI.
  • Masukkan PIN dengan benar (lihat caranya di atas).
  • Berhasil, informasi saldo tabungan BNI Anda pun akan muncul di layar hp.

Cek saldo BNI via aplikasi SMS banking

Cara ketiga mengecek saldo lewat hp ialah dengan aplikasi SMS banking BNI. Anda dapat mengunduhnya di PlayStore dan AppStore. Khusus terakhir ini membutuhkan gadget Android atau iPhone. Bukan hp jadul lagi.

Meski aplikasi, ia tergolong SMS banking (bukan mobile banking). Karena, begitu Anda memilih jenis transaksi akan menuju ke SMS juga. Di sana, format perintah terinput otomatis. Anda tinggal klik tombol kirim.

Intinya, aplikasi hanya untuk mempermudah pengetikan format perintah. Seperti kita ketahui, tiap transaksi formatnya beda-beda. Daripada susah menghafal lebih baik memanfaatkan aplikasi tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengecek saldo menggunakan aplikasi SMS banking? Pada laman utama pilihlah menu “informasi”. Pilih lagi submenu “informasi saldo”. Begitu mengklik tombol “proses”, Anda akan dibawa ke SMS. Langkah berikutnya sama seperti gambar di atas.

Biaya SMS banking BNI cek saldo melalui hp

Cek saldo sebenarnya gratis. Anda melakukan berkali-kali pun tidak dimintai biaya. Namun, pengiriman format perintah transaksi SMS banking BNI tetap membutuhkan pulsa. Kalau tidak, tidak terkirim ke 3346.

Berapa jumlahnya? Sekira Rp600 per SMS. Perlu dilihat di atas, pengecekan pulsa butuh dua kali SMS (pengiriman format perintah dan PIN). Belum lagi balasan SMS juga tidak gratis. Buat jaga-jaga siapkanlah pulsa minimal Rp2.500,00 untuk satu transaksi.

Minimal Rp2.500,00 ialah angka aman. Karena, biaya SMS banking BNI berbeda-beda tergantung operator. Baik Simpati, Halo, Indosat, Matrix, XL, Tri, Smartfren, dll., tidak sama. Sebagian mahal dan sebagian lagi lebih murah.

SMS banking BNI dapat dilakukan hampir semua provider seluler di Indonesia. Bukan hanya GSM melainkan CDMA juga. Nomor prabayar memotong biaya dari pulsa. Sedangkan pascabayar ditambahkan saat tagihan telepon tiap bulan.

FAQ

Bagaimana cara mengecek saldo BNI lewat hp?

Ada banyak. Antara lain SMS banking, mobile banking, dan internet baning. SMS banking sendiri bisa diakses dengan tiga metode: syntax atau format perintah, USSD *141#, dan aplikasi SMS banking BNI.

Apa saja syarat cek saldo tabungan BNI menggunakan hp?

Nomor handphone sudah teregistrasi layanan SMS banking atau mobile banking. Kemudian ada pulsa atau jaringan internet. Terakhir, berada di area jangkauan sinyal.

Apa format perintah SMS banking BNI untuk cek saldo?

Tik SAL lalu kirim ke 3346. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk pada balasan SMS tersebut.

Cek saldo SMS banking butuh pulsa berapa?

Tiap provider seluler tidak sama. Simpati, Halo, Indosat, Matrix, XL, Three, Smartfren, dll., mengenakan biaya berbeda. Buat jaga-jaga agar tidak kehabisan pulsa sebaiknya sediakan minimal Rp2.500,00 untuk satu transaksi.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment