Biasanya tarik tunai harus menggunakan kartu ATM (terbitan BCA disebut Paspor BCA). Caranya, masukkan kartu ATM ke mesin, input PIN dengan benar, pilih menu penarikan, tentukan jumlah uang yang hendak diambil, dan setelah itu lembaran uang pun keluar otomatis. Tidak hanya pada BCA, bank lain kurang lebih sama.

Seiring perkembangan teknologi, sekarang nasabah BCA bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu lagi. Inovasi ini tentu sangat menguntungkan. Terutama jika sedang lupa bawa kartu ATM, tertinggal di rumah, hilang, rusak, ataupun hal lain.

Meskipun tanpa kartu, bukan berarti bisa begitu saja mengambil uang di ATM. Demi keamanan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menggantikan fungsi kartu dan PIN pada ATM. Apakah itu? Sebuah handphone yang hampir dipastikan setiap orang punya dan selalu dibawa kemana-mana.

Baca juga: Solusi lupa kode akses Aplikasi BCA Mobile tanpa ke customer service ataupun telepon Halo BCA

Syarat Agar Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Syaratnya ialah rekening tabungan Anda harus sudah diaktifkan layanan m-BCA. Layanan ini bisa diaktifkan secara langsung pada saat buka rekening. Jika sekarang belum, masih bisa didaftarkan melalui customer service yang berada di kantor cabang BCA. Tidak perlu cabang tempat Anda bikin rekening dulu. Cabang mana saja bisa asal BCA.

Syarat berikutnya ialah download Aplikasi BCA Mobile. Bagi yang belum tahu, aplikasi yang bisa diinstal pada hp android, iPhone, BlackBerry, dan Windows Phone ini fungsinya sangat banyak. Di antaranya cek saldo, transfer dana, isi ulang pulsa, pembayaran tagihan bulanan, dll. cukup menggunakan ponsel.

Dan pada Aplikasi BCA Mobile itu jugalah terdapat menu tarik tunai tanpa kartu. Jika punya Anda dicek ternyata tidak ada, saran banksentral.com update-lah aplikasinya. Jika tetap belum ada, mungkin masalahnya ada pada handphone-nya. Berdasarkan info yang beredar fitur tarik tunai hanya bisa untuk pengguna android dan iPhone saja.

Baca juga: Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan pertama kali

Cara Tarik Tunai Tanpa Tenggunakan Kartu ATM BCA

cara tarik tunai tanpa kartu ATM BCA atau Paspor BCA

Bila syarat di atas sudah terpenuhi, cara tarik tunai tanpa kartu atau Paspor BCA selanjutnya ialah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi BCA Mobile Anda
  2. Klik menu “Tarik tunai”
  3. Pilih nominal yang Anda inginkan
  4. Klik OK
  5. Dan kemudian masukkan PIN m-BCA Anda
  6. Klik OK sekali lagi
  7. Anda akan mendapatkan pesan berisi kode untuk tarik tunai beserta tanggal dan jam jatuh tempo penarikan tunai.

Kode tarik itulah yang nanti bisa digunakan untuk menarik uang tunai di ATM. Sehingga meski tanpa kartu atau Paspor ATM, Anda tetap bisa mengoperasikan automatic teller machine itu untuk mengambil uang. Untuk menghindari lupa kode, pesan akan masuk ke inbox aplikasi. Dengan begitu Anda bisa melihat kembali jika diperlukan.

Di bawah kode terdapat tulisan tanggal dan jam jatuh tempo penarikan. Jangka waktu yang diberikan yaitu dua jam sejak Anda membuat kode seperti di atas. Jika dalam waktu tersebut kode tidak digunakan untuk tarik tunai, tenang, saldo Anda tidak akan terpotong alias tetap utuh. Saat digunakan, barulah terpotong.

Baca juga: Download Aplikasi BCA Mobile pastikan yang asli, kalau palsu bahaya

Setelah memilliki kode penarikan tunai, sekarang Anda hanya perlu ke ATM yang memiliki layanan transaksi tanpa kartu. Bisa dibilang ATM jenis ini baru. Namun jumlah yang tersebar sudah banyak dan tentu semakin lama akan terus bertambah. Sehingga akan lebih mudah ditemukan.

Cara tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM

Setelah di hapadan ATM dengan layanan tanpa kartu, tahap selanjutnya ialah sebagai berikut:

  1. Pilih layanan transaksi tanpa kartu
  2. Pilih BCA Mobile
  3. Masukkan nomor handphone Anda yang terintegrasi m-BCA mobile
  4. Kemudian masukkan kode transaksi yang Anda dapatkan tadi
  5. Secara otomatis mesin akan mengeluarkan uang dengan jumlah sesuai yang tadi Anda sudah tentukan.

Hal penting yang perlu diketahui saat melakukan tarik tunai tanpa kartu ATM BCA ini ialah kode penarikan tunai jangan sampai diketahui orang lain. Siapa saja yang mengetahui kode dan nomor telepon Anda akan bisa menggunakannya. Atas pertimbangan ini pula BCA memberikan waktu cukup dua jam kode tersebut valid. Lebih dari waktu itu kode akan hangus dan saldo Anda tetap utuh.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment