Cara Setor Tunai Menggunakan Mesin Setor Tunai BCA

Menabung di BCA bisa dilakukan dengan mesin setor tunai. Nasabah tidak perlu menemui teller untuk sekadar memasukkan uang cash ke dalam rekening dengan bentuk saldo. Dengan mesin setor tunai, mereka bisa menabung kapan saja selama 24 jam. Tidak seperti di kantor cabang bank yang hanya melayani pada hari dan jam kerja saja.

Meskipun bisa bebas 24 jam, menabung menggunakan mesin setor tunai BCA ada aturan sendiri. Contohnya uang yang akan dimasukkan harus rapi, tidak rusak atau lecek, tidak terlipat, tidak dijepit staples, dan sebagainya. Selain itu ada batas minimal dan maksimal. Beda dengan teller yang menerima sebanyak mungkin meski kondisi uang jelek.

Menabung menggunakan mesin setor tunai BCA tidak dikenakan biaya administrasi. Uang yang disetor pun seratus persen akan masuk ke rekening sendiri atau rekening orang lain jika ditransferkan. Waktu masuknya akan dihitung saat itu juga (real time), meskipun Anda melakukan setor tunainya tengah malam atau hari libur.

Cara Setor Tunai Menggunakan Mesin Setor Tunai BCA

Caranya tentu harus dilakukan di ATM yang memiliki layanan setor tunai. Seperti kita tahu jenis ATM bermacam-macam. Ada ATM tarik tunai (paling banyak), ATM nontunai (hanya bisa transfer, pembayaran, pembelian, dsbg.), ATM setor tunai, dan ATM multifungsi yang bisa melakukan semua. Wujud fisik keempat ATM ini hampir sama.

ATM setor tunai BCA sekarang sudah gampang ditemui. Jangankan di kota besar Jakarta, di desa-desa kecil pun sudah banyak tersedia mesin ini. Jika Anda sudah ke sana-sini tetapi tidak melihatnya, cobalah mencari di area kantor cabang BCA terdekat. Biasanya di sana disediakan ATM lengkap dari berbagai jenis.

Dan untuk menabung menggunakan setor tunai BCA, caranya ialah sebagai berikut:

1. Masukkan kartu ATM BCA atau Paspor BCA Anda

Fungsi kartu ATM atau Paspor BCA tidak hanya untuk tarik tunai di ATM biasa saja. Di ATM setor tunai pun wajib menggunakan kartu ini untuk mengoperasikan. Cara memasukkannya sama seperti biasa.

Baca juga: Perbedaan kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit

2. Masukkan PIN ATM

Setelah kartu ATM masuk, Anda akan diminta memasukkan PIN ATM. Tikkanlah PIN yang terdiri dari enam digit angka itu dengan benar. Jangan sampai salah, karena salah lebih dari tiga kali bisa menyebabkan kartu ATM terblokir.

3. Pilih menu Setoran Tunai

Jika PIN diinput dengan benar, layar ATM akan langsung menampilkan beberapa menu. Pilihlah menu Setoran Tunai karena Anda akan melakukan setor tunai. Secara otomatis, box yang terletak di bawah lubang tempat memasukkan kartu akan terbuka.

4. Masukkan uang dengan rapi

Masukkanlah uang yang akan disetorkan ke dalam box itu. Kondisi uang harus tertata rapi, tidak ada yang terlipat atau terstaples. Tunggu beberapa saat hingga box menututup kembali secara otomatis dan mesin mulai menghitung uang Anda.

Selain menghitung, mesin juga akan memilah lembaran uang secara otomatis. Jika di antara uang yang Anda masukkan ada yang terlipat, terdeteksi palsu, atau lainnya, box akan kembali terbuka. Kali ini box berisi uang yang salah itu. Anda harus mengambilnya kembali.

Setelah diambil, box kembali menutup dan mulai menghitung uang yang terdeteksi asli. Jumlahnya akan ditampilkan di layar mesin.

5. Pilih menu SETOR

Di bawah jumlah uang yang tertera di layar ada pilihan menu SETOR. Pilihlah hingga menampilkan submenu selanjutnya.

Submenu selanjutnya yaitu Setor Ke Rekening Anda dan Rekening Lain.

Jika Anda ingin agar uang masuk ke rekening sendiri, pilihlah submenu Setor Ke Rekening Anda. Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan pemberitahuan bahwa setor tunai berhasil. Setelah itu mesin akan mengeluarkan struk berisi informasi jumlah uang yang disetor dan jumlah saldo saat ini.

Setelah struk diambil, layar ATM akan menawarkan apakah Anda butuh transaksi lain atau tidak. Jika tidak, tekan Tidak dan kartu ATM Anda akan keluar. Ambil kartu dan Anda sudah boleh pulang.

Video Cara Setor Tunai Menggunakan Mesin Setor Tunai BCA

Jika tutorial yang dituliskan banksentral.com di atas kurang jelas, Anda bisa melihat salah satu video cara setor tunai menggunakan ATM setor tunai BCA yang saya carikan dari YouTube ini.

Baca juga: Cara tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM BCA

Lain-Lain

Menabung menggunakan mesin setor tunai BCA dapat dilakukan kapan saja. Tidak harus pada hari dan jam kerja. Uang akan masuk ke rekening saat itu juga (real time) meski Anda melakukannya tengah malam sekalipun. Biayanya juga gratis. BCA tidak mengenakan biaya tambahan lain.

Uang yang Anda masukkan ke dalam box harus rapi: tidak terlipat, tidak sobek, tidak menempel karena staples, dll. Nominal uang yang bisa disetor yaitu Rp20.000,00, Rp50.000,00, dan Rp100.000,00. Meski beda nominal bisa dimasukkan sekaligus. Mesin bisa mengenali dan menghitung dengan benar.

Tidak hanya nominal uang, mesin setor tunai BCA juga bisa mengenali uang asli. Jadi jangan pernah memasukkan uang palsu atau kertas biasa ke dalam box. Jika Anda tetap mencoba, box akan membuka dan Anda diminta untuk mengambil kembali seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jumlah minimal uang yang bisa disetor tunai ialah selembar Rp20.000,00. Namun maksimalnya tergantung jenis kartu ATM yang digunakan. Kartu ATM silver/blue Rp15.000.000,00, kartu ATM gold Rp30.000.000,00, dan kartu ATM Platinum Rp50.000.0000,00. Limit ini dihitung per hari. Jika Anda ingin menabung lebih banyak bisa melalui teller di kantor cabang BCA terdekat.

Leave A Reply

Navigate