Cara Registrasi dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA via ATM dan Customer Service

SMS banking BCA kurang dapat diandalkan. Hal itu karena tidak bisa untuk transaksi transfer, baik sesama ataupun antar-bank. Bagaimanakah bila nasabah ingin mentransfer dana menggunakan handphone? Mau tidak mau harus mengaktifkan layanan mobile banking BCA juga. Dengan layanan yang biasa disingkat m-BCA itu, mereka akan bisa transfer tanpa harus ke ATM ataupun teller.

Antara SMS banking BCA dan m-BCA memang terdapat perbedaan. Transaksi SMS BCA menggunakan metode SMS. Sedangkan mobile banking BCA menggunakan menu SIM-card. Prosesnya lebih simpel karena tinggal klik dan klik. Selain itu, tidak perlu mengetik format kode SMS yang sulit dihafal itu. Sehingga kesalahan transaksi dapat diminimalkan.

Baca juga: Format kode SMS banking BCA untuk transaksi transfer tidak ada, ini solusinya!

Nomor ponsel yang sudah teregistrasi SMS banking BCA bukan berarti otomatis terdaftar layanan m-BCA. Agar dapat menikmati fitur ini nasabah harus mendaftarkan nomor ponselnya lagi. Caranya hampir sama, bisa via ATM ataupun customer service pada kantor cabang BCA terdekat. Proses detailnya akan dijelaskan banksentral.com berikut ini.

Cara Daftar atau Mengaktifkan m-BCA Melalui ATM

Cara ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, bisa dilakukan kapan saja. Seperti kita tahu bahwa ATM beroperasi 24 jam nonstop. Kedua, tidak harus mendatangi dan antre di kantor cabang BCA. Berdasarkan pengalaman pribadi, di sana selalu ramai. Apalagi pada hari dan tanggal tertentu.

Langsung saja, cara registrasi atau mengaktifkan mobile banking BCA melalui ATM ialah sebagai berikut:

  1. Cari ATM BCA terdekat yang berfungsi normal, tidak rusak fisik ataupun eror.
  2. Masukkan kartu ATM atau Paspor BCA Anda.
  3. Masukkan PIN ATM seperti biasanya.
  4. Cari dan pilih menu “Daftar e-banking/Autodebet”. Menu ini biasanya terletak di pojok kiri.
  5. Muncul sub-menu berikutnya. Temukan dan klik menu “Mobile banking”.
  6. Layar memunculkan tulisan pemberitahuan bahwa Anda akan mengaktifkan mobile banking BCA dan PIN yang akan Anda buat tidak boleh diberitahukan kepada orang lain.
  7. Di bawah peringatan itu ada pilihan “Lanjutkan”. Anda pilih dengan pencet tombol di sampingnya.
  8. Muncul kolom yang Anda harus isi dengan nomor hp yang akan digunakan untuk transaksi m-BCA.
  9. Pada layar muncul pertanyaan apakah Anda sudah yakin mengisi dengan nomor handphone yang benar. Pilih YA jika sudah.
  10. Muncul kolom lagi. Kali ini Anda harus mengisinya dengan PIN mobile banking BCA. PIN ini Anda tentukan sendiri. Bisa disamakan dengan PIN ATM atau bikin baru lagi. Terdiri dari enam digit.
  11. Masukkan ulang PIN m-BCA dengan benar.
  12. Layar memunculkan tulisan bahwa proses registrasi m-BCA telah sukses.
  13. Mesin mengeluarkan struk sebagai bukti.

Cara Daftar atau Mengaktifkan Mobile Banking BCA Melalui Customer Service

Registrasi m-BCA melalui CS tidak fleksibel seperti di ATM. Di sini, Anda harus mengurusnya pada jam kerja: pukul 07.30–16.00, hari Minggu dan tanggal merah hari besar nasional tutup. Selain itu, jarak lokasi belum tentu dekat dan setelah sampai di sana kadang masih harus antre.

Walau demikian, bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Jika Anda meregistrasikan mobile banking melalui customer service, semua proses akan dikerjakan olehnya. Anda tinggal menunggu sambil duduk manis, bikin PIN mobile banking BCA, dan m-BCA Anda akan segera jadi serta langsung dapat digunakan.

Namun, ada beberapa syarat yang harus Anda bawa sebelum mendatangi kantor cabang BCA untuk menemui customer service. Syarat-syarat yang dimaksud yaitu kartu identitas atau KTP, buku tabungan, kartu ATM/Paspor BCA, dan tentu saja nomor GSM dengan kondisi aktif. Semua itu harus ditunjukkan ke customer service sebagai bukti bahwa Anda benar-benar pemilik rekening tersebut.

Baca juga: Cara blokir SMS banking BCA agar tidak aktif lagi

Lebih Baik Mengaktifkan Mobile Banking m-BCA Melalui Customer Service daripada ATM

Jika keduanya harus dibandingkan, maka hasilnya lebih baik meregistrasikan melalui customer service. Alasannya karena transaksi pada m-BCA dikelompokkan menjadi dua: transaksi nonfinansial dan transaksi finansial. Mengaktifkan lewat ATM hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Sedangkan lewat customer service bisa semua.

Yang dimaksud dengan transaksi nonfinansial contohnya cek saldo, mutasi rekening, info bunga, info kurs, dan informasi lain. Sedangakn transaksi finansial ialah transaksi yang melibatkan perpindahan dana. Contohnya transfer, payment, dan e-commerce.

Rekening tabungan BCA dapat diaktifkan fitur mobile banking-nya kapan pun. Maksudnya, bisa diurus selang jadi sehari, seminggu, sebulan, bahkan lebih dari setahun. Namun, saran saya aktifkanlah pada saat pembuatan rekening (bareng). Hal ini diperbolehkan. Keuntungannya ialah tidak perlu bolak-balik ke kantor cabang bank.

Cara Aktivasi Mobile Banking m-BCA pada Ponsel

Usai nomor hp Anda sukses teregistrasi dengan cara di atas, bukan berarti ponsel langsung bisa digunakan untuk transaksi. Masih ada satu proses lagi yang harus dilakukan, yaitu aktivasi mobile banking BCA pada handphone yang akan digunakan. Caranya ialah sebagai berikut:

Pertama, pastikan nomor teregistrasi sudah terpasang pada ponsel. Kemudian, cari menu SIM-card. Jika Anda menggunakan nomor operator XL, m-BCA dapat ditemukan pada menu Life In Hand/Layanan Data/XL Life. Pada kartu Indosat (Mentari, IM3, Matrix) berada di menu M3 Access. Dan pada Telkomsel (Simpati, AS, Kartu Halo) di T-SEL Menu.

Setelah ketemu dan menu diklik, akan muncul sub-menu lainnya. Ikuti panduan berikut agar aktivasi mobile banking m-BCA pada ponsel Anda berhasil.

  1. Pilih “m-BCA” dan tekan OK/YES;
  2. Pilih menu “m-Admin” dan tekan lagi OK/YES;
  3. Muncul tulisan “Saya telah membaca & setuju syarat & ketentuan m-BCA serta menggunakan No. HP ini sebagai ID saya”, Tekan OK/YES lagi sebagai tanda menyetujui;
  4. Masukkan nomor yang tertera pada permukaan depan kartu ATM atau Paspor BCA Anda (umumnya terdiri dari enam digit);
  5. Masukkan PIN m-BCA Anda dan tekan OK/YES;
  6. Aktivasi mobile banking BCA di ponsel telah sukses.

Baca juga: Cara mengganti nomor telepon pada SMS banking BCA karena terblokir, hangus, atau hp hilang

Jika Anda sudah melakukan semua tahap di atas dan ternyata menu SIM-card tidak ada pilihan transaksi finansial (transfer, payment, dan e-commerce), artinya SIM-card yang Anda gunakan belum mendukung m-BCA. Jika mengalami ini, solusinya ialah ganti SIM-card dengan yang sudah ready mobile banking BCA.

Yang saya maksud mengganti SIM-card bukan beli kartu perdana baru di konter. Melainkan, ganti ke XL Center jika nomor Anda XL; ke Galeri Indosat jika nomor Anda Mentari, IM3, atau Matrix; dan ke GraPARI jika nomor Anda Simpati, AS, atau HALO. Katakan kepada petugas di sana bahwa Anda butuh ganti ke kartu m-BCA ready tetapi dengan nomor hp yang tetap sama.

Leave A Reply

Navigate