Cara mengubah User ID dan Password BNI Internet Banking

Salah satu cara aman menggunakan BNI Internet Banking ialah ganti Password berkala. Anjurannya minimal tiga bulan sekali. Lebih dari itu kadang tidak apa-apa. Namun semakin sering semakin baik.

Bagaimana dengan User ID? Ia juga untuk login. Memang bank menganjurkannya Password doang. Namun saat User ID diketahui orang, saran banksentral.com segera ubah agar beda dengan yang lama.

Dengan diganti, User ID dan Password lama menjadi tidak berlaku. Sehingga orang yang mengetahui tidak bisa login karena eror. Alhasil akun BNI Internet Banking Anda tetap aman. Saldo juga tidak berkurang.

Soal cara tidak perlu dikhawatirkan. Mengubah User ID dan Password I-Bank BNI sangat mudah. Kita tidak perlu ATM ataupun ke bank. Online menggunakan handphone atau laptop dari rumah sudah bisa.

Apa itu User ID? Bagaimana cara mendapatkannya?

Mari bahas User ID dulu. Sekadar informasi buat yang belum tahu. Ia merupakan identitas nasabah untuk login mengakses rekening. Terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Panjangnya antara 6—12 karakter.

Contoh User ID misalnya ANDINI1012 Cara mendapatkannya dengan registrasi I-Banking BNI. Saat itu ada tahapan Anda diminta membuat User ID. Bebas, yang penting tidak mudah ditebak orang.

Usai memiliki User ID, bersama Password bisa login Internet Banking. Dengannya, Anda dapat mengakses tabungan tanpa ATM atau bank. Sehingga cek saldo, transfer, pembelian, dll. bisa menggunakan gadget.

Cara ganti User ID BNI Internet Banking

User ID harus diingat. Kalau lupa susah cara mengetahuinya. Tidak bisa dengan online dari rumah, melainkan harus datang ke kantor cabang bank. Ke sana wajib bawa persyaratan yang ditentukan.

Sedangkan mengubah, caranya lebih mudah selama Anda tahu User ID yang sekarang. Cukup gunakan browser dan koneksi internet. Tidak harus komputer meja, laptop, atau tablet, pakai hp pun bisa.

Menu ADMINISTRASI
Menu ADMINISTRASI
  • Muncul submenu UBAH USER ID
Ubah User ID
Ubah User ID
  • Bikin User ID baru. Lalu tekan tombol “Lanjut” di bawahnya.
Buat User ID baru
Buat User ID baru
  • Konfirmasi dengan otorisasi challenge token (APPLI 2) dan klik tombol “Lanjut”.
Konfirmasi ubah User ID
Konfirmasi ubah User ID
  • Berhasil
User ID berhasil diubah
User ID berhasil diubah

Catatan: Gambar di atas menggunakan hape. Buat pengguna browser desktop, pada laman utama setelah login kliklah menu PROFIL. Submenu UBAH USER ID ada di situ.

Apa itu Password? Bagaimana cara mendapatkannya?

Password adalah sandi rahasia. Ia buat login bersama User ID. Keduanya harus dirahasiakan. Jangan dikasih tahu kepada orang lain. Jika mereka tahu, bisa login dan “mengobok-obok” tabungan Anda.

Cara mendapatkan Password sama dengan User ID, yaitu registrasi atau aktivasi BNI I-Banking. Anda bebas menentukan kombinasi huruf dan angkanya. Paling penting jumlah antara 8—12 karakter.

User ID dan Password Internet Banking BNI beda dengan Mobile Banking. Meski demikian bisa disamakan. Namun begitu ada efek buruknya. Jika satu ketahuan otomatis satu lainnya juga iya.

Cara mengubah Password BNI Internet Banking

Sama halnya User ID, cara ganti Password Internet Banking BNI sangat mudah. Caranya cukup menggunakan smartphone atau laptop. Sehingga tidak perlu ATM atau mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

  • Login https://ibank.bni.co.id/ menggunakan User ID dan Password terkini
  • Pilih menu PROFIL pada navigasi atas
Pilihan ubah Password
Pilihan ubah Password

– Ada kolom scroll. Pilihlah submenu UBAH PASSWORD
– Klik tombol “OK” (nomor 3)

  • Muncul form untuk mengganti Password lama ke baru
Form ganti Password baru
Form ganti Password baru

– Kolom pertama diisi dengan Password saat ini.
– Kolom kedua untuk memasukkan Password baru.
– Kolom terakhir buat konfirmasi.

  • Tekan tombol “Ubah” dan berhasil seperti gambar berikut:
Password berhasil diubah
Password berhasil diubah

Catatan: Tutorial gambar di atas menggunakan laptop. Jika Anda pakai hp pilihlah menu ADMINISTRASI pada laman utama setelah login. Submenu UBAH PASSWORD LOGIN ada di situ.

Kesimpulan

Mengubah User ID dan Password BNI Internet Banking lebih mudah daripada cara mengetahuinya saat lupa. Anda hanya butuh login dan cari menu Profil (versi desktop) atau Administrasi (versi mobile).

Jadi, penggantian User ID dan Password dari lama menjadi baru tidak perlu ATM, telepon BNI Call Center, ataupun mengunjungi bank. Online menggunakan hp atau laptop di rumah sudah bisa.

Soal biaya bisa dibilang gratis. Anda tidak perlu meterai 10 ribu untuk ditempel pada formulir pengajuan ataupun pulsa buat menelepon BNI Call. Media yang diperlukan hanya koneksi internet dan browser.

Pengubahan User ID dan Password tidak mempengaruhi apa-apa. Fitur e-Banking lain tetap aktif. Nomor rekening dan kartu ATM tidak berubah. Begitu juga dengan saldo, jumlah masih utuh alias tidak berkurang.

Leave a Reply