Cara Menggunakan Kartu ATM BCA untuk Tarik Tunai

Salah satu keuntungan menabung di BCA yaitu mendapatkan fasilitas kartu ATM yang bisa digunakan tarik tunai tanpa harus datang ke bank. Kartu ATM-nya bisa dipakai di ATM mana dan kapan saja selama 24 jam. Bukan hanya di ATM BCA, di ATM bank lain juga bisa. Bahkan di ATM luar negeri pun tidak masalah.

Tarik tunai menggunakan kartu ATM BCA di ATM mana saja caranya hampir sama. Jika Anda terbiasa mengoperasikan komputer ataupun smartphone pasti langsung bisa memakai ATM meskipun baru pertama kali. Paling tidak, meskipun dengan sedikit kebingungan, tujuan Anda mengambil uang lewat ATM akan berhasil.

Begitu juga dengan jenis kartu ATM yang digunakan. Baik warna silver/blue, gold, platinum, atau apa saja prosesnya tidak beda. Perbedaan hanya terletak pada limit atau batas maksimal uang yang bisa ditarik. Lebih lengkap soal limit akan dijelaskan banksentral.com pada bagian paling bawah.

Cara Ambil Uang atau Tarik Tunai Melalui ATM BCA

Karena gampang maka tulisan ini dikhususkan kepada yang belum mengerti saja. Tahap-tahap ambil uang cash dari tabungan BCA melalui ATM ini akan di jelaskan dengan detail dan lengkap. Bahkan ditambahkan gambar agar lebih mudah dimengerti.

1. Cari ATM

Meskipun bisa menggunakan ATM bank lain, usahakanlah ATM dari BCA saja. Tujuannya agar transaksi tarik tunainya gratis. Jika menggunakan ATM bank lain (jaringan ATM Prima dan ATM bersama) bisa dikenakan tambahan biaya sebesar Rp7.500,00 per transaksi. Bila ingin digunakan di luar negeri carilah ATM yang ada logo Cirrus.

2. Masukkan Kartu, Pilih Bahasa, dan Input PIN

Masukkan kartu ATM ke mesin dengan benar. Posisi jangan sampai salah: Bagian yang ada pita magnetik hitam berada di bawah. Bagaimana dengan ujung yang dimasukkan dulu/depan? Silakan lihat gambar di samping.

cara memasukkan kartu ATM BCA dengan posisi yang benar
cara memasukkan kartu ATM BCA dengan posisi yang benar

Cara memasukkannya tidak perlu didorong dengan keras. Bila posisi sudah benar, kartu ATM akan tertarik otomatis. Namun jika salah, pintu lubang tidak mau terbuka. Hal ini bisa otomatis karena mesin memiliki sensor. Jika sedang eror dan dimasuki kartu dengan posisi salah bisa menyebabkan tertelan (kartu tidak bisa keluar).

Setelah kartu diterima mesin, layar ATM menampilkan pilihan dua bahasa: Indonesia dan Inggris. Karena kita orang Indonesia yang cinta bahasa sendiri maka pilih saja bahasa Indonesia. Kemudian mesin akan meminta PIN. Masukkanlah PIN ATM dengan benar. Jika salah lebih dari tiga kali bisa menyebabkan kartu terblokir.

3. Pilih Nominal atau Transaksi Lainnya

Setelah input PIN dengan benar, layar ATM menampilkan banyak nominal uang yang bisa Anda pilih. Misalnya 100.000, 200.000, 500.000, 1.000.000, 1.500.000, 2.000.000, dan 2.500.000. Jika Anda butuh ambil uang dengan jumlah yang tertera itu, langsung saja pilih salah satu dengan menekan tombol di samping angka.

Cara di atas adalah cara penarikan uang tunai di ATM dengan metode cepat. Setelah nominal dipilih, uang dan kartu akan keluar dari tempatnya masing-masing. Keduanya bisa langsung diambil dan kemudian pergi. Anda tidak mendapatkan struk dan tidak melihat jumlah sisa saldo terakhir. Jika ingin mendapatkan struk, bisa pakai cara kedua di bawah ini.

Pada saat layar ATM menampilkan nominal-nominal, pilihlah menu Transaksi Lainnya. Pilihan ini berada di pojok paling bawah. Setelah diklik akan muncul submenu lain. Pilihlah Penarikan Tunai. Maka Anda akan bisa menentukan sendiri jumlah nominal dengan mengetikkan papan tombol PIN. Jumlah nominal yang ditik harus kelipatan 50.000 atau 100.000 tergantung isi uang yang tersedia dalam mesin.

4. Konfirmasi Jumlah Nominal dan Ambil Uang

Di bawah tempat Anda memasukkan nominal, ada dua pilihan: Benar dan Salah. Tekan Benar jika angka yang Anda tik benar, sehingga proses bisa dilanjutkan. Tunggu sebentar saat mesin sedikit berisik. Suara tersebut merupakan pertanda sedang menghitung uang untuk Anda. Tempat uang keluar berada agak ke bawah dari layar.

Setelah uang Anda ambil, layar ATM akan menampilkan pilihan apakah Anda mau transaksi lagi atau tidak. Tekan Tidak dan mesin akan mengeluarkan kartu ATM dan struk. Struk ini berisi rincian transaksi yang barusan Anda lakukan. Seperti jumlah uang yang ditarik serta saldo yang tersisa. Jangan lupa untuk ambil kembali kartu ATM sebelum meninggalkan mesin.

Baca lainnya: Cara Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu ATM BCA

Limit Tarik Tunai ATM BCA

Meskipun Anda bisa mengetik nominal sebanyak-banyaknya, yang akan diproses ialah yang di bawah limit transaksi penarikan tunai. Batas maksimal atau limit tarik tunai ini berdasarkan jenis kartu ATM yang digunakan. Seperti kita tahu kartu ATM BCA bermacam-macam. Bukan hanya warna silver/blue, gold, dan platinum, melainkan juga kartu ATM Xpresi, TabunganKu, Simpel, dll.

Masing-masing kartu di atas memiliki limit penarikan tunai per hari berbeda: ada yang maksimal Rp7.000.000,00 dan Rp10.000.000,00. Jika hari ini tarik tunai Anda sudah mencapai limit maka harus menunggu besok untuk bisa tarik tunai kembali. Kalau tetap butuh hari ini bisa tarik tunai melalui teller di kantor cabang BCA terdekat.

Berikut adalah tabel limit tarik tunai kartu ATM BCA:

 Jenis kartu Limit tarik tunai per hari
 Paspor BCA Silver/Blue Rp7.000.000,00
 Paspor BCA Gold Rp10.000.000,00
 Paspor BCA Platinum Rp10.000.000,00
 Paspor BCA Dollar Rp10.000.000,00
Paspor BCA lain sama seperti Paspor BCA Silver/Blue

Lain-Lain

Kartu ATM BCA atau Paspor BCA dapat dipakai tarik tunai di semua ATM BCA seluruh Indonesia. Bahkan dipakai di ATM bank lain pun tidak masalah. Hal ini karena baik BCA maupun bank lain di Indonesia sudah termasuk anggota jaringan ATM Prima dan ATM Bersama. Meski begitu, dapat dikenakan biaya tambahan Rp7.500,00 jika digunakan di ATM bank lain (beberapa ada yang gratis).

Begitu juga saat dipakai di ATM luar negeri. Kartu ATM BCA dapat digunakan tarik tunai di negara lain selama mesin memiliki logo Cirrus. Lembaran uang yang akan keluar mengikuti mata uang resmi negara sana (tergantung isi mesin) meskipun tabungan BCA Anda rupiah. Biaya per transaksi lebih mahal, bisa mencapai Rp25.000,00.

Secara teknis kartu ATM BCA Anda (warna silver/blue, gold, dan platinum; jenis lain belum tentu) memang bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM luar negeri. Akan tetapi biasanya harus diaktifkan layanannya dulu. Caranya gampang: datang saja ke kantor cabang BCA terdekat untuk menemui customer service. Nanti dia yang akan mengaktifkan.

Leave A Reply

Navigate