Cara Mengganti User ID Internet Banking BCA (KlikBCA)

User ID adalah sebuah username yang bersama PIN KlikBCA bisa digunakan untuk login internet banking BCA. Susunan huruf ataupun angka user ID terbentuk secara otomatis saat Anda mendaftarkan internet banking BCA via ATM. Saat itu mesin akan mengeluarkan struk berisi user ID Anda.

Dengan alasan tertentu mungkin Anda butuh mengubah user ID Anda. Hal ini diperbolehkan saja. Terutama jika alasannya lupa sehingga saat dimasukkan buat login salah dan akhirnya terblokir. Namun jika alasannya cuma iseng atau hal tidak penting lain, akan tampak konyol. Mengapa? Karena mengganti user ID KlikBCA lumayan merepotkan.

Bagaimana tidak merepotkan, mengubah user ID tidak seperti ganti PIN KlikBCA yang bisa Anda lakukan sendiri menggunakan menu Administrasi pada internet banking BCA. Mengganti user ID KlikBCA harus dikerjakan pihak bank. Anda bisa minta bantuannya melalui dua cara: menelepon HaloBCA dan mendatangi customer service di kantor cabang BCA.

Cara Mengganti User ID KlikBCA dengan Menelepon Halo BCA

Cara mengubah user ID KlikBCA yang pertama ini ialah dengan menghubungi Halo BCA dengan nomor 1500888. Nomor ini bisa ditelepon menggunakan telepon rumah (PSTN) ataupun handphone. Jika memakai ponsel, saran banksentral.com sediakan pulsa yang banyak. Tujuannya agar tidak kehabisan di tengah percakapan.

Saat terhubung, petugas HaloBCA akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk kepentingan validasi data bahwa penelepon benar-benar pemilik rekening BCA. Beberapa pertanyaan ini misalnya nama pemilik rekening, nomor rekening, nomor kartu ATM atau Paspor BCA, nama ibu kandung pemilik rekening, perkiraan jumlah saldo terakhir, dan lain sebagainya.

Sebelum menelepon, saran saya ialah Anda siapkan buku tabungan dan kartu ATM di tangan. Dengan begitu Anda bisa menjawab pertanyaan dengan tepat dan cepat. Sehingga Anda tidak memerlukan pulsa lebih banyak. Jawaban Anda tentunya juga lebih meyakinkan. Pihak HaloBCA pun tidak ragu untuk segera memproses permintaan penggantian user ID KlikBCA Anda.

Namun, perlu diingat Halo BCA tidak bisa mengubah user ID BCA secara langsung. Ia hanya bisa menghapus user ID saja. Setelah terhapus, Anda bisa mendaftar atau registrasi internet banking BCA ulang melalui ATM. Hasilnya pun Anda mendapatkan user ID baru. Sedangkan user ID lama yang Anda ingin ganti itu sudah tidak berlaku lagi.

Silakan baca juga: Cara daftar internet banking BCA melalui ATM dan customer service

Cara Mengubah User ID Internet Banking BCA Melalui Customer Service

Cara ganti user ID internet banking BCA yang kedua ini melalui customer service. Anda bisa menemui salah satu dari mereka di kantor cabang BCA. Tidak harus cabang tempat Anda dulu bikin rekening. Cabang manapun bisa asal BCA. Jadi, saran saya datangi saja yang paling dekat atau yang sepi agar tidak antre panjang.

Ada syarat yang harus Anda bawa dari rumah sebelum Anda mendatangi CS untuk meminta penggantian user ID. Syarat yang dimaksud yaitu kartu identitas, buku tabungan, dan kartu ATM. Syarat ini dibutuhkan sebagai bukti bahwa Anda pemilik rekening tersebut. Kartu identitasnya bisa berupa KTP, SIM, atau Paspor.

Jika syarat lengkap dan Anda terbukti pemilik asli rekening, CS akan langsung memproses pengubahan user ID KlikBCA yang Anda minta. Semua proses dari awal sampai akhir dikerjakan oleh customer service. Anda hanya butuh menunggu sambil sesekali diminta bikin PIN KlikBCA. Tenang, tidak lama, sekira 15 menit biasanya sudah selesai.

Cara Aktivasi KeyBCA Agar Bisa Digunakan Transaksi Finansial Seperti Semula

Mengganti user ID KlikBCA melalui customer service biasanya sudah langsung beres semua. Sedangkan jika melalui menelepon Halo BCA dan kemudian dilanjut registrasi sendiri via ATM, ada beberapa hal yang masih harus Anda kerjakan. Contohnya, login pertama kali dan aktivasi KeyBCA agar bisa digunakan untuk transaksi finansial maupun nonfinansial kembali seperti semula.

Namun, tidak menutup kemungkinan meskipun diurus melalui customer service, KeyBCA belum diaktivasi. Jika ini terjadi, tenang, Anda bisa mengaktifkannya sendiri tanpa perlu bolak-balik datang ke sana lagi. Silakan simak caranya di bawah ini.

Baca juga: Cara ganti PIN internet banking BCA (KlikBCA)

Login internet banking BCA atau KlikBCA pertama kali

Karena user ID dan PIN KlikBCA Anda baru, maka saat login internet banking pertama kali belum keluar menu-menu utama. Saat itu yang muncul berupa tulisan berisi Syarat dan Ketentuan KlikBCA yang harus Anda baca dan patuhi. Jangan panik, ikuti saja prosesnya.

  1. Login KlikBCA yang beralamatkan https://ibank.klikbca.com dengan user ID baru (didapat dari struk ATM yang keluar saat mendaftar ulang internet banking) dan PIN KlikBCA baru (PIN ini juga dibuat saat Anda mendaftar ulang i-banking tadi).
  2. Muncul halaman Syarat dan Ketentuan. Setelah selesai baca, Anda klik tombol “Setuju/Agree“.
  3. Masukkan email Anda dan nomor yang tertera pada kartu ATM Anda (16 digit). Lalu pilih bahasa Indonesia/Inggris.
  4. Selesai. Halaman Syarat dan ketentuan tidak muncul lagi dan berganti dengan menu-menu utama yang bisa Anda pilih untuk transaksi.

Tidak sampai di sini saja. Anda belum aktivasi KeyBCA. Kalau tidak diaktivasi hanya bisa transaksi nonfinansial (cek saldo, mutasi rekening, dan informasi lain). Sedangkan transaksi finansial seperti transfer, payment, e-commerce, dll. belum bisa. Agar bisa, aktivasilah KeyBCA seperti tutorial berikut.

Cara aktivasi KeyBCA

  1. Login kembali untuk masuk ke akun KlikBCA Anda.
  2. Jika tadi masih login, cari dan klik menu Administrasi.
  3. Muncul submenu lain. Klik lagi Aktivasi KeyBCA.
  4. Muncul tiga kolom yang harus diisi.
  5. Isilah kolom paling atas dengan nomor kartu ATM Anda.
  6. Isilah kolom kedua dengan nomor seri KeyBCA (dapat ditemukan di belakang token).
  7. Isilah kolom terakhir dengan kode respon APPLI 1 (caranya baca poin 8 berikut ini).
  8. Nyalakan KeyBCA dan masukkan PIN KeyBCA. Tekan tombol angka 1 saat layar KeyBCA menampilkan tulisan APPLI 1. Maka akan muncul kode respon yang dibutuhkan.
  9. Masukkan kode respon itu di laman KlikBCA (pada poin 7 di atas).
  10. Klik tombol Kirim.
  11. Selesai.

Begitulah cara mengganti user ID KlikBCA dengan telepon Halo BCA maupun melalui customer service. Di atas saya sertakan juga cara registrasi ulang internet banking BCA via ATM, login pertama, dan aktivasi KeyBCA-nya. Sehingga internet banking Anda sudah siap digunakan transaksi finansial dan nonfinansial lagi seperti semula.

Selanjutnya baca: Cara mengatasi KeyBCA terblokir akibat PIN salah tiga kali

Leave A Reply

Navigate