Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI yang Lupa

Transaksi menggunakan internet banking BRI sangat aman. Bayangkan saja, untuk login saja Anda diharuskan menggunakan user ID dan password (sandi) yang benar. Sedangkan untuk transaksi finansial dibutuhkan PIN tambahan yang dikirimkan via SMS ke nomor hp Anda yang telah didaftarkan.

Masalahnya adalah: bagaimana jika kita lupa user ID dan password internet IB BRI? Ya, masalah ini bisa saja terjadi. Misalnya karena Anda pelupa, banyak akun, ataupun lama tidak tidak login/digunakan. Cara mengatasinya tidak bisa sendiri. Melainkan harus diganti melalui BRI call center ataupun kantor cabang BRI.

Cara mengganti user ID dan password internet banking BRI yang lupa melalui BRI call center ataupun kantor cabang tidak sama. Selain hasil sedikit berbeda, keduanya memiliki syarat dan prosedur masing-masing. Jika harus dibandingkan, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Cara Ganti User ID dan Password Internet Banking BRI via Call Center

Cara pertama ini memiliki kelebihan fleksibilitas waktu. Anda bisa mengerjakan tidak harus pada hari dan jam kerja. Tengah malam, libur akhir pekan, dan tanggal merah hari besar nasional pun tidak masalah. Yang perlu Anda lakukan hanya menghubungi BRI call center dengan nomor 14017 atau 021-57-987-400.

Menelepon BRI call center menggunakan handphone memerlukan pulsa tidak sedikit. Untuk itu sediakanlah pulsa yang cukup. Tujuannya agar telepon tidak terputus di tengah pembicaraan. Jika sampai iya, sementara user ID dan password internet banking BRI belum berubah, Anda harus mengulangi dari awal.

Saat awal terhubung kemungkinan yang menjawab ialah robot otomatis. Dengar dan ikuti saja petunjuk sampai ada pilihan untuk berbicara dengan customer service. Sebelum pada tahap ini, saya sarankan Anda sediakan KTP, buku tabungan, dan kartu debit atau kartu ATM BRI. Fungsinya akan dijelaskan di bawah.

Untuk memproses permintaan penggantian user ID dan password ibank BRI, CS terlebih dahulu perlu memverifikasi bahwa penelepon benar-benar pemilik rekening sah. Ia akan menanyakan beberapa data kepada Anda. Misalnya nama dan alamat sesuai KTP, nomor rekening, nomor kartu ATM, perkiraan jumlah saldo terakhir, dll.

Setelah semua jawaban yang Anda berikan benar, barulah ia akan melanjutkan proses. Namun perlu diketahui, BRI call center tidak bisa mengganti ataupun mereset user ID dan password. Ia hanya dapat menghapus saja. Setelah terhapus, Anda bisa mendaftarkan ulang internet banking BRI melalui ATM.

Cara mendaftar ulang internet banking BRI via ATM sama persis seperti registrasi pertama dulu. Jika Anda lupa bisa baca lagi tutorialnya di sini. Tidak hanya password, user ID baru pun akan Anda dapatkan. Dari mana? Password bisa Anda bikin sesuai keinginan di ATM. Sedangkan user ID tercetak otomatis pada struk yang dikeluarkan mesin.

Akun internet banking BRI yang diaktifkan hanya melalui ATM cuma bisa melakukan transaksi nonfinansial. Contohnya cek saldo, mutasi rekening, dan sebagainya. Agar bisa digunakan transaksi finansial (transfer dana, pembayaran, pembelian) harus diaktifkan fitur finansialnya melalui customer service di kantor cabang BRI terdekat.

Cara Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI di Kantor Cabang

Cara kedua ini memiliki kelemahan waktu tidak fleksibel. Bayangkan saja, selain harus datang sendiri (tidak bisa diwakilkan), Anda juga harus ke sana pada hari dan jam kerja. Mayoritas kantor cabang BRI pasti tutup saat malam dan hari libur. Selain itu, sesampai di sana tidak jarang masih harus antre panjang.

Meski demikian, mengganti user ID dan password internet banking BRI melalui kantor cabang banyak keuntungannya. Yaitu akun bisa digunakan untuk transaksi finansial dan nonfinansial. Semua proses juga dikerjakan oleh customer service. Anda hanya perlu datang, ambil nomor antrean bagian CS, mengisi formulir, dan kemudian duduk manis menunggu.

Namun, agar permintaan mengganti user ID dan password internet banking BRI disetujui, Anda harus membawa beberapa persyaratan yang diperlukan. Di antaranya yaitu KTP, buku tabungan, kartu ATM, dan nomor hp aktif yang akan digunakan untuk menerima PIN mtoken.

Proses di atas jika berjalan lancar tidak memerlukan banyak waktu. Dari awal sampai akhir hanya kurang dari setengah jam. Selesai itu, Anda akan mendapatkan user ID dan password baru yang bisa digunakan untuk login internet banking BRI. Transaksi yang bisa dilakukan lengkap. Bukan hanya nonfinansial, melainkan juga finansial.

Bagaimana jika user ID dan password internet banking BRI lupa tetapi sudah terlanjur diatasi dengan registrasi ulang via ATM? Anda tetap bisa mendatangi customer service untuk mengaktifkan fitur finansial. Syarat, cara, dan prosesnya hampir sama seperti yang sudah dituliskan di atas.

Biaya Mengganti User ID dan Password Internet Banking BRI

Biaya sebenarnya gratis. BRI tidak mengenakan biaya baik itu mengganti, menghapus, mereset, ataupun daftar ulang internet banking BRI. Begitu juga biaya administrasinya. Antara nasabah yang mengaktifkan dan yang tidak, potongan per bulan tetap sama.

Prosesnya-lah yang memerlukan biaya. Jika Anda menggantinya dengan cara menghubungi call center BRI pasti membutuhkan pulsa. Jumlahnya tidak sedikit. Dari awal percakapan sampai selesai setidaknya butuh 25.000.

Sebaliknya, jika mengganti user ID dan password internet banking BRI melalui customer service di kantor cabang terdekat, Anda harus mengisi formulir. Untuk jaga-jaga siapkanlah uang Rp6.000,00. Selain diisi lengkap, formulir biasanya harus juga ditandatangani di atas meterai senilai uang yang baru saja banksentral.com sebutkan itu.

Leave A Reply

Navigate