Cara mengganti PIN kartu ATM BRI pertama kali, lupa, dan terblokir

Cara mengganti PIN kartu ATM BRI pertama kali, kedua kali, dan seterusnya sama saja. Anda cukup menggunakan ATM yang tersebar di mana-mana. Tidak harus pada hari dan jam kerja. Seperti kita tahu Automatic Teller Machine dapat berfungsi 24 jam selama tidak rusak/eror ataupun listrik mati.

Mengubah PIN kartu ATM tidak hanya diperlukan saat baru bikin dan digunakan pertama kali. Saat lupa dan terblokir akibat salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali pun harus diurus segera. Namun, tentu caranya berbeda. Jika tadi bisa di ATM, kasus yang ini harus datang ke kantor cabang BRI.

Seandainya kartu ATM sedang digunakan dan tiba-tiba di layar muncul pesan menyuruh ganti PIN, saat itu juga harus dilakukan. Jika tidak, kartu tidak bisa digunakan untuk transaksi. Kartu jangan sampai terblokir. Karena layanan e-channel seperti SMS banking, mobile banking, dan internet banking bisa ikut tidak bisa digunakan.

Cara ganti PIN kartu ATM BRI

Proses mengganti PIN kartu ATM pertama kali dan seterusnya bisa sedikit berbeda. Tergantung PIN sebelumnya. Jika saat pembuatan kartu, Anda mengetik PIN sendiri di mesin EDC customer service, maka PIN tidak perlu diganti. Namun tetap dianjurkan untuk mengganti lagi secara berkala maksimal tiga bulan sekali.

Akan berbeda jika mendapatkan PIN pertama dalam bentuk amplop. (Beberapa orang menyebutnya PIN standar. Padahal sama-sama nomor acak). Maka Anda wajib menggantinya setelah 1×24 jam. Bagaimana caranya? Ikuti petunjuk yang disertai gambar berikut ini.

Langkah-langkah mengubah PIN seperti gambar di bawah ini berlaku untuk semua tipe kartu ATM BRI. Baik Private Label, Classic, Gold, Premium, Junio, valas, ataupun BritAmaX. Sekadar mengingatkan, perbedaan kartu-kartu itu tergantung jenis rekening tabungan. Bisa BritAma, Simpedes, Junio, maupun BritAma Dollar.

Gambar cara mengubah PIN kartu ATM

Sebelumnya, pastikan dulu bahwa Anda ingat PIN lama atau memiliki PIN standar. Kemudian tentukan PIN baru (terdiri dari enam digit juga). Anda bebas memilih angka. Namun, hindarilah nomor urut dan sama/kembar. Contoh 123456, 543210, 111111, 333333, dll.

Selanjutnya, cari ATM BRI terdekat. Setelah memastikan mesin normal dan aman, masukkanlah kartu BRI ke lubang yang berada di samping kanan layar. Posisi kartu yang benar ialah bagian pita magnetik hitam berada di bawah. Sedangkan tanda panah/segitiga, di depan alias masuk dulu. Silakan cek gambar.

Posisi masuk kartu ATM BRI
Posisi masuk kartu ATM BRI

Kartu BRI diterima. Layar minitor menampilkan dua pilihan bahasa: Indonesia dan Inggris. Silakan pilih salah satu dengan memencet tombol disampingnya. Contoh pada gambar di bawah ini menggunakan bahasa Indonesia.

Pilihan bahasa pada ATM
Pilihan bahasa pada ATM

Setelah dipencet, layar menampilkan laman seperti ini. Artinya, Anda diminta untuk memasukkan PIN. Gunakanlah PIN lama atau PIN standar dulu. Tikkan dengan benar memakai papan tombol yang terletak di bawah layar.

Memasukkan PIN kartu ATM
Memasukkan PIN kartu ATM

Layar menampilkan berbagai macam menu. Cari dan pilih Transaksi Lain.

Menu Transaksi Lain ATM
Menu Transaksi Lain ATM

Muncul beberapa submenu. Karena kita akan mengganti PIN maka pilihlah Ubah PIN.

Submenu ubah PIN kartu ATM
Submenu ubah PIN kartu ATM

Pada tahap ini, masukkanlah PIN baru yang sudah ditentukan tadi. Mesin kadang meminta Anda mengulangi input PIN baru sekali lagi (tergantung mesin). Namun, jika layar sudah menampilkan penampakan seperti gambar di bawah, artinya penggantian PIN kartu ATM BRI dari lama menjadi baru telah berhasil.

Penggantian PIN kartu ATM berhasil
Penggantian PIN kartu ATM berhasil

Tekan pilihan Tidak jika tidak membutuhkan transaksi lain. Secara otomatis mesin akan mengeluarkan kartu ATM BRI Anda dan kertas struk bukti penggantian PIN.

Cara membuat PIN kartu ATM yang baik dan aman

Kepanjangan PIN adalah personal identification number. Terdiri enam digit angka dan berfungsi mengamankan kartu ATM. Sehingga kartu debit itu tidak bisa disalahgunakan (transfer, saldo dikuras) orang tidak bertanggung jawab selama tidak memiliki PIN-nya. Maka dari itu buatlah PIN yang susah ditebak dan jangan dikasih tahu kepada siapapun.

Contoh PIN kartu ATM yang tidak mudah ditebak orang yaitu terdiri dari nomor acak. Hindari angka urut, kembar, sesuai tanggal dan tahun lahir, serta sama dengan nomor telepon. Jika ingin mencatat di kertas dan disimpan, tempatkalah secara terpisah. Paling penting jaga kerahasiaannya.

Cara pembuatan PIN seperti di atas menjadikan beberapa orang sering lupa PIN kartu ATM miliknya sendiri. Kartu tersebut akan otomatis terblokir bila saat digunakan menggunakan nomor PIN asal dan salah melebihi batas tiga kali. Kalau sudah begini, cara menanganinya ialah sebagai berikut.

Syarat dan cara mengganti PIN kartu ATM BRI yang lupa dan terblokir

Anda tidak bisa mengubah PIN kartu ATM yang telah lupa dengan cara seperti gambar di atas. Bagaimanapun, mengganti menjadi PIN baru diperlukan PIN lama. Sekalipun sudah ingat lagi, tetap tidak bisa jika kartu ATM terlanjur terblokir. Agar bisa digunakan kembali mau tidak mau harus di-reset atau unblock.

Proses reset PIN kartu ATM BCA bisa dilakukan menggunakan hp, yaitu telepon call center. Namun untuk BRI harus dikerjakan oleh customer service yang berada di kantor cabang bank. Datangilah ke sana dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan. Yaitu:

  1. Kartu identitas berupa KTP, SIM, atau paspor
  2. Buku tabungan BRI
  3. Kartu ATM yang terblokir

Selain kelengkapan syarat, Anda juga harus datang sendiri/tidak bisa diwakilkan. Tidak harus ke cabang bank atau unit BRI tempat dulu buka rekening, mana saja bisa asalkan masih BRI. Jadi, pilihlah yang terdekat atau sepi agar tidak antre panjang.

Proses penggantian PIN kartu ATM di cabang BRI tidak membutuhkan waktu lama. Cukup 10–20 menit. Khusus masalah terblokir yang membutuhkan re-issue PIN baru dikenakan biaya Rp5.000,00. Sedangkan ganti PIN biasa yang dilakukan sendiri di ATM, gratis, meskipun Anda melakukannya berkali-kali dan berkala.

Terima kasih kepada Naga Biru dan Emiscara untuk gambarnnya.

Leave A Reply

Navigate