SMS banking BCA dapat mengganti sedikit fungsi ATM. Beberapa transaksi yang bisa dilakukan misalnya cek saldo, beli isi ulang pulsa, mutasi rekening, dan sebagainya. Transaksi-transaksi ini dapat nasabah lakukan hanya dengan handphone di rumah. Jadi tidak perlu mendatangi ATM yang terletak di pinggir-pinggir jalan.

Dengan memiliki rekening dan kartu ATM tidak berarti langsung bisa menikmati fasilitas SMS banking BCA. Agar nomor telepon Anda dapat digunakan, terlebih dahulu harus diregistrasi melalui ATM atau customer service. Transaksi akan berhasil jika menggunakan nomor yang sudah aktif teregistrasi. Nomor lain atau sembarangan tidak bisa.

Baca juga: Format kode SMS banking transfer tidak ada, ini solusinya!

Bagaimana jika nomor telepon yang sudah terdaftar tadi ingin diganti? Pihak BCA sendiri memahami biar bagaimanapun nomor handphone bisa saja terbuang, hilang, hangus, terblokir, atau ikut tercuri bersama hp oleh orang lain. Jadi, bisa-bisa saja nomor SMS banking BCA diganti selama diproses sesuai prosedur. Dan untuk mengurusnya ialah sebagai berikut.

Beberapa Alasan harus Mengubah Nomor HP pada Layanan SMS Banking

Mengganti nomor telepon yang digunakan transaksi SMS banking BCA bisa-bisa saja. Biayanya gratis atau tidak dipungut bayaran. Meskipun demikian, mengurusnya menjadi ribet dan membuang waktu kalau Anda kurang tahu cara yang benar. Namun tenang saja, artikel ini akan memberitahukan Anda cara yang simpel dan yang tidak membutuhkan ongkos sedikit pun.

Perlu diketahui bahwa Anda dapat mengganti nomor apa saja pada SMS banking BCA. Sekalipun dulunya…misal Telkomsel dan ingin ganti Indosat, terserah. Jangankan sesama GSM prabayar seperti itu, ganti dengan pindah ke pascabayar dan CDMA pun tidak masalah. Yang penting nomor telepon baru tersebut benar milik Anda dan dalam kondisi aktif.

Kebebasan memilih ini sangat menguntungkan bagi sebagian nasabah. Seperti kita tahu masing-masing operator penyedia SIM-card menerapkan tarif SMS banking BCA berbeda-beda. Kisarannya antara 500–1.675. Sebuah selisih yang lumayan. Bagi yang mempermasalahkan biaya ini jadi bisa ganti ke kartu dengan tarif paling murah.

Namun yang menjadi alasan banyak nasabah ganti nomor telepon pada SMS banking bukan soal biaya, melainkan karena nomor lama bermasalah. Bisa saja mereka menggantinya dengan nomor baru tetapi masih provider yang sama. Alasannya mungkin karena nomor lama hilang, terbuang, hangus karena lupa isi ulang pulsa, atau bahkan dicuri bersama handphone-nya.

Baca juga: Biaya tarif SMS banking BCA per transaksi berdasarkan masing-masing opertor SIM-card

Cara Mengganti Nomor Telepon pada SMS Banking BCA

Terdapat dua cara. Pertama, dengan menghubungi Halo BCA dan kedua, dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Masing-masing dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum Anda memutuskan salah satu, tidak ada salahnya membaca banksentral.com dulu sebagai bahan pertimbangan.

Mengganti Nomor Telepon SMS Banking BCA Melalui Halo BCA

Keuntungan mengganti nomor telepon SMS banking BCA dengan menghubungi call center BCA ini ialah lebih fleksibel. Anda bisa mengurusnya kapan dan di manapun. Tidak harus pada jam kerja, tengah malam saat orang-orang tidur pun bisa karena layanan ini 24 jam nonstop. Sedangkan tempatnya bisa telepon dari rumah, kantor, di kamar, dll.

Sedangkan kekurangannya ialah membutuhkan biaya telepon. Anda menghubungi Halo BCA menggunakan telepon rumah (PSTN) mungkin tidak masalah. Namun, jika menggunakan ponsel genggam, harus sediakan pulsa dengan jumlah lumayan agar tidak kehabisan di tengah pembicaraan yang menyebabkan proses penggantian nomor SMS banking BCA gagal.

Kelebihan dan kekurangannya sudah diketahui. Selanjutnya mari kita bahas proses atau caranya. Pertama, dial nomor 1500888. Pada awal telepon terhubung mungkin yang berbicara bukan manusia, melainkan robot. Ikuti dan simak saja omongannya sampai Anda menemukan pilihan untuk berbicara dengan customer service.

Setelah terhubung, barulah Anda bisa mengutarakan tujuan Anda yaitu untuk mengubah nomor telepon pada SMS banking BCA. Sebelum memproses permohonan Anda, CS akan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu guna memverifikasi data bahwa yang menelepon benar-benar pemilik rekening yang dimaksud. Pertanyaan-pertanyaan ini seputar data rekening saja. Seperti nomor rekening, nomor kartu ATM, nama ibu kandung pemilik rekening, perkiraan jumlah saldo, dll.

Jika jawaban Anda benar, barulah CS bisa memproses penggantian nomor SMS banking BCA. Perlu diketahui dia tidak bisa langsung mengganti nomor. Dia hanya bisa memblokir ataupun menghapuskan nomor telepon dari rekening. Anda minta saja hapus. Setelah itu, registrasikan nomor telepon baru Anda melalui ATM sama persis seperti pendaftaran SMS banking BCA saat pertama kali dulu.

Baca juga: Cara meregistrasikan atau mengaktifkan SMS banking BCA via ATM dan customer service

Mengganti Nomor HP pada SMS Banking BCA dengan Mendatangi Kantor Cabang Terdekat

Kelebihan mengganti nomor hp SMS banking BCA dengan cara ini ialah gratis. Anda tidak perlu pulsa yang jumlahnya lumayan itu. Selain itu, semua proses dikerjakan oleh customer service. Anda tinggal menunggu sambil duduk manis. Setelah sukses diganti, nomor langsung bisa digunakan transaksi seperti semula tanpa harus meregistrasikan ulang pada ATM.

Sedangkan kekurangannya ialah Anda harus datang ke kantor cabang bank sendiri tidak boleh diwakilkan. Proses ini hanya dapat dikerjakan pada jam kerja pukul 07.30–16.00, hari Minggu dan tanggal merah hari besar tutup. Setelah sampai sana, kemungkinan masih harus antre. Berdasarkan pengalaman pribadi mengunjungi kantor cabang BCA, antrean CS lebih lama daripada teller.

Oh ya, sebelum datang ke kantor cabang untuk mengganti nomor telepon pada SMS banking BCA, ada beberapa syarat yang harus di bawah yaitu kartu identitas atau KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Persyaratan ini nanti diperlihatkan kepada customer service sebagai bukti bahwa Anda benar-benar pemilik rekening tersebut. Itu saja, untuk biaya di sini tetap gratis.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

2 Comments

  1. Galuh bimo saputra Reply

    Mohon bantuan ibu/bapak yang terhormat saya ingin menganti nomer hp pada aplikasi mobile BCA karena nomer tersebut terblokir, mohon bantuan terima kasih

Write A Comment