Cara mengetahui dan ganti User ID, MPIN, dan Password Transaksi BNI Mobile Banking

Login dan transaksi m-Banking BNI kadang tidak bisa, eror, gagal, bahkan terblokir. Alasannya lupa User ID, MPIN, dan Password. Namun tenang, berikut dijelaskan cara mengetahui dan menggantinya.

Pengaman BNI Mobile Banking setidaknya ada tiga macam: User ID dan MPIN untuk login, serta Password Transaksi buat otorisasi. Ketiganya harus dimasukkan dengan benar. Jika tidak, transaksi pasti gagal.

Tidak hanya gagal, salah tiga kali berturut-turut bahkan membuatnya terblokir. Untungnya, hanya bersifat sementara. Rekening dan saldo tetap aman. Anda pun masih bisa mengaktifkan kembali. Caranya dengan klik “Lupa MPIN / Password Transaksi”.

Lupa MPIN dan Password Transaksi
Lupa MPIN dan Password Transaksi

User ID sedikit berbeda. Jika Anda lupa atau tidak ingat ada cara untuk mengetahuinya. Sayangnya, buat ganti agak susah. Bukan berarti tidak bisa. Hanya sedikit ribet. Sama seperti tulisan yang muter-muter tidak jelas ini.

Lupa User ID BNI Mobile Banking, bagaimana cara mengetahuinya?

Bagi yang belum tahu, User ID adalah identitas rahasia untuk login. Anda bebas membuatnya saat registrasi. Namun ada aturannya juga. Ia harus kombinasi huruf dan angka. Contoh: PUTRAN46.

Karena kombinasi itulah banyak pengguna lupa. Untungnya pihak bank memaklumi. Bahkan memberi solusi cara mengetahui User ID tanpa datang ke kantor cabang. Cukup pakai hp ikutilah langkah-langkah berikut.

Pertama, pastikan nomor hp terdaftar dimasukkan ke dalam ponsel yang ada aplikasi BNI Mobile Banking. Jangan lupa sediakan pulsa minimal 5.000. Tujuannya agar bisa menerima SMS berbayar berisi kode OTP (one time password).

Untuk menghindari kegagalan, hubungkanlah koneksi internet dari kartu SIM tersebut (bukan wifi). Jadi, selain pulsa, siapkan juga kuota data. Sehingga pulsa tidak habis terpotong untuk biaya internet.

Setelah syarat lengkap, bukalah aplikasi BNI Mobile Banking. Pada laman login, silakan klik Lupa User ID.

Lupa User ID
Lupa User ID

Masukkan nomor rekening dan PIN ATM Anda. Lalu klik Lanjut.

Masukkan nomor rekening dan PIN ATM
Masukkan nomor rekening dan PIN ATM

Nomor hp Anda akan mendapat SMS berisi kode. Inputlah angka enam digit itu ke dalam aplikasi BNI Mobile Banking. Jika sudah ditunggu tetapi tidak menerima SMS, silakan klik Kirim Ulang OTP.

Input kode OTP
Input kode OTP

Selesai. Layar smartphone akan menampilkan User ID yang Anda tidak ingat itu.

Mengetahui User ID BNI BNI Mobile Banking
Mengetahui User ID BNI BNI Mobile Banking

Cara ganti User ID BNI Mobile Banking

Seperti dikatakan di atas. Mengubah User ID agak susah. Jangankan lewat aplikasi atau ATM, menelepon BNI call center pun belum tentu berhasil. Biasanya mereka malah menyarankan datang ke kantor cabang.

Jadi, daripada buang-buang pulsa lebih baik langsung menuju ke bank. Sama seperti mengurus lainnya, mengganti User ID Mobile Banking dengan bantuan customer service memerlukan syarat berikut.

  1. KTP/SIM/paspor
  2. Kartu artu debit/ATM
  3. Buku tabungan
  4. Handphone dan nomornya.

Langkah-langkah

  • Kumpulkan syarat yang diperlukan.
  • Bawa ke kantor cabang terdekat.
  • Ambil nomor antre customer service.
  • Saat dilayani, katakan mau ganti User ID m-banking.
  • Mengisi formulir pengajuan.
  • Tidak butuh waktu lama, hanya sekira lima belas menit User ID sudah berubah sesuai keinginan.
  • Selesai.

Cara mengetahui MPIN dan Password Transaksi

Selain User ID, login m-Banking BNI butuh MPIN juga. Ia singkatan dari Mobile PIN (personal identification number). Terdiri dari enam digit angka. Contoh 263916. Anda bisa membuatnya saat aktivasi aplikasi tersebut.

Sedangkan Password Transaksi gunanya untuk otorisasi transaksi finansial. Misal Anda sudah login dan memilih menu transfer. Sebagai bentuk persetujuan untuk memproses, Anda perlu memasukkan sandi tersebut.

Keduanya sama-sama penting. Sayang, jika Anda lupa atau tidak ingat, tidak ada cara untuk mengetahuinya. Baik melalui aplikasi, ATM, telepon BNI Call center, ataupun mengunjungi kantor cabang terdekat.

Namun tidak perlu khawatir. Akun Mobile Banking BNI tidak terkunci selamanya. Anda masih bisa akses. Caranya dengan request MPIN dan Password Transaksi baru. Medianya cukup pakai handphone.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

Lupa MPIN dan Password Transaksi
Lupa MPIN dan Password Transaksi

Pada laman home, tekan Lupa MPIN dan Password Transaksi.

Request MPIN dan Password Transaksi baru
Request MPIN dan Password Transaksi baru

Masukkan User ID, 16 digit nomor kartu ATM, dan pilih Lokasi Negara. Kemudian tekan tombol Ya, Kirim OTP.

SMS OTP BNI Mobile Banking
SMS OTP BNI Mobile Banking

Aplikasi BNI Mobile Banking men-direct ke menu SMS. Kirimkanlah SMS yang sudah ada tulisan tersebut. Pastikan nomor hp memiliki pulsa sehingga Anda mendapat balasan kode OTP.

Memasukkan OTP ke aplikasi BNI m-banking
Memasukkan OTP ke aplikasi BNI m-banking

Masukkan enam angka kode OTP ke aplikasi.

Ganti MPIN dan Password Transaksi BNI Mobile
Ganti MPIN dan Password Transaksi BNI Mobile

Kemudian layar handphone menampilkan formulir untuk Anda membuat MPIN dan Password Transaksi.

Berhasil mengubah MPIN dan Password Transaksi
Berhasil mengubah MPIN dan Password Transaksi

Selesai.

Cara mengubah MPIN dan Password Transaksi

Bukan hanya User ID, ganti MPIN dan Password Transaksi kadang diperlukan. Salah satu tujuannya demi keamanan. Misal sudah diketahui orang. Agar tidak disalahgunakan, Anda wajib mengubahnya.

Kalau ditanya cara, sebenarnya tidak ada. Namun berkat pilihan Lupa MPIN/Password Transaksi seperti dijelaskan di atas, kita bisa membuat baru. Yang beda dan menggantikan fungsi yang lama.

Jadi, tidak perlu menunggu lupa. Kalau mau ganti langsung saja tekan pilihan tersebut pada laman home aplikasi. Anda pun akan mendapat MPIN dan Password Transaksi BNI Mobile Banking yang beda dengan sebelumnya.

Oh ya, sekadar informasi tambahan. Kita juga bisa mengganti nomor hp pada layanan e-channel tersebut. Silakan klik link untuk baca tutorialnya. Siapa tahu saat ini atau kapan-kapan Anda butuh.