Cara Mengaktifkan SMS Banking BRI Terblokir Akibat Lupa dan Salah PIN

Dengan SMS banking BRI, Anda bisa transaksi perbankan tanpa harus ke ATM ataupun kantor unit kerja BRI (kantor cabang). Cukup menggunakan handphone di tangan bisa melakukan hampir semua menu di ATM. Tentu ini sangat berguna bagi orang sibuk yang tak sempat ke luar rumah.

Dibanding ATM, SMS banking dinilai lebih aman karena menggunakan media pribadi. Selain itu, ditambah dua pengaman: nomor hp harus sudah diregistrasi di ATM dan PIN setiap transaksi. Bila salah satunya tidak terpenuhi maka transaksi SMS banking tidak bisa diproses/gagal.

Bukan hanya itu. Layanan SMS banking akan otomatis terblokir seandainya pengguna salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Meski menjengkelkan, sistem ini sebenarnya berguna. Khususnya bila handphone hilang dan ditemukan orang tak bertanggung jawab. Dia tidak akan bisa menggunakannya untuk transaksi selama tidak tahu PIN SMS banking milik Anda.

Penyebab SMS Banking BRI Terblokir

Jika SMS banking BRI terblokir, sebaiknya segera diaktifkan kembali. Memang saldo tetap aman, tetapi Anda jadi tidak bisa transaksi menggunakan hp. Jika butuh, mau tidak mau harus ke ATM yang lokasi belum tentu dekat ataupun ke kantor unit kerja BRI yang hanya buka pada hari dan jam kerja.

Sebelum banksentral.com menjelaskan cara mengaktifkan SMS banking BRI terblokir, tidak ada salahnya bahas hal-hal yang bisa menyebabkannya terblokir dulu. Tujuannya agar ke depan kejadian menjengkelkan itu bisa dihindari atau dicegah. Dan penyebab itu setidaknya ada tiga macam.

Penyebab yang pertama ialah salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Jika sebelumnya Anda sudah dua kali salah tetapi tidak berturut-turut, maka salah sekali lagi akan aman-aman saja. Yang dimasalahkan di sini jika sudah dua kali salah berurutan, dan kemudian ditambah kesalahan sekali lagi.

Penyebab kedua SMS banking BRI terblokir ialah Anda sengaja memblokirnya. Ya, hal ini bisa saja Anda butuh dilakukan. Misal saat handphone hilang ataupun tercuri dan khawatir akan disalahgunakan oleh orang yang menemukan. Cara melakukan ini ialah dengan menelpon BRI call center pada nomor 14017 atau 021-57987400.

Penyebab SMS banking BRI terblokir yang terakhir yaitu diblokir secara sepihak oleh bank. Jika SMS banking pada rekening Anda terindikasi melakukan transaksi tidak semestinya atau dicurigai disalahgunakan orang lain maka pihak bank bisa memblokir sementara demi keamanan nasabah/Anda.

Cara Mengatasi SMS Banking BRI Terblokir di Kantor Unit Kerja BRI

Cara mengurus SMS Banking BRI terblokir agar aktif kembali yang paling efektif ialah dengan mendatangi kantor unit kerja BRI. Tidak harus ke cabang Anda bikin rekening ataupun daftar SMS banking BRI dulu. Cabang mana saja bisa. Yang penting Anda bawa persyaratan yang diperlukan.

Syarat yang harus di bawa yaitu kartu identitas, buku tabungan, kartu ATM, dan nomor hp yang buat SMS banking BRI. Kartu identitas dapat berupa KTP, SIM, ataupun Paspor. Sedangkan nomor hp bisa operator apa saja. Tidak masalah baik itu Simpati, AS, Halo, Mentari, IM3, Tri, XL, atau lainnya.

Langsung saja datang ke kantor unit kerja BRI dengan membawa persyaratan di atas. Ambil nomor antrean bagian customer service setelah sampai di sana. Jika ini pengalaman pertama kali Anda mengatasi SMS banking BRI terblokir dan di sana bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada satpam. Ia pasti akan membantu.

Proses semuanya tidak lama seandainya berjalan lancar. Mengurus SMS banking BRI terblokir hanya butuh waktu tidak lebih dari setengah jam. Yang bikin lama biasanya antre. Untuk menghindarinya, Anda bisa datang paling pagi. Dengan begitu bisa dapat nomor antrean paling pertama.

Cara Atasi SMS Banking BRI Terblokir tanpa ke Kantor Unit Kerja BRI

Mengaktifkan SMS banking BRI terblokir melalui customer service memang paling efektif. Setelah semua kembali normal, nomor HP langsung bisa digunakan transakai seperti semula. Tidak masalah entah mau transaksi finansial ataupun nonfinansial.

Yang jadi masalah ialah, kantor unit kerja BRI hanya buka pada hari dan jam kerja. Mereka jika malam, libur akhir pekan, dan tanggal merah hari besar nasional, tutup dan tidak melayani. Beberapa memang ada yang buka pada weekend. Namun, jumlahnya sangat terbatas dan biasanya hanya cabang tertentu di kota besar.

Maka dari itu banyak nasabah mencari solusi lain untuk mengaktifkan SMS banking BRI terblokir tanpa harus datang ke kantor unit kerja. Dan jawaban permasalahan itu ialah dengan menghubungi call center BRI dengan nomor 14017 atau 021-57987400. Nomor ini dapat melayani nasabah 24 jam nonstop.

Kekurangan dari mengaktifkan SMS banking BRI terblokir melalui call center ialah Anda harus menyediakan pulsa lumayan jika meneleponnya menggunakan handphone. Pembicaraan cukup lama karena Anda akan dimintai beberapa data untuk verifikasi. Di antaranya yaitu nomor rekening, nomor kartu ATM, perkiraan jumlah saldo terakhir, dll.

Kekurangan berikutnya ialah call center hanya bisa menghapus nomor hp yang terdaftar SMS banking BRI. Setelah terhapus, Anda harus meregistrasikan ulang via ATM. Seperti kita tahu, mengaktifkan SMS banking BRI via ATM hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Contohnya cek saldo, mutasi rekening, dan sebagainya.

Untuk transaksi finansial seperti transfer dana, pembayaran, dan pembelian, tidak bisa. Agar bisa, solusi berikutnya ialah harus tetap datang ke kantor unit kerja BRI untuk menemui customer service. Jika nomor hp sudah terhapus, cara mendaftar SMS banking BRI sama seperti saat mengaktifkan pertama kali.

Lain-Lain

Mengaktifkan SMS banking pada rekening BRI tidak dikenakan biaya registrasi/pendaftaran ataupun biaya administrasi. Antara yang mengaktifkan dan yang tidak, potongan admin per bulannya tetap sama. Begitu juga saat SMS banking BRI terblokir dan Anda meminta untuk pengaktifan kembali. Hal itu tidak dipungut biaya apapun.

Transaksi menggunakan SMS banking memang lebih aman. Namun, Anda tetap harus tidak ceroboh. Seperti misalnya jangan mencatat PIN dan menyimpannya di hp. Hapus juga setiap kali sehabis SMS banking. Hal ini untuk menghindari disalahgunakan saat handphone hilang dan jatuh ke tangan orang lain.

Karena disarankan tidak dicatat tetapi kalau lupa dan salah tiga kali menyebabkan terblokir, maka bikinlah PIN SMS banking BRI yang mudah Anda ingat. Namun jangan pula yang mudah ditebak orang. Seperti misal nomor tanggal lahir, belakang nomor hp, dan lain sebaginya.

2 Comments

  1. Muhammad romadhom Reply

    Atm saya hilang sore tdi dn sms banking nya gk bisa di gunakan lgi gmna cara nya agar saya bisa gunakan sms bangking

    • Silakan datang ke kantor cabang terdekat untuk membuat kartu ATM baru dan buka blokir SMS banking. Jika darurat dan ingin buka blokir SMS banking segera, bisa dilakukan dengan menelepon call center BRI

Leave A Reply

Navigate