Syarat dan cara membuat kartu ATM BRI berbagai jenis

Cara membuat kartu ATM BRI gampang. Yaitu cukup bikin satu tabungan di Bank Rakyat Indonesia itu. Terakhir saya bikin rekening tipe Simpedes, customer service memberikan kartu ATM sekalian. Padahal niat saya buka rekening tersebut hanya untuk simpanan uang.

Namun, tidak semua produk tabungan BRI dilengkapi dengan kartu ATM. Dari sepuluh jenis, ada yang tidak mendapatkan layanan yang biasa disebut BRI card itu. Misalnya TabunganKu BRI, Simpanan Pelajar (Simpel) BRI, dan Tabungan Haji BRI. Rekening-rekening tersebut hanya dilengkapi buku tabungan.

Tidak hanya produk simpanan, jenis kartu ATM BRI yang tersedia juga bermacam-macam. Ada warna biru, hijau, abu-abu, kuning, hitam, dan bergambar karakter khusus. Perbedaan bukan hanya pada tampilan, melainkan juga syarat dan biaya pembuatan. Selain itu, biaya administrasi, fitur, dan limit transaksi juga tidak sama.

Syarat bikin kartu ATM BRI

Sudah dikatakan di atas. Untuk memiliki kartu ATM BRI syaratnya harus mempunyai minimal satu rekening tabungan BRI. Tipe tabungan BRI yang dapat menikmati layanan kartu debit BRI yaitu Simpedes, Simpedes TKI, BritAma, BritAma TKI, Britama Muda (BritAmaX), Britama Valas, dan sebagainya.

Syarat membuat rekening-rekening di atas tidak sama. Antara satu dengan lain ada perbedaan. Akan tetapi hanya sedikit saja. Secara garis besar, persyaratan tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Umur di atas 17 tahun.
  2. Memilik KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  3. Uang setoran awal minimal Rp150.000,00.
  4. Kartu NPWP (nomor pokok wajib pajak) jika memiliki.

Mungkin sebagian bertanya: bagaimana cara membuat kartu ATM BRI untuk anak berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP? Jawabannya ialah dengan rekening BRI khusus anak-anak. Syarat pembuatan bisa menggunakan KTP orang tua dan dilengkapi akta kelahiran, kartu keluarga (KK), atau kartu pelajar anak.

Cara membuat kartu ATM BRI

Cara pembuatan kartu ATM BRI ialah dengan mendatangi kantor cabang BRI dengan membawa persyaratan di atas. Saran banksentral.com pilihlah cabang yang terletak sesuai domisili tempat tinggal. Jika beda, persyaratan harus ditambah lagi. Yaitu surat keterangan domisili dari RT dan RW, atau surat rekomendasi dari perusahan tempat Anda kerja.

Sampai di sana langsung saja ambil nomor antrean bagian customer service. Jangan malu bertanya kepada petugas security yang stand by di pintu jika Anda bingung. Setelah dilayani CS., tidak ada setengah jam Anda sudah bisa mendapatkan buku tabungan lengkap dengan kartu ATM BRI-nya.

Cara membuat kartu ATM BRI untuk anak-anak dibagi menjadi dua. Usia 0–12 tahun harus didampingi orang tua atau wali. Orang tua harus sudah memiliki rekening tabungan BRI. Sedangkan anak usia 12–17 tahun bisa datang sendiri dengan membawa persyaratan kartu pelajar, KTP orang tua, dan surat persetujuan orang tua/wali. Selengkapnya baca: Cara dan syarat bikin rekening BRI Junio.

Kartu ATM BRI bisa dibikin untuk penggunaan perorangan (pribadi/individu) dan badan usaha. Bahkan warga negara asing yang tinggal di Indonesia juga diperbolehkan. Karena mereka tidak mempunyai KTP, maka syarat pembuatan diganti dengan KITAS atau KITAP (Kartu Izin Tinggal Terbatas/Tetap).

Cara membuat kartu ATM BRI secara online

Membuat kartu ATM BRI bisa dibikin secara online juga. Caranya, bukalah browser yang terkoneksi internet. Kemudian kunjungi https://eform.bri.co.id. Klik “Pembukaan Rekening” dan pilih tipe rekening yang diinginkan. Cari dan klik tombol “Registrasi”. Isi formulir sampai selesai hingga Anda mendapatkan nomor referensi.

Bawa nomor referensi itu ke kantor cabang BRI. Karena Anda sudah mengisi data pada formulir online, di sana hanya perlu verifikasi. Selanjutnya, customer service tinggal mencetakkan buku tabungan dan kartu ATM BRI sesuai atas nama Anda.

Membuat kartu ATM BRI secara online ujung-ujungnya tetap harus ke kantor cabang bank. Meski begitu, waktu yang dibutuhkan di sana lebih cepat. Hal ini karena customer service tidak perlu mengisi formulir data lagi. Ini merupakan salah satu kelebihan atau keuntungannya.

Jenis-jenis kartu ATM BRI yang bisa dibikin

Kartu ATM keluaran BRI dinamakan BRI card. Kadang disebut debit BRI. Perbedaan penyebutan tergantung penggunaan. Saat dipakai di ATM yang tersebar di pinggir jalan-jalan itu disebut kartu ATM. Sedangkan saat digesek pada mesin EDC untuk bayar belanja di toko atau merchant, barulah disebut kartu debit BRI.

Semua jenis kartu BRI dapat dipakai di ATM dan mesin EDC seluruh Indonesia. Hal ini karena kartu memiliki logo Link, ATM Bersama, dan Prima. Jangankan di ATM BRI, dipakai di ATM bank lain seperti BCA, BNI, Mandiri, dan sebagainya pun tidak masalah. Pemakaian lintas bank seperti ini hanya dikenakan biaya tambahan Rp6.500,00 per transaksi.

Sedangkan untuk dipakai di luar negeri, hanya beberapa kartu ATM BRI yang bisa. Yaitu tipe Classic, Gold, Premium, dan Kartu ATM BRI Valas. Kartu-kartu ini tidak hanya memiliki logo seperti di atas, tetapi juga logo Mastercard, Maestro, dan Cirrus.

Jenis-jenis kartu ATM BRI, perbedaan, fitur, dan syarat bikinnya bisa dilihat dalam tabel di bawah.

No.Jenis debit BRIFiturSyarat pembuatan
1Kartu ATM BRI Private Label
  • Warna biru
  • Logo Link, ATM Bersama, dan Prima
  • Bisa dipakai transaksi di ATM dan EDC BRI dan bank lain seluruh Indonesia
Memiliki rekening Simpedes atau BritAma
2Kartu ATM BRI Classic
  • Warna hijau atau abu-abu
  • Logo Link, ATM Bersama, Prima, Mastercard, Maestro, dan Cirrus
  • Bisa dipakai transaksi di ATM dan EDC BRI dan bank lain seluruh Indonesia dan luar negeri
Memiliki rekening BritAma dengan setoran awal pembuatan minimal Rp250.000,00
3Kartu ATM BRI Gold
  • Warna kuning atau emas
  • Logo Link, ATM Bersama, Prima, Mastercard, Maestro, dan Cirrus
  • Bisa dipakai transaksi di ATM dan EDC BRI dan bank lain seluruh Indonesia dan luar negeri
Memiliki rekening BritAma dengan setoran awal pembuatan minimal Rp500.000,00
4Kartu ATM BRI Premium
  • Warna hitam
  • Logo Link, ATM Bersama, Prima, Mastercard, Maestro, dan Cirrus
  • Bisa dipakai transaksi di ATM dan EDC BRI dan bank lain seluruh Indonesia dan luar negeri
Memiliki rekening BritAma bisnis dengan setoran awal pembuatan minimal Rp10.000.000,00
5Kartu ATM BRI Valas
  • Warna putih keabu-abuan
  • Logo Link, ATM Bersama, Prima, Mastercard, Maestro, dan Cirrus
  • Bisa dipakai transaksi di ATM dan EDC BRI dan bank lain seluruh Indonesia dan luar negeri
Memiliki rekening tabungan BritAma Valas atau mata uang asing
6Kartu ATM BRI Britamax (BritAma Muda)
  • Desain trendy sesuai jiwa anak muda
  • Fitur sama dengan kartu ATM BRI Private Label
Memiliki rekening tabungan BritAmaX (BritAma Muda) dengan syarat pembuatan usia 17 sampai 35 tahun
7Kartu ATM BRI Junio
  • Bergambar tokoh kartun Superman, Tom and Jerry, atau Tweety
  • Sama seperti kartu ATM BRI jenis Private Label
Memiliki rekening tabungan BRI Junio dengan syarat pembuatan usia 0–17 tahun

 

Baca juga: BRI Mobile: SMS banking dan internet banking dalam satu aplikasi

Biaya pembuatan dan administrasi kartu ATM BRI

Biaya pembuatan kartu ATM BRI ialah gratis. Anda tidak perlu membayar sepeser pun kepada customer service. Walau mereka sudah melayani dengan baik, sabar, dan lama, Anda cukup ucapkan terima kasih dengan sopan. Sangat jarang seorang nasabah memberikan uang tip kepada mereka.

Namun, kartu ATM BRI tidaklah benar-benar gratis. Anda harus membayar sejumlah uang untuk memilikinya. Pembayaran ini lebih tepat disebut “beli” kartu. Berapa harganya? Sekira Rp15.000,00. Pembayaran tidak tiap bulan. Hanya saat pembuatan baru dan kalau minta ganti baru karena rusak, hilang, ataupun expired (kedaluwarsa/kadaluarsa/mati).

Memang ada biaya kartu ATM BRI yang dikenakan tiap bulan. Namanya biaya administrasi. Pembayaran dipotong langsung dari saldo tabungan setiap tanggal tertentu. Meski begitu, jangan khawatir, jumlahnya sangat kecil. Berikut daftarnya dalam tabel.

No.Jenis debit BRIBiaya administasi per bulan
1Kartu ATM BRI Private Label
2Kartu ATM BRI ClassicRp2.000,00
3Kartu ATM BRI GoldRp6.000,00
4Kartu ATM BRI Premium dan Valas
5Kartu ATM BRI Britamax (BritAma Muda)
6Kartu ATM BRI JunioRp500,00

 

Bagaimana, apakah pembahasan cara dan syarat pembuatan kartu ATM BRI di atas sudah lengkap? Saya kira sudah karena biaya pembuatan dan administrasi pun sudah diuraikan. Jika Anda merasa belum jelas dan ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk komentar di bawah.

Leave A Reply

Navigate