Kartu ATM keluaran BCA disebut juga Paspor BCA. Fungsinya sama seperti kartu ATM lain. Yaitu dapat digunakan transaksi pada ATM; sebagai kartu debit buat pembayaran belanja di merchant yang menyediakan mesin EDC; dan sebagainya. Bahkan bisa digunakan pada ATM di luar negeri. Baik Singapura, Jepang, bahkan negara-negara di Amerika dan Eropa.

Dengan banyaknya layanan dan kenyamanan yang didapat, kira-kira apa syarat dan bagaimana cara membuat kartu ATM BCA? Jawaban pertanyaan ini sebenarnya sangat gampang. Bahkan mungkin yang menanyakan hanya sebagian kecil. Namun tidak apa-apa, banksentral.com akan tetap menjawab dengan sebaik mungkin.

Cara bikin kartu ATM BCA atau Paspor BCA ialah dengan membuat rekening tabungan di bank BCA. Dengan membuka rekening di bank berlogo warna biru itu, otomatis Anda akan mendapat fasilitas kartu ATM. Jadi, syarat untuk memiliki kartu BCA ialah memiliki rekening simpanan BCA, baik jenis Tahapan, Expresi, Giro, atau lainnya.

Baca juga: 10 macam produk tabungan BCA yang bisa Anda pilih

Cara dan Syarat Bikin Kartu ATM BCA atau Paspor BCA untuk Anak Usia di Bawah 17 Tahun

Di atas sudah jelas bahwa cara untuk memiliki kartu ATM BCA ialah dengan membuat rekening tabungan di bank BCA. Jenis simpanan tabungan yang bisa dibikin terserah. Entah itu Tahapan, Xpresi, Giro, dan sebagainya bisa semua. Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, tujuan, dan syarat yang Anda sanggup penuhi.

Jenis-jenis rekening yang saya sebut di atas beda-beda syarat pembuatannya. Saya ambil contoh jenis Tahapan. Jenis ini paling banyak digunakan. Syarat bikinnya yaitu usia minimal 17 tahun dan sudah memiliki KTP atau SIM. Sedangkan setoran awal minimum Rp500.000,00. Bagi sebagian orang, khususnya adik-adik jelas tidak masuk kategori.

Namun, bukan berarti anak usia di bawah 17 tahun tidak bisa membuat kartu ATM BCA. Jika memang butuh, mereka bisa bikin rekening tipe Xpresi. Jenis ini sama-sama dilengkapi fitur ATM. Dan kabar gembiranya, yang bisa bikin rekening ini bukan hanya orang dewasa, anak-anak umur di bawah 17 tahun pun diperbolehkan. Sedangkan jumlah setoran awal yang dibutuhkan lebih sedikit, yaitu Rp50.000,00 saja.

Untuk syarat pembuatan rekening tabungan BCA jenis lain, silakan cari informasinya pada situs BCA langsung. Saat tulisan ini dibuat, pada banksentral.com memang belum lengkap. Namun, jangan khawatir, pengelola berjanji akan segera melengkapi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak.

Jenis-Jenis Kartu ATM BCA atau Paspor BCA

Kartu BCA secara umum tersedia tiga macam. Secara fisik, ketiganya dibedakan dengan warna. Yaitu silver atau blue, gold, dan platinum. Untuk penampakannya saya kira Anda sudah paham. Silver sudah pasti berwarna abu-abu atau perak, gold kuning keemasan, dan platinum agak hitam metalik.

Warna-warna itu bisa Anda pilih saat pembuatan rekening tabungan. Perlu diketahui, perbedaan tersebut bukan hanya soal warna, melainkan juga biaya administrasi bulanan, limit transaksi harian, dan lain-lain. Jadi, sebelum memutuskan, Anda kenali dulu lebih dalam terutama soal biaya atau tarif.

Biaya administrasi kartu ATM BCA warna silver paling murah, gold berada di pertengahan, dan platinum paling atas alias termahal. Kalau begitu lebih baik pilih silver saja dong? ATM BCA silver memang paling murah. Namun limit transaksi harian juga paling rendah. Begitu pula perbandingannya dengan gold serta platinum. Jika kebutuhan transaksi harian Anda kecil, memilih kartu ATM silver memang sudah tepat.

Baca juga: Cara mengganti nomor telepon pada SMS banking BCA karena terblokir, hangus, atau hp hilang

Biaya Administrasi Bulanan Kartu ATM BCA Silver, Gold, dan Platinum

Di atas sudah dijelaskan tingkatannya. Pada bagian ini akan saya cantumkan biaya atau tarif masing-masing ATM BCA dengan lebih tepat. Silakan baca baik-baik angka harga di bawah ini.

Jenis kartuBiaya administrasi per bulanBiaya pembuatan/penggantian kartu
Silver / BlueRp15.000,00Rp10.000,00
GoldRp17.000,00Rp15.000,00
PlatinumRp20.000,00Rp20.000,00

Jika rekening Anda Tahapan BCA maka bisa memilih silver, gold, atau platinum. Jika saat ini kartu ATM BCA Anda silver dan kebutuhan transaksi harian meningkat, Anda diperbolehkan mengajukan upgrade ke gold atau platinum. Meskipun kartu ganti, nomor rekening tetap sama. Namun tentu saja biaya administrasi bulanan mengikuti jenis kartu ATM Anda yang terbaru.

Aturan di atas untuk rekening Tahapan BCA. Bagaimanakah dengan tabungan Xpresi? Kartu ATM yang bisa dibikin oleh pemilik rekening ini hanya warna biru. Pada beberapa kantor cabang BCA tertentu memang bisa mencetak kartu ATM Xpresi dengan gambar lain atau bahkan foto sendiri. Namun tetap saja biaya administrasi, limit transaksi, dan sebagainya mengikuti aturan Paspor BCA silver.

Di atas saya sudah sedikit menyingung soal limit transaksi harian. Topik ini sebenarnya sudah jauh dari judul yang hanya membahas cara membuat kartu ATM BCA atau Paspor BCA. Untuk itu, masalah limit akan di bahas pada artikel setelah ini saja. Silakan kunjungi situs ini setiap hari untuk mendapatkan informasi detailnya.

Selanjutnya baca: Kelebihan dan kekurangan ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

  1. Sy sudah membuat tabungan di BCA Mobile..
    Dan sy ingin memiliki Katu fisiknya(Kartu ATM BCA)… bagaimana caranya…?

Write A Comment