Cara ganti PIN KeyBCA atau reset token BCA – Transaksi menggunakan internet banking sangat aman. Hal ini karena dilapisi berbagai pengaman. Selain user ID dan PIN KlikBCA buat login, juga ada KeyBCA sebagai tambahan pengaman tambahan untuk transaksi finansial.

Bagi yang belum tahu, KeyBCA atau biasa disebut token BCA adalah alat kecil yang wujudnya seperti gambar di atas. Selain berfungsi sebagai pengaman transaksi internet banking, alat ini juga memiliki PIN sendiri saat akan digunakan.

Pada kondisi tertentu, bisa saja nasabah butuh ganti atau reset PIN KeyBCA. Seperti misalnya PIN KeyBCA sebelumnya diketahui orang lain atau sekadar memang ingin ganti dengan deretan angka yang mudah diingat. Tujuannya biar tidak gampang lupa karena salah masukkan tiga kali berturut-turut bisa terblokir (lock).

Baca juga: Cara tarik tunai tanpa kartu ATM atau Paspor BCA

Bisakah PIN KeyBCA atau Token BCA Diganti?

Meskipun wujud lebih sederhana daripada kalkulator, jangan salah bahwa KeyBCa memiliki pengaman sangat kuat. KeyBCA akan langsung terblokir atau  terkunci (lock) bila Anda salah memasukkan PIN tiga kali berturut-turut. Kalau sudah begini, satu-satunya cara agar bisa digunakan kembali ialah menukarkan dengan KeyBCA yang baru di kantor cabang BCA terdekat.

Karena sederhana itulah yang membuat sebagian orang tidak tahu bagaimana ganti atau reset PIN-nya. Layar yang kecil dan tidak ada tulisan menu-menu akan membuat orang bingung. Namun, bagaimanapun sebenarnya KeyBCA bisa diganti PIN atau reset PIN. Caranya? Silakan simak penjelasan banksentral.com berikut.

Cara Bikin PIN KeyBCA Pertama Kali

Tidak ada salahnya kita bahas cara bikin PIN KeyBCA pertama kali dulu. Biar bagaimanapun, saat ganti PIN nanti dibutuhkan PIN lama atau yang sebelumnya aktif. Bikin PIN KeyBCA ini juga diperlukan saat Anda baru daftar internet banking BCA atau saat Anda baru baru memiliki/ganti alat KeyBCA baru.

  1. Saat mendaftar internet banking BCA via ATM dan pertama kali login https://ibank.klikbca.com/ pasti Anda diminta memasukkan email dan nomor telepon.
  2. Bukalah inbox email tersebut dan cari pesan yang berisi kode untuk aktivasi KeyBCA.
  3. Nyalakan KeyBCa atau token BCA dengan menekan tombol power berwarna merah. Masukkanlah kode yang Anda dapat dari email tadi.
  4. Kemudian, barulah Anda bisa bikin PIN baru pada KeyBCA (terdiri enam digit).
  5. Masukkan ulang PIN yang barusan Anda buat, sebagai bentuk konfirmasi.
  6. Jika tahap-tahap di atas Anda lakukan benar, maka PIN sukses terbuat dan layar menunjukkan tulisan APPLI
  7. KeyBCA siap digunakan untuk keperluan transaksi dengan PIN barunya.
  8. Jika ingin mematikan KeyBCa tekan tombol merah yang ada simbol ◀ sebanyak dua kali.

Baca juga: Cara daftar internet banking BCA via ATM dan customer service serta aktivasi KeyBCA

Catatan: Jika Anda meminta KeyBCA baru kepada customer service  biasanya sudah dikasih PIN standar. Jika iya, pakai saja PIN tersebut dan abaikan cara di atas. Jika tidak, dan pada email tidak ditemukan kode aktivasi, artinya Anda perlu registrasi KeyBCA dulu. Caranya: login KlikBCA, cari menu registrasi KeyBCA, dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di layar.

Cara Ganti PIN KeyBCA atau Reset Token BCA

Jika tidak puas, tidak suka, mudah lupa, atau hal lain terhadap PIN KeyBCA yang sekarang dimiliki, Anda boleh dan bisa mengganti PIN itu. Tidak harus datang ke kantor cabang atau telepon Halo BCA, Anda bisa mengubah atau mereset sendiri. Caranya tinggal ikuti tutorial di bawah ini.

  1. Nyalakan KeyBCA dengan menekan tombol power yang berwarna merah dan ada simbol segitiga.
  2. Masukkan PIN KeyBCA lama Anda.
  3. Saat layar token menunjukkan tulisan APPLI, tekan dan tahan tombol power kurang lebih tiga detik.
  4. Tulisan pada layar akan berganti New PIN. Artinya, Anda silakan bikin PIN baru (enam digit).
  5. Masukkan sekali lagi PIN baru Anda sebagai konfirmasi.
  6. Selesai.

Baca juga: Solusi lupa kode akses Aplikasi BCA Mobile tanpa harus ke customer service atau telepon Halo BCA

Begitu mudahnya-lah cara ganti PIN keyBCA atau reset PIN token BCA. Setelah Anda memiliki PIN baru, ingat baik-baik jangan sampai lupa yang akan mengakibatkan terblokir atau lock. Untuk kemanan, jangan pernah kasih tahu PIN Anda kepada orang lain meskipun keluarga ataupun sahabat dekat. Juga jangan pernah dicatat dan disimpan di tempat yang memungkinkan ditemukan orang lain.

Author

Baca artikel perbankan dan uang digital lainnya di bawah.

Write A Comment