Saat mendaftar internet banking BCA via ATM, PIN KlikBCA memang Anda tentukan sendiri. Tepatnya pada saat setelah memilih menu Autodebet dan Internet banking, Anda disuruh membuat PIN enam digit sesuai keinginan. Meski begitu, karena beberapa hal mungkin Anda ingin mengganti PIN yang bisa digunakan sebagai password internet banking BCA itu. Bisakah? Bagaimana caranya?

Alasan orang ingin mengubah PIN KlikBCA atau sandi internet banking BCA bermacam-macam. Seperti misalnya merasa ada orang lain mengetahui. Sehingga mereka merasa kurang aman dan harus diganti. Atau bisa juga karena bosan dan ingin mengganti PIN dengan kombinasi yang lebih rumit tetapi mudah diingat. Alasan-alasan seperti ini tentu diperbolehkan.

Beberapa orang bahkan menyarankan untuk ganti PIN berkala. Tidak hanya PIN ATM saja, PIN KeyBCA juga perlu diganti dalam selang waktu tertentu: misalnya tiga bulan sekali. Menurutnya, mengubah PIN berkala seperti ini demi keamanan akun rekening BCA Anda juga. Agar orang yang tau PIN Anda sebelumnya tidak bisa login lagi pada waktu berikutnya.

Baca juga: Cara ganti atau reset PIN KeyBCA (token BCA)

Cara Mengganti PIN Internet Banking BCA

Cara ganti PIN KlikBCA sangat mudah. Anda dapat mengubah sendiri tanpa perlu ke ATM, customer service, ataupun menelepon Halo BCA. Proses pergantian PIN KlikBCA cukup dilakukan melalui halaman internet banking BCA dan menggunakan smartphone, tablet, laptop, atau personal komputer (PC) saja.

Anda harus tahu PIN KlikBCA lama sebelum menggantinya dengan yang baru. PIN itu harus dalam keadaan aktif, tidak lupa, dan tidak terblokir. Hal ini karena proses pergantian PIN internet banking BCA diharuskan login menggunakan user ID dan PIN lama dulu. Jika syarat-syarat ini terpenuhi, barulah ke proses selanjutnya seperti di bawah ini:

  1. Login KlikBCA pada alamat https://ibank.klikbca.com menggunakan user ID dan PIN KlikBCA yang saat ini masih digunakan.
  2. Cari menu Administrasi di sebelah kiri bawah. Jika sudah ketemu langsung diklik saja.
  3. Akan muncul submenu lainnya. Pilih Ganti PIN. Kemudian layar akan muncul tiga kolom.
  4. Kolom pertama harus Anda isi dengan PIN KlikBCA saat ini
  5. Kolom kedua disisi dengan PIN baru pilihan Anda.
  6. Kolom terakhir untuk konfirmasi PIN baru KlikBCA Anda (diisi sama seperti nomor poin 5).
  7. Klik tombol kirim yang berada di bawahnya.
  8. Selesai. Proses mengganti PIN KlikBCA sudah berhasil.

Setelah berhasil mengganti PIN internet banking BCA seperti cara di atas, Anda harus ingat-ingat PIN baru itu. Jangan sampai lupa karena bila Anda salah memasukkan PIN lebih dari tiga kali bisa terblokir. Jika sudah begitu, akan susah mengurusnya. Kemudian, jaga kerahasiaan PIN, jangan diberitahukan kepada orang lain meskipun keluarga ataupun pasangan dekat.

Selanjutnya baca: Cara mengatasi KeyBCA lupa dan terblokir

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

1 Comment

Write A Comment