2 Cara Ganti Nomor Telepon m-banking BCA karena Terblokir, Hangus, ataupun HP Hilang

Nomor telepon yang Anda gunakan untuk transaksi mobile banking BCA bisa saja butuh diganti. Beberapa alasannya misal karena nomor hangus, terblokir, ataupun hp hilang dicuri/diambil orang lain. Jika ini menimpa Anda, pesan banksentral.com segeralah mengubah nomor m-banking BCA Anda dengan cara berikut.

Mengapa harus diganti sesegera mungkin? Jika nomor sekadar hangus atau terblokir tidak akan menimbulkan masalah besar. Namun bila hilang atau dicuri, kemungkinan berdampak buruk pada saldo rekening. Pencuri hp bisa saja melakukan transaksi finansial, entah transfer atau pembayaran e-commerce tanpa seizin Anda. Nasib tabungan Anda dalam bahaya kalau hal ini sampai terjadi.

Cerita tidak seseram itu kalau Anda pandai mengamankan. Apalagi akses mobile banking m-BCA dilengkapi PIN. Sekalipun nomor hp Anda berada di tangan orang lain akan aman-aman saja selama dia tidak tau PIN-nya. Maka dari itulah jangan pernah memberitahu PIN kepada siapa pun atau mencatat dan menyimpannya pada handphone.

Bagaimanapun juga, seandainya nomor hp yang Anda gunakan untuk akses mobile banking BCA hilang, hangus, terblokir, ataupun dicuri orang, segeralah menggantinya. Seperti kita tahu m-BCA dapat mengganti sebagian besar fungsi ATM. Salah satunya Anda tetap bisa transfer, isi ulang pulsa, bayar tagihan listrik, dll. cukup menggunakan ponsel di genggaman.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan SMS banking, mobile banking, dan internet banking

Dua Cara Ganti Nomor HP pada Mobile Banking BCA atau m-BCA

Pertama, dengan menghubungi Halo BCA. Kedua, melalui customer service yang dapat Anda temui saat mendatangi kantor cabang BCA. Cara kedua tidak harus di cabang tempat Anda buka rekening dulu. Cabang manapun bisa asal BCA. Jadi, saran saya pilihlah yang lokasi dekat atau yang sepi agar tidak antre lama.

Mengganti nomor hp mobile banking BCA melalui Halo BCA dan customer service memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Dengan Halo BCA, Anda dapat mengurusnya kapan saja: 24 jam nonstop. Sedangkan jika melalui CS berarti Anda harus datang secara langsung. Kantor cabang hanya melayani pada jam kerja, hari Minggu dan tanggal merah tutup.

Kekurangan mengganti nomor m-BCA via Halo BCA ialah membutuhkan banyak pulsa. Mungkin tidak jadi masalah kalau Anda meneleponnya menggunakan telepon rumah/PSTN atau nomor pascabayar. Namun, bagaimana jika menggunakan handphone dan nomornya prabayar? Sediakanlah banyak pulsa agar tidak kehabisan di tengah pembicaraan yang menyebabkan tujuan menghubungi gagal.

Sebaliknya, mengganti nomor mobile banking BCA melalui customer service tidak membutuhkan biaya seperti pulsa itu. Di sini, bahkan semua proses dikerjakan olehnya. Anda cukup menunggu, membuat PIN, dan selesai. BCA sendiri tidak memungut biaya administrasi apapun untuk hal ini. Baik melalui CS ataupun Halo BCA sama-sama gratis.

Cara Mengganti Nomor m-Banking BCA dengan Menghubungi Halo BCA

Nomor Halo BCA yang dimaksud yaitu 1500888. Saat baru terhubung mungkin yang berbicara bukan manusia, melainkan robot penjawab telepon otomatis. Anda ikuti saja panduannya sampai terdapat pilihan untuk berbicara dengan customer service BCA. Saat terhubung, barulah Anda bisa mengajukan penggantian nomor m-BCA.

Guna memverifikasi bahwa penelepon benar-benar pemilik rekening yang berhak mengajukan hal tersebut, Halo BCA perlu mengajukan beberapa pertanyaan. Hanya pertanyaan terkait soal data saja, seperti: nama dan nomor rekening, nomor kartu ATM, perkiraan jumlah saldo, dll. Agar Anda bisa menjawab dengan cepat, siapkanlah buku tabungan dan kartu ATM sebelum menelepon.

Halo BCA baru bisa melanjutkan proses kalau semua jawaban Anda benar. Yang perlu diketahui ialah ia tidak bisa mengganti nomor mobile banking BCA secara langsung. Ia hanya bisa menghapus saja. Setelah terhapus, Anda bisa meregistrasikan nomor baru Anda pada layanan m-BCA melalui ATM. Caranya sama persis seperti saat pertama kali dulu. Atau baca saja link di bawah.

Baca juga: Cara mendaftar dan mengaktifkan mobile banking BCA

Cara dan Syarat Mengubah Nomor m-BCA Melalui Customer Service

Mengganti nomor hp m-banking BCA melalui Halo BCA memang memiliki keuntungan tersendiri. Selain dapat diurus kapan saja, Anda juga tidak harus mendatangi kantor cabang BCA yang dapat dipastikan selalu ramai dan antre. Namun, mengurus melalui customer service bukan berarti tidak ada kelebihannya.

Perlu diketahui jenis transaksi pada mobile banking BCA dikelompokkan menjadi dua: transaksi finansial dan nonfinansial. Transaksi finansial contohnya transfer, payment, dan e-commerce. Sedangkan transaksi nonfinansial misalnya cek saldo, mutasi rekening, histori transaksi, info kurs dan informasi lain. Jika Anda mengganti nomor m-BCA melalui Halo BCA hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Sedangkan melalui customer service bisa semuanya.

Jadi, bila Anda menginginkan transaksi keduanya, mau tidak mau harus mengurusnya melalui customer service. Jika Anda sudah terlanjur melalui ATM, tetap masih bisa diurus lagi oleh CS. Baik yang baru ataupun yang sudah terlanjur, berikut cara dan syarat untuk memprosesnya.

Siapkan dulu beberapa syaratnya sebelum mendatangi kantor cabang BCA. Syarat yang dimaksud yakni kartu identitas KTP, buku tabungan, dan kartu ATM. Jika KTP elektronik belum jadi, bisa diganti dengan surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses. Surat seperti ini bisa didapat dari tempat Anda membuat KTP. Syarat-syarat ini harus dibawa dan ditunjukkan kepada CS sebagai bukti pemilik rekening.

Setelah sampai di bank langsung saja ambil nomor antrean bagian customer service (bukan teller). Jika nomor antrean sudah dipanggil, kepada CS-lah Anda mengajukan penggantian nomor mobile banking m-BCA-nya. Nanti dia yang akan memproses dari awal sampai selesai. Anda hanya butuh menunggu dan membuat PIN enam digit. Prosesnya cepat tidak sampai 15 menit.

Baca juga: Perbedaan SMS banking dan mobile banking

Tambahan Informasi Tentang Mobile Banking m-BCA

Setelah nomor m-banking BCA Anda sukses terganti dengan nomor hp baru, bukan berarti langsung bisa digunakan untuk transaksi. Nomor baru itu harus diaktivasi juga melalui ponsel. Caranya sama persis seperti Anda mengaktifkan mobile banking BCA pertama kali dulu. Jika lupa, silakan baca link nomor dua dari atas.

Leave a Reply