Cara ganti kartu ATM BNI menggunakan mesin DigiCS (BNI Sonic)

BNI DigiCS bisa buat ganti/tukar kartu debit. Caranya mudah, syarat yang diperlukan sedikit, dan biaya lebih murah. Namun jumlah mesin masih terbatas hanya di lokasi kantor cabang tertentu.

Kini mengganti kartu ATM BNI bisa menggunakan mesin (tanpa ke bank). Namanya DigiCS yang dulu dikenal sebagai BNI Sonic. Bentuknya tidak jauh beda dengan ATM-ATM pada umumnya.

Keuntungan ganti kartu pakai BNI DigiCS sangat banyak. Khusunya bagi nasabah yang sibuk. Mereka bisa mengerjakan kapan pun. Beda dengan kantor cabang melayani hanya pada jam kerja.

Meski demikian terdapat kelemahan juga. Lokasi mesin DigiCS masih jarang dan sukar ditemukan. Juga saat menggunakan harus ada kartu yang lama. Atau setidaknya tahu nomor 16 digitnya.

Syarat ganti kartu ATM menggunakan BNI DigiCS

Di kantor cabang perlu nasabah bawa buku tabungan, antre, mengisi formulir, bayar meterai, dan sebagainya. Sedangkan tukar kartu BNI lewat mesin DigiCS hanya butuh syarat

  • KTP elektronik;
  • Kartu ATM BNI atau nomor 16 digitnya;
  • PIN ATM yang sesuai; serta
  • Kartu ATM tidak sedang diblokir.

Cara ganti kartu ATM BNI menggunakan mesin DigiCS (BNI Sonic)

Berikut tahap-tahapannya:

  1. Datangi mesin DigiCS (digital customer service) atau BNI Sonic. Informasi lokasi yang tersedia silakan baca di bawah.
  2. Sentuh layar monitor hingga muncul pilihan bahasa.
  3. Klik bahasa Indonesia.
  4. Pilih menu Penggantian Kartu ATM.
  5. Setujui Syarat dan Ketentuan dengan menekan tombol orange di bagian bawah.
  6. Masukkan kartu ATM (jika bawa). Beberapa mesin terdapat pilihan Masukkan Nomor Kartu (untuk kartu hilang, tidak terbaca/terdeteksi, rusak, kedaluwarsa, dll.)
  7. Input PIN kartu ATM BNI Anda.
  8. Pindai KTP dengan menempelkannya di tempat yang disediakan (samping kiri tombol angka).
  9. Scan sidik jari telunjuk (samping kanan tombol angka).
  10. Layar menampilkan berbagai jenis kartu ATM (Silver, Gold, Platinum, GPN, Mastercard, dll.) yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.
  11. Klik tombol Lanjut.
  12. Masukkan PIN untuk kartu baru (bisa disamakan dengan yang lama).
  13. Konfirmasi PIN dengan menginput sekali lagi.
  14. Selesai. Kartu ATM BNI baru keluar. Silakan ambil dan bawa pulang.

Keuntungan

Dibanding datang ke kantor cabang, penggantian kartu ATM BNI via DigiCS banyak keunggulan. Antara lain

  • Persyaratan gampang

Syarat dibutuhkan hanya KTP-el, kartu debit/nomornya, PIN, dan sidik jari telunjuk. Nasabah tidak perlu bawa buku tabungan. Hilang pun tidak usah bikin surat kehilangan dari kepolisian.

  • Waktu bebas dan sebentar

Mesin DigiCS BNI seperti ATM pada umumnya. Ia beroperasi 24 jam. Weekend dan libur hari raya tetap online. Durasi penggunaannya, satu kali ganti kartu hanya sekira tiga menit.

  • Di mana saja

Beberapa kantor BNI mengharuskan ganti kartu ATM di cabang asal. Sedangkan menggunakan DigiCS/Sonic BNI bisa di mana pun. Selama Anda dapat menemukan mesin dan memenuhi syarat di atas.

  • Dapat diandalkan

Mengoperasikannya bisa hanya dengan nomor kartu debit. Dengan kata lain dapat untuk ganti kartu ATM BNI yang hilang, tertelan mesin, kedaluwarsa/expired, rusak, tidak terbaca/terdeteksi sensor, dll.

  • Bisa upgrade atau downgrade tipe kartu

Kantor cabang bisa menanganinya. Mesin DigiCS juga iya. Pada proses penggantian, pengguna dikasih pilihan Mastercard (Silver, Gold, dan Platinum) atau GPN (warna orange dan hijau).

  • Kartu ATM teknologi terbaru

Beberapa tahun terakhir bank gencar mengimbau tukar kartu ATM ke teknologi chip. Jangan khawatir jika Anda menggantinya melalui mesin DigiCS. Kartunya memenuhi standar penggunaan lima tahun ke depan.

  • Tarif lebih murah

Ganti kartu ATM melalui BNI Sonic tidak dibebani hal yang memakan biaya. Misal pembelian meterai dan biaya pembuatan surat kehilangan di kepolisian. Nasabah cukup membayar seharga kartu saja.

Kekurangan

Sedangkan kelemahan tukar kartu ATM di mesin BNI DigiCS ialah sebagai berikut

  • KTP harus jenis elektronik

Mesin hanya bisa memindai KTP elektronik. Bukan kertas yang dilaminating (KTP jadul) apalagi Suket (surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses). Kondisinya baik dan masa berlaku aktif.

  • Ada kartu atau tahu nomornya

Di kantor cabang bisa ganti tanpa membawa kartu ATM yang lama. Di DigiCS pun iya, selama tahu angka 16 digit si kartu. Buat jaga-jaga, hafalkanlah atau catat sekarang juga.

  • Sidik jari bisa di-scan

Hampir semua telunjuk bisa di-scan. Jika tidak terdeteksi tinggal dibersihkan dari kotoran ataupun keringat. Sedangkan saat terluka dan ditempel perban harus sembuh dahulu sebelum menjalankan DigiCS.

  • Ingat PIN dan kartu ATM tidak sedang diblokir

Salah satu tahapan cara ganti kartu debit BNI di mesin DigiCS ialah memasukkan PIN yang benar. Kalau lupa dan tetap dicoba bisa keblokir. Sekarang kiralah sendiri: tidak tahu PIN saja gagal apalagi terblokir?

  • Tetap tidak dapat diwakilkan

Banyak nasabah berharap ganti kartu ATM BNI dapat diwakilkan. Sayangnya, DigiCS bukan solusinya. KTP, kartu, dan PIN memang bisa dipakai orang kepercayaan. Namun bagaimana dengan sidik jari?

  • Keberadaan mesin terbatas

Saat ini jumlah mesin BNI digital customer service belum banyak. Mayoritas di kota-kota besar. Itu pun sebagian ditempatkan di dalam kantor cabang. Alhasil saat tutup tidak dapat diakses.

  • Kartu yang lama/lawas ditelan

Setelah mesin mencetak kartu baru, yang lawas tidaklah keluar kembali. Namun ini bisa diakali: masukkan nomornya saja—bukan kartunya—saat menjalankan mesin DigiCS / BNI Sonic.

  • Tidak semua jenis kartu ATM BNI bisa

Kartu debit BNI Taplus, Taplus Muda, dan Taplus Bisnis (Silver, Gold, dan Platinum) bisa diganti melalui DigiCS. Sedangkan kartu ATM TabunganKu, Taplus Anak, SimPel, Pandai, dan lainnya tidak.

Lokasi mesin BNI DigiCS (digital customer service)

DigiCS atau BNI Sonic (self service opening account) merupakan mesin baru. Ia dihadirkan sekira tahun 2019. Fungsinya bukan hanya buka rekening. Melainkan buat ganti kartu ATM juga.

Hingga kini lokasi keberadaan DigiCS masih langka. Jika ingin tahu silakan cek link dan pilih kota Anda: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, atau lainnya.

Ke depan banksentral.com yakin mesin ini makin banyak. Penempatan akan sampai pelosok desa. Setara dengan keberadaan ATM tarik tunai, ATM nontunai, ATM setor tunai, dan ATM setor tarik tunai.

Biaya ganti kartu ATM BNI menggunakan DigiCS

Sekilas tampak tidak dipungut biaya. Proses penukaran dari awal hingga berhasil tidak ada tahapan membayar atau menyerahkan uang. Tahu-tahu kartu baru keluar dari dalam mesin.

Faktanya tidak demikian. Saldo rekening Anda akan dipotong untuk penerbitan kartu ATM. Berapa jumlahnya? Berbeda-beda tergantung tipe yang Anda pilih. Berikut tabel harganya.

Jenis kartu debit BNIBiaya penggantian baru
GPN OrangeRp15.000,00
GPN HijauRp20.000,00
Silver (Mastercard)Rp15.000,00
Gold (Mastercard)Rp20.000,00
Platinum (Mastercard)Rp25.000,00
Biaya ganti kartu ATM BNI menggunakan mesin Digi CS

Soal lebih murah memang benar. Cobalah bandingkan dengan ganti ATM di kantor cabang bank BNI. Di sana bakal diminta tanda tangan di atas meterai. Benda tersebut wajib dibayar Rp10.000,00.

Default image
Admin
Mendirikan banksentral.com sejak 2017 setelah banyak web yang dibuat. Hobinya mencoba hal baru, termasuk bikin rekening bank. Kenalan lebih dekat silakan klik Tentang Kami.
Articles: 145