Cara Daftar SMS Banking BRI Menggunakan ATM dan Kantor Unit Kerja

Cara daftar SMS banking BRI ada dua. Pertama, melalui ATM. Cara ini bisa Anda kerjakan sendiri di ATM BRI manapun. Waktu terserah. Tidak harus pada hari dan jam kerja. Tengah malam, hari libur akhir pekan, ataupun tanggal merah hari besar nasional pun tidak masalah.

Cara kedua, dengan menemui customer service di kantor unit kerja BRI (kantor cabang). Anda bebas mendatangi kantor unit BRI mana saja. Tidak harus di tempat Anda buka rekening dulu. Hanya saja harus pada jam kerja. Di sana, CS yang mengerjakan. Anda tinggal duduk dan menunggu.

Mendaftarkan atau mengaktifkan SMS banking BRI baik melalui ATM atau kantor unit kerja memiliki keuntungan dan kelemahan sendiri-sendiri. Melalui ATM memang leluasa, tetapi hasilnya hanya bisa transaksi nonfinansial. Sedangkan melalui kantor unit bisa nonfinalsial dan finansial. Sayang, waktu terbatas dan syarat lebih banyak.

Cara Daftar SMS Banking BRI via ATM

Meski menguntungkan, registrasi SMS banking BRI melalui ATM ada kelemahannya. Yaitu Anda hanya bisa melakukan transaksi nonfinansial. Contohnya cek saldo dan mutasi rekening. Sedangkan transfer, pembayaran, dan pembelian bukanlah transaksi nonfinansial, melainkan transaksi finansial.

Akan tetapi, transaksi nonfinansial tetap diperlukan dan penting. Jika Anda sibuk dan tidak sempat datang ke kantor unit, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan SMS banking BRI via ATM dulu. Caranya akan dijelaskan banksentral.com di bawah ini setelah dijelaskan syarat-syarat yang diperlukan.

Syarat yang diperlukan cuma dua: kartu ATM BRI dan nomor handphone yang aktif. Kartu ATM bisa tipe private label, classic, dan premium. Yang penting jenis rekeningnya Simpedes, BritAma, ataupun Junio. Untuk nomor handphon bebas. Telkomsel: As, Simpati, Halo; Indosat: IM3, Mentari, Matrix; XL; TRI, atau operator lain tidak masalah.

Jika kedua syarat di atas siap, langsung saja ikuti panduan cara meregistrasikan nomor hp agar bisa digunakan SMS banking BRI berikut ini:

  1. Cari ATM BRI.
  2. Masukkan kartu dan input PIN sepeti biasa.
  3. Cari dan pilih menu Transaksi Lain.
  4. Pilih submenu Registasi.
  5. Pilih sebmunu SMS Banking.
  6. Masukkan nomor hp yang akan digunakan untuk transaksi SMS banking.
  7. Masukkan/bikin PIN SMS banking. PIN terdiri dari 6 digit. Bisa dibedakan atau disamakan dengan PIN kartu ATM.
  8. Selesai. Mesin akan mengeluarkan struk bertulisan, “Selamat, pendaftaran SMS banking BRI Anda sudah aktif.

Cara Daftar SMS Banking BRI di Kantor Unit Kerja BRI

Agar bisa melakukan transaksi nonfinansial dan finansial menggunakan SMS banking di hp, Anda harus mengaktifkan layanan ini di kantor unit kerja BRI. Prosesnya sangat gampang. Anda hanya perlu mendatangi kantor unit kerja BRI terdekat. Di sana ambillah nomor antrean bagian customer service. Dialah yang akan membantu Anda urus hal ini.

Ada beberapa syarat yang harus dibawa agar permintaan Anda untuk mengaktifkan SMS banking BRI dipenuhi. Di antaranya yaitu kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, atau Paspor), buku tabungan, dan kartu ATM. Benda-benda ini hanya perlu ditunjukkan. Tujuannya sebagai bukti kepemilikan rekening.

Bagaimana jika sebelumnya sudah terlanjur diregistrasikan melalui ATM? Tidak masalah. Anda tetap bisa mendaftarkan SMS banking BRI lagi ke customer service. Dengan begini, maka layanan SMS banking BRI Anda tidak hanya bisa digunakan transaksi nonfinansial, tetapi juga transaksi finansial.

Dengan tujuan menghemat waktu, saya selalu menyarankan kepada siapa saja untuk langsung mengaktifkan layanan e-banking pada saat pembuatan rekening. Tidak hanya SMS banking, melainkan juga mobile banking dan internet banking. Dengan begini Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor unit kerja BRI.

Tarif atau Biaya Mendaftarkan dan Menggunakan SMS Banking BRI

Mengaktifkan SMS banking BRI tidak dikenakan biaya tambahan, baik biaya pendaftaran ataupun biaya administrasi. Potongan biaya administrasi per bulan antara nasabah yang mengaktifkan dan yang tidak akan tetap sama.

Meski demikian, transaksi menggunakan SMS banking BRI dikenakan tarif. Tarif ini bukan dibayarkan kepada bank, melainkan kepada operator penyedia jaringan seluler. Dihitung per SMS dan tarifnya lebih mahal daripada SMS biasa. Jumlah tepatnya sekira Rp250,00–Rp1.000,00 tergantung masing-masing operator.

Jika Anda menggunakan nomor handphone prabayar, biaya di atas dipotong langsung dari pulsa. Jadi, pastikan Anda memiliki pulsa cukup bila hendak transaksi menggunakan SMS banking BRI. Namun jika nomor hp Anda pascabayar maka akan menambah biaya tagihan telepon per bulan.

Seandainya ada beberapa transaksi menggunakan SMS banking BRI dan dicek ternyata terdapat biaya tambahan, itu bukan dikarenakan SMS banking-nya. Melainkan karena transaksi tersebut memang berbayar. Misalnya saja transfer ke rekening bank lain. Baik dengan SMS banking ataupun e-banking lain sama-sama dikenakan Rp6.500,00-an.

Lain-Lain

Setelah nomor hp Anda berhasil didaftarkan SMS banking BRI baik via ATM ataupun customer service, maka langsung bisa digunakan untuk transaksi. Cara transaksi bisa menggunakan SMS (text plain) ataupun dengan aplikasi dari pihak ketiga yang di-download pada ponsel.

Transakai menggunakan aplikasi SMS banking BRI lebih simpel karena sudah tersedia menu yang tinggal dipilih. Prosesnya tinggal klik dan klik. Sebaliknya, jika menggunakan SMS (text plain) sedikit lebih ribet: harus mengetik format kode perintah dan mengirimkannya ke nomor yang ditentukan BRI (3300).

Agar transaksi SMS banking BRI berhasil dan sukses, selain format harus benar, jangan lupa siapkan pulsa yang cukup. Tidak kalah penting lagi ialah kerjakanlah di area sinyal operator kuat. Bila lemah, biasanya transaksi tidak akan berhasil atau gagal.

Leave A Reply

Navigate