Cara Daftar dan Mengaktifkan Internet Banking BRI via ATM dan Kantor Cabang Bank

Sama seperti bank lain, BRI juga menyediakan fasilitas internet banking atau biasa dikenal IB BRI. Dengannya, nasabah bisa bertransaksi tanpa harus ke ATM ataupun kantor cabang. Dari mana saja mereka dapat cek saldo, mutasi rekening, transfer dana, bayar tagihan, pembelian, isi ulang pulsa, dll.

Internet banking BRI lebih banyak disukai daripada SMS banking dan mobile banking BRI. Bagaimana tidak, teknologi semakin canggih membuatnya tidak hanya bisa diakses dengan komputer atau laptop, tetapi dengan smartphone juga. Tidak harus browser, pakai aplikasinya justru lebih hemat biaya.

Namun, memiliki rekening tabungan BRI tidak berarti langsung bisa menikmati layanan ini. Terlebih dahulu Anda harus mendaftarnya untuk mendapatkan user ID dan password yang diperlukan saat login internet banking BRI. Syarat dan cara lengkapnya akan banksentral.com coba uraikan di bawah.

Syarat Daftar Internet banking BRI atau iBank BRI

Syaratnya sangat simpel. Pertama, Anda harus sudah memiliki rekening tabungan BRI. Dari sepuluh jenis, yang bisa mendapatkan fasilitas ini yaitu Simpedes, Britama, dan Junio. Sedangkan kartu debit atau kartu ATM-nya terserah: tipe private label, classic, ataupun premium bisa semua.

Syarat berikutnya yakni kartu identitas, nomor handphone, dan email. Ketiganya harus aktif. Kartu identitas berupa KTP, SIM, Paspor, ataupun KIMS. Nomor hp bisa operator Telkomsel (Simpati, AS, Halo), Indosat (Mentari, IM3, Matrix), XL, TRI/Three/3, dan sebagainya. Sedangkan email bisa Gmail, Yahoo, Hotmail, dll.

Sebagian dari Anda mungkin bertanya mengapa harus nomor hp segala. Perlu diketahui bahwa internet banking BRI sedikit berbeda dengan bank lain. Sebagian dari mereka dilengkapi alat token sebagai pengaman tambahan. Khusus pada BRI, fungsi alat itu digantikan dengan SMS PIN yang masuk ke nomor hp.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Ada dua cara. Pertama, dengan registrasi di ATM. Kedua, dengan mengaktifkan di kantor cabang BRI. Jika Anda membuat rekening BRI baru, saran saya daftarkanlah internet banking saat itu juga mumpung di hadapan customer service. Keuntungannya tidak buang-buang waktu akibat bolak-balik ke cabang BRI.

Jika terlanjur tidak, Anda masih tetap bisa mendaftar internet banking BRI kapan saja. Tidak harus di kantor cabang BRI, di ATM pun tidak masalah. Tentunya harus membawa persyaratan yang sudah dijelaskan di atas.

Pendaftaran internet banking BRI via ATM dan kantor cabang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Selain syarat pendaftaran, perbedaan juga pada hasil: via ATM hanya bisa untuk transaksi nonfinansial. Sedangkan melalui customer service bisa nonfinansial dan finansial.

Keuntungan, Kekurangan, dan Cara Registrasi Internet Banking BRI via ATM

Keuntungannya tidak sedikit. Di antaranya waktu lebih fleksibel. Seperti kita tahu ATM beroperasi 24 jam nonstop selama seminggu. Mesin tersebar di mana-mana. Untuk orang sibuk, mendaftar internet banking BRI via ATM tentu menjadi pilihan yang utama.

Syarat yang diperlukan juga lebih sedikit. Hanya kartu ATM, nomor handphone, dan alamat email. Beda dengan mendaftarkan internet banking BRI melalui customer service. Selain datang pada hari dan jam kerja, juga harus menunjukkan buku tabungan dan kartu identitas yang masih berlaku.

Meski demikian, mendaftar internet banking BRI via ATM ada kekurangan juga. Yaitu hasilnya hanya bisa digunakan untuk transaksi nonfinansial. Contoh cek saldo, mutasi rekening, ganti PIN, dan sebagainya. Sedangkan transaksi finansial seperti transfer dana, pembayaran, pembelian, dan sebagainya, tidak bisa.

Bagaimanapun, transaksi nonfinansial tetap dibutuhkan. Jika Anda lebih memilih daftar internet banking BRI melalui ATM, berikut tutorialnya.

  1. Cari ATM BRI.
  2. Masukkan kartu ATM dan input PIN.
  3. Pilih Menu Lainnya (berada di pojok bawah).
  4. Pilih submenu Registrasi.
  5. Pilih Internet Banking.
  6. Anda diminta untuk bikin password internet banking. Bikinlah sesuai keinginan Anda. Password atau sandi terdiri dari enam digit.
  7. Konfirmasi dengan memasukkan ulang password.
  8. Selesai. Mesin akan mengeluarkan struk berisi user ID yang dapat Anda gunakan untuk login internet banking BRI.

Kelebihan, Kelemahan, dan Cara Daftar Internet Banking BRI Melalui Customer Service di Kantor Cabang

Kekurangan mendaftar internet banking BRI via ATM yang hasilnya hanya bisa melakukan transaksi nonfinansial tidak akan dialami oleh nasabah yang mengaktifkan melalui customer service di kantor cabang bank. Hal ini karena CS mengaktifkan fitur finansial dan token juga.

Itu kelebihannya. Untuk kekurangan tetap ada. Yaitu Anda hanya bisa menemui customer service pada hari dan jam kerja. Selain itu, lokasi kantor cabang bisa saja jauh dari tempat Anda tinggal. Sampai di sana kadang masih harus antre cukup panjang.

Cara mengaktifkan internet banking BRI melalui customer service sangat gampang. Anda hanya perlu datang sendiri / tidak boleh diwakilkan dan membawa persyaratan yang diperlukan. Persyaratan tersebut ialah kartu identitas KTP, buku tabungan, kartu ATM, nomor handphone, dan alamat email aktif.

Untuk proses detail, saya kira Anda sudah paham. Sampai di sana langsung saja ambil nomor antrean bagian customer service. Dialah yang akan mengaktifkan internet banking BRI pada rekening Anda. Selanjutnya, Anda cuma butuh duduk dan menunggu. Bila berjalan lancar akan selesai kurang dari 30 menit.

Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI

Semua langsung beres jika mengaktifkannya melalui customer service. Begitu Anda login menggunakan user ID dan password, akun internet banking sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi sesuai kebutuhan.

Namun, jika meregistrasikan via ATM, Anda perlu mengaktifkannya dengan login internet banking BRI pertama kali seperti berikut:

  • Kunjungi alamat ib.bri.co.id.
  • Klik tombol login.
  • Masukkan user ID dan password (didapat saat registrasi via ATM).
  • Muncul laman bertuliskan Syarat dan Ketentuan.
  • Baca sampai bawah dan klik tombol Setuju.
  • Anda diminta atur ulang password. Password Anda saat registrasi di ATM terdiri dari enam digit angka. Di sini Anda harus menggantinya dengan kombinasi huruf dan angka serta terdiri dari 8 digit.
  • Kemudian, Anda juga diminta untuk memasukkan email.
  • Selesai. Laman akan menampilkan ucapan Selamat Datang dan disertai menu-menu transaksi yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Biaya Internet Banking BRI

Mendaftarkan dan mengaktifkan internet banking BRI tidak dikenakan biaya. Semua gratis baik itu via ATM ataupun customer service. Begitu juga dengan biaya administrasi per bulan, antara nasabah yang mengaktifkan dan yang tidak, dikenakan potongan sama.

Meski demikian, mengakses internet banking BRI tidaklah gratis. Anda memerlukan koneksi internet. Apalagi jika melakukan transaksi finansial yang membutuhkan PIN tambahan yang dikirimkan melalui SMS. Biaya per SMS ialah Rp500,00–Rp550,00 tergantung operator seluler yang digunakan.

Mengakses internet banking BRI menggunakan aplikasi akan lebih hemat. Koneksi internet tetap diperlukan. Namun, tidak dengan PIN tambahan yang terkirim via SMS. Di sini yang diperlukan hanya password atau sandi. Sehingga biaya pulsa bisa lebih hemat.

Leave A Reply

Navigate