Dengan SMS banking BCA, nasabah bisa melakukan transaksi perbankan cukup dengan menggunakan handphone. Mereka tidak perlu cari ATM yang lokasinya jauh ataupun ke kantor cabang yang hampir dipastikan antre. Namun, agar dapat menikmati fasilitas ini terlebih dahulu nomor hp harus didaftarkan. Bagaimanakah caranya?

Baca juga: Cara dan Syarat Bikin Rekening Tabungan BCA

Mengaktifkan SMS banking pada rekening tabungan BCA tidak dikenakan biaya. Begitu juga administrasi bulanannya, akan tetap sama. Walau gratis, banyak kemudahan dan kenyamanan akan nasabah dapatkan. Selain yang sudah diceritakan pada awal, keamanan SMS banking juga tak perlu diragukan.

Ada dua cara mengaktifkan SMS banking pada bank BCA. Pertama, dengan mendatangi kantor cabang terdekat dan kedua, melalui ATM. Pada pembuatan rekening tabungan baru, saran banksentral.com daftarkanlah SMS banking saat itu juga. Bila lupa dan terlanjur sudah lama, masih tetap bisa mengaktifkan melalui ATM, atau datang ke kantor cabang bank lagi juga bisa.

Cara Mendaftarkan dan Mengaktifkan SMS Banking BCA Melalui Customer Service

Cara ini paling gampang. Anda tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat. Pada saat pembuatan rekening baru, saran saya minta langsung diaktifkan saat itu juga. Katakan kepada customer service tepat pada saat dia membuatkan buku rekening untuk Anda. Prosesnya Anda tinggal menunggu tidak ada sepuluh menit. Jika sudah, nomor handphone langsung bisa digunakan transaksi SMS banking.

Untuk mengaktifkan SMS banking pada rekening yang beberapa waktu sudah jadi, cara paling gampang tetap sama: melalui customer service. Anda tinggal datang saja ke kantor cabang BCA terdekat, ambil nomor antrean CS, dan tunggu nomor antrean dipanggil. Anda tidak harus mendatangi kantor cabang tempat pembuatan rekening dulu. Zaman sekarang cabang BCA mana saja hampir dipastikan bisa mengurus keperluan ini.

Sebelum mendatangi kantor cabang, perlu diketahui ada syarat yang harus di bawa agar mengaktifkan SMS banking dapat langsung diproses. Yaitu sebagai berikut:

  1. Buku tabungan
  2. Kartu ATM
  3. Kartu identitas asli berupa KTP
  4. Nomor handphone aktif yang akan diregistrasikan buat SMS banking.

Syarat-syarat di atas cukup perlihatkan kepada customer service sebagai bukti kepemilikan rekening. Jika dirasa tidak ada salah atau sudah pas, CS langsung mengurus. Prosesnya tidak ada 15 menit. Anda hanya tinggal menunggu sambil duduk manis.

Baca juga: Perbedaan SMS banking dan mobile banking

Cara Mengaktifkan SMS Banking BCA Melalui ATM

Cara di atas memang lebih gampang. Namun, mendatangi customer service BCA hampir dipastikan antre panjang. Apalagi pada hari dan tanggal tertentu: pasti padat. Tidak heran beberapa orang memplesetkan singkatan BCA menjadi Bank Capek Antre.

Untungnya ada cara lain untuk mendaftarkan nomor kita agar SMS banking aktif. Yaitu dengan melalui ATM. Selain tidak harus antre, kelebihan lainnya dengan registrasi dengan mesin ini ialah bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam. Beda dengan kantor cabang yang hari kerja pukul 07.30–16.00 saja, tanggal merah dan hari besar juga tutup.

Tahap-tahap melakukan registrasi SMS banking BCA melalui automatic teller machine ialah sebagai berikut:

  • Masukkan Paspor BCA (kartu ATM) ke mesin;
  • Masukkan PIN seperti biasa;
  • Cari menu “daftar e-banking/autodebet“. Lalu diklik;
  • Pilih SMS BCA;

Pada layar muncul tulisan syarat dan ketentuan yang harus Anda patuhi. Di bawahnya, Anda disuruh memasukkan nomor handphone atau hp yang ingin digunakan untuk transaksi SMS banking BCA.

  • Masukkan nomor handphone;

Muncul tulisan pada layar menyuruh Anda memasukkan kode akses empat digit. Kode akses ini nanti dibutuhkan sebagai PIN atau sandi saat melakukan transaksi SMS banking BCA.

  • Masukkan empat digit kode akses (dibuat sesuai pilihan sendiri);
  • Masukkan ulang empat digit kode akses dengan benar dan kemudian pilih “benar”.

Layar memunculkan tulisan bahwa Anda tidak diperbolehkan memberitahukan kode akses kepada siapa pun demi keamanan. Di bawahnya ada bacaan lagi yang memastikan bahwa nomor handphone yang Anda masukkan tadi sudah benar.

  • Jika semua sudah benar, langsung pilih “Ya”;
  • Mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai bukti bahwa permintaan registrasi SMS banking BCA Anda telah sukses dan siap digunakan.

Lebih Baik Registrasi SMS Banking BCA Melalui ATM atau Customer Service Saja?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kelebihan mendaftar SMS banking BCA via ATM di antaranya tidak harus datang ke kantor cabang bank yang kemungkinan besar antre, lokasi jauh, dan harus pada jam kerja. Sedangkan kelemahannya harus dilakukan oleh sendiri. Bagi sebagian orang, hal ini susah dan memungkinkan terjadinya kesalahan.

Begitu juga dengan datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat menemui customer service. Keuntungannya ialah dibantu prosesnya sampai selesai. Anda tinggal menunggu saja. Sedangkan kekurangannya harus menyertakan syarat lumayan banyak: membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas/KTP.

Hasil dari kedua cara di atas sama. Nomor handphone yang sukses diregistrasikan langsung bisa digunakan transaksi perbankan dengan metode SMS banking. Namun perlu diketahui, fitur SMS banking BCA sendirilah yang memiliki sejumlah batasan. Misalnya, tidak bisa melakukan transfer baik sesama ataupun antar bank. Agar bisa melakukan transaksi ini melalui smartphone, nasabah harus mengaktifkan layanan mobile banking (m-banking) juga.

Cara mendaftar mobile banking BCA akan dibahas lain kali. Untuk besok, kita bahas cara melakukan transaksi SMS banking dulu. Di situ akan disertakan daftar kode perintah yang tersedia juga. Dengan begitu dapat diketahui transaksi yang bisa dilakukan SMS banking BCA apa saja.

Baca lainnya: Kelebihan dan kekurangan ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment