Cara cek saldo, transfer, dan isi pulsa menggunakan m-BCA

Panduan transaksi menggunakan aplikasi BCA Mobile, mulai dari cek saldo, transfer, hingga beli atau isi ulang pulsa handphone.

Transaksi perbankan menggunakan m-BCA lebih simpel daripada SMS banking BCA. Mau cek saldo, transfer sesama rekening BCA, transfer antarbank, isi ulang pulsa, dll., caranya tinggal klik dan klik menggunakan menu SIM-card. Tidak seperti SMS banking BCA yang harus mengetik format kode perintah yang rumit itu.

Daftar transaksi yang m-BCA dapat lakukan juga lebih lengkap. Seperti kita telah tahu, SMS banking BCA hanya bisa melakukan transaksi nonfinansial seperti cek saldo, mutasi rekening, dan informasi lain. Sekalipun ada transaksi finansial, cuma satu: isi ulang pulsa. Sedangkan m-banking BCA dapat melakukan keduanya, dari cek saldo, transfer, payment, sampai e-commerce.

Namun, karena jenis transaksi yang paling banyak digunakan pada mobile banking m-BCA hanya cek saldo, transfer, dan pembelian isi ulang pulsa, kali ini banksentral.com membuat tutorialnya pada ketiga itu saja. Untuk transaksi lain seperti ganti PIN; bayar tagihan bulanan PLN, PAM, internet, dll.; serta pembelian tiket, tidak perlu. Mengapa? Karena saya yakin Anda akan dapat melakukannya kalau sudah paham cukup satu saja.

Baca juga: SMS banking BCa tidak bisa transfer sesama dan antarbank, ini solusinya!

Syarat Agar m-BCA Bisa Digunakan untuk Cek Saldo, Transfer, dan Isi Ulang Pulsa

Sebelumnya perlu diketahui. Dengan memiliki rekening BCA dan mendaftarkan SMS banking, bukan berarti Anda langsung bisa melakukan transaksi melalui m-BCA. Nomor hp Anda harus diregistrasikan dulu. Caranya hampir sama seperti mendaftar SMS banking. Bisa melalui ATM ataupun customer service di kantor cabang BCA terdekat.

Setelah meregistrasikan melalui ATM, masih ada satu proses lagi yang harus dilakukan. Yaitu mengaktifkannya pada ponsel. Caranya memang sangat mudah, tetapi transaksi yang dapat dilakukan masih terbatas. Yaitu sekadar transaksi nonfinansial seperti ganti PIN, cek saldo, mutasi rekening, info kurs dan lainnya.

Bagaimana agar m-BCA dapat digunakan untuk transfer uang, isi ulang pulsa, bayar tagihan bulanan, dan transaksi finansial lain? Anda harus mengaktifkan transaksi fin melalui customer service. Tidak harus yang berada di cabang tempat Anda bikin rekening dulu. Kantor cabang manapun asal masih BCA bisa mengurus hal begini.

Kesimpulannya ialah mendaftarkan m-BCA lebih baik melalui customer service daripada via ATM. Namun, karena kantor cabang hanya bisa melayani pada jam kerja, hari Minggu libur, dan setelah sampai di sana harus antre lama, maka banyak orang malas ke sana. Untuk itu, solusinya ialah daftarkan mobile banking BCA berbarengan pada saat bikin rekening. Dengan begini Anda tidak perlu bolak-balik.

Baca juga: Cara registrasi dan mengaktifkan m-BCA via ATM dan customer service

Cara Cek Saldo Menggunakan m-BCA

Seperti sudah dikatakan di awal, cara mengakses mobile banking BCA yaitu menggunakan menu SIM-Card. Menu ini dapat Anda temukan pada handphone atau smartphone yang telah diisi kartu SIM. Setelah dibuka dan diklik maka akan muncul beberapa sub-menu lain. Salah satunya m-banking dari berbagai macam bank seperti m-BCA, m-B_Mandiri, m-Permata, dll.

Jika ternyata SIM-card Anda tidak terdapat menu ini artinya belum m-banking ready. Solusinya Anda harus menukarkan kartu ke Galeri Indosat, GraPARI Telkomsel, XL Center, atau lainnya sesuai operator yang Anda gunakan. Jika sudah melakukan semua syarat di atas maka SIM-card Anda siap digunakan untuk transaksi perbankan cukup melalui ponsel alias tidak perlu ke ATM.

Untuk cek saldo, caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Pilih “m-BCA” dengan cara klik pada layar atau tekan OK/YES
  2. Pilih “m-menu”
  3. Pilih “Info saldo”
  4. Masukkan PIN m-BCA
  5. Tunggu beberapa saat, Anda akan menerima pesan berisi informasi saldo rekening Anda.

Cara Transfer Sesama BCA Menggunakan Mobile Banking BCA

  1. Buka menu SIM-card
  2. Pilih “m-banking”
  3. Pilih “m-BCA”
  4. Pilih “m-Transfer”
  5. Pilih “Antar rek”
  6. Pilih “Mata uang (Rp[IDR]/USD/SGD)
  7. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer
  8. Masukkan nomor rekening BCA tujuan yang akan ditransfer
  9. Masukkan PIN m-BCA
  10. Muncul keterangan “Berita”. Ini bisa Anda isi atau kosongkan
  11. Jika Anda memiliki beberapa rekening yang terhubung m-BCA, pilih nomor rekening yang ingin Anda gunakan
  12. Pastikan semua data transaksi yang muncul pada layar konfirmasi telah benar. Jika iya, tekan OK/YES dan lanjut ke poin nomor 13. Jika salah, diamkan beberapa saat sampai pesan pada layar hilang sendiri dan transaksi dibatalkan otomatis.
  13. Masukkan PIN m-BCA
  14. Anda akan menerima pesan berisi pemberitahuan bahwa transaksi sukses atau gagal.

Cara Transfer Antarbank via m-Banking BCA

  1. Pilih “m-BCA”
  2. Pilih “m-Transfer”
  3. Pilih “Antarbank”
  4. Masukkan kode bank tujuan transfer
  5. Masukkan nomor rekening tujuan
  6. Masukkan jumlah uang yang akan ditransfer
  7. Masukkan PIN m-BCA
  8. Pastikan data transaksi pada layar konfirmasi telah benar. Jika iya, lanjutkan ke tahap nomor 9. Jika tidak, diamkan saja sampai pesan pada layar hilang dan transaksi dibatalkan otomatis
  9. Masukkan PIN m-BCA sekali lagi
  10. Anda akan menerima pesan berisi informasi transaksi sukses atau gagal.

Cara Membeli Isi Ulang Pulsa Melalui Mobile Banking BCA

  1. Pilih “m-BCA”
  2. Pilih “m-Commerse”
  3. Pilih “Voucher isi ulang”
  4. Pilih operator nomor yang Anda ingin isikan “Indosat/T-SEL/3/XL”
  5. Masukkan nomor hp yang ingin Anda isi pulsa
  6. Pilih nominal pulsa yang Anda ingin beli
  7. Pastikan data transaksi yang muncul pada layar konfirmasi benar
  8. Masukkan PIN m-BCA
  9. Anda akan menerima pesan pemberitahuan transaksi sukses atau gagal. Jika sukses, tunggu sejenak sampai pulsa masuk ke nomor yang diisikan.

Baca selanjutnya: Semua daftar transaksi yang m-BCA dapat lakukan.