Cara blokir SMS banking BCA agar tidak aktif lagi

Masukkanlah kode akses SMS banking BCA yang salah tiga kali berturut-turut. Atau bisa juga dengan menelepon Halo BCA dan mengajukan pemblokiran.

Memblokir atau menonaktifkan SMS banking BCA dalam kondisi tertentu diperlukan. Misal, saat SIM-card terbuang, hangus karena lupa isi ulang pulsa, hilang, atau dicuri bersama handphone-nya oleh orang lain. Yang perlu ditanyakan selanjutnya ialah: bagaimakah cara melakukan hal tersebut?

Sebagian pembaca banksentral.com mungkin penasaran mengapa harus diblokir. Seperti kita tahu, SMS banking BCA memungkinkan kita mengakses rekening hanya dengan menggunakan nomor handphone. Salah satu transaksi yang tersedia yaitu pembelian isi ulang pulsa. Jika nomor ponsel yang Anda gunakan SMS banking BCA berada di tangan orang tidak bertanggung jawab, apa tidak bahaya?!

Untungnya SMS banking BCA tidak mendukung transaksi transfer, baik sesama ataupun antar bank. Jadi, selain isi pulsa, pelaku tidak bisa memindahkan saldo Anda ke rekeningnya. Akan tetapi, pembelian pulsa juga dapat menghabiskan isi tabungan Anda. Kemudian, rahasia lain seperti jumlah saldo, catatan transaksi, dan sebagainya dapat diketahuinya dengan mudah.

Baca juga: Biaya atau tarif SMS banking BCA per transaksi

Cara Memblokir SMS Banking Agar Tidak Aktif Lagi

Siapa pun pasti tidak ingin mengalami kejadian seperti di atas. Untuk menghindari, begitu tahu dan menyadari nomor hilang atau dicuri sekaligus hp-nya, segeralah melakukan pemblokiran layanan SMS banking BCA Anda. Caranya seperti yang akan dijelaskan di bawah.

Bukan hanya nomor hilang, nomor hangus dan ganti baru pun harus diblokir bahkan dihapus dari data rekening Anda. Tujuannya agar jika nomor aktif kembali dan dimiliki orang lain tidak digunakan secara iseng. Harus diketahui, nomor tidak dipakai suatu saat akan hangus. Setelah beberapa waktu, operator akan mengaktifkan kembali dan dijual ke umum. Pada rekening BCA, nomor tersebut tetap tercatat meskipun sempat mengalami hangus.

Cara Memblokir Nomor SMS Banking BCA dengan Tiga Kali Salah Memasukkan Kode Akses

Cara ini tidak dapat Anda lakukan sendiri karena nomor handphone sudah berada di tangan orang lain. Namun, Anda bisa mengusahakan agar hal ini terjadi. Tidak perlu menyuruh orangnya, tetapi cukup lakukan saja hal berikut sebelum-sebelumnya.

Setiap Anda transaksi SMS banking pasti mengetik terlebih dahulu. SMS yang berisi kode perintah sekaligus kode akses di akhir formatnya itu akan tersimpan sebagai SMS terkirim. Hapuslah semua SMS seperti ini setiap selesai transaksi. Dengan begitu, pencuri hp tidak akan tahu kode akses SMS banking BCA Anda.

Tidak hanya SMS terkirim. SMS balasan dari BCA pun sebaiknya dihapus. Tujuannya agar pencuri hp tidak tahu bahwa nomor tersebut teregistrasi SMS banking BCA.

Jika kondisinya seperti ini, dijamin tidak terpikirkan oleh pencuri untuk mencoba transaksi SMS banking menggunakan nomor Anda. Sekalipun iya, ia tidak tau kode akses atau sandi SMS banking-nya. Jika tetap dipaksakan dan salah tulis lebih dari tiga kali, hasilnya SMS banking BCA Anda terblokir otomatis.

Baca juga: Daftar format kode SMS banking BCA untuk cek saldo, isi ulang pulsa, mutasi rekening, dll

Cara Blokir SMS Banking BCA dengan Menghubungi Halo BCA

Cara kedua dengan menghubungi call center BCA atau biasa disebut Halo BCA. Nomornya yaitu 1500888. Biaya menelepon nomor ini akan lebih murah menggunakan telepon rumah (PSTN). Karena menggunakan handphone mahal, sebelum menelepon pastikan Anda memiliki pulsa dengan jumlah banyak agar pembicaraan tidak terputus sebelum proses pemblokiran berhasil. Kira-kira minimal 25.000 saja.

Menghubungi Halo BCA dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Agar operator BCA di ujung telepon bisa memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik rekening yang berhak mengajukan pemblokiran SMS banking, ada beberapa pertanyaan yang harus diajukan olehnya.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut digunakan untuk verifikasi. Sehingga pertanyaan juga masih berhubungan dengan data rekening Anda. Di antaranya nomor rekening, nomor kartu ATM, nama ibu kandung pemilik rekening, perkiraan jumlah saldo, dan sebagainya. Biar Anda bisa menjawab dengan cepat, lebih baik siapkan dulu buku tabungan dan kartu ATM sebelum menelepon.

Setelah data terverifikasi, barulah Anda dapat mengajukan pemblokiran layanan SMS banking BCA. Mungkin sebelumnya ditanya dulu alasannya. Jika iya, Anda bisa jawab dengan jujur. Seperti misalnya kartu terbuang, hilang, ganti nomor baru, atau hp dicuri beserta nomornya. seandainya semua lancar, proses pemblokiran akan sukses dalam hitungan menit. Tips ini lebih efisien karena mengurus saat tengah malam pun tidak masalah.

Memblokir SMS Banking BCA dengan Memblokir Nomor SIM-card

Cara ketiga ini dapat Anda jadikan alternatif. Jika cara kedua di atas mengajukan pemblokirannya kepada BCA, kali ini kepada operator penyedia jaringan ponsel/SIM-card yang Anda gunakan. Prosesnya bisa menelepon atau dengan mendatangi secara langsung Galeri jika nomor Indosat, GraPARI jika nomor Telkomsel, XL Center jika nomor XL, dan seterusnya.

Cara ini sangat efektif jika nomor yang digunakan SMS banking BCA Anda hilang. Mengapa? Karena pemblokiran hanya berefek pada SIM-card saja. Sedangkan SMS banking tetap masih aktif.

Selanjutnya, masih pada hari dan di tempat sama, Anda sebaiknya langsung mengajukan permohonan ganti kartu tetapi dengan nomor yang sama. Dengan begini Anda masih tetap bisa menggunakan SMS banking BCA lagi tanpa perlu registrasi ulang di ATM atau mendatangi kantor cabang BCA terdekat.

Cara Mengaktifkan Kembali Nomor SMS Banking yang Terblokir

Pemblokiran nomor SMS banking BCA pada nomor tiga di atas tidak perlu diaktifkan kembali. Hal ini karena SMS banking BCA pada rekening tersebut tetap aktif atau tidak pernah terblokir. Dengan kata lain, saat itu yang terblokir hanya SIM-card saja. Bila SIM-card sudah aktif kembali, maka rekening tidak terpengaruh apa-apa.

Untuk pemblokiran metode pertama, cara mengaktifkannya kembali ialah dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat atau menelepon Halo BCA. Jika Anda pilih mendatangi kantor cabang, prosesnya tidak begitu ribet. Anda hanya perlu menjelaskan permasalahan dan meminta kepada customer service untuk mengganti nomor dengan lain untuk SMS banking.

Sedangkan solusi untuk permasalahan berikutnya, yaitu pengaktifan kembali nomor SMS banking BCA yang terblokir melalui Halo BCA, caranya yaitu dengan sekaligus memintanya untuk menghapuskam nomor tersebut pada data rekening BCA Anda. Dengan begitu Anda bisa mengaktifkan kembali sendiri melalui ATM seperti saat registrasi pertama kali.

Baca juga: Cara mendaftar atau mengaktifkan SMS banking BCA via ATM dan customer service.