Cara Bikin Tabungan BCA Tanpa NPWP

Syarat membuat rekening tabungan BCA makin lama makin ketat dan banyak. Dulu, hanya dengan KTP dan sejumlah uang buat setoran awal sudah bisa. Sekarang, selain e-KTP (KTP elektronik), juga harus dilengkapi dengan NPWP (nomor pokok wajib pajak). Untuk uang setoran awal masih sama: Rp500.000,00.

Yang jadi masalah ialah sebagian masyarakat belum membuat NPWP. Jumlah mereka banyak. Saat mencoba bikin rekening, mereka ditolak customer service BCA gara-gara tidak memiliki kartu pajak ini. Meski sudah disertakan dokumen lain seperti KK (kartu keluarga) dan SIM (surat izin mengemudi) tetap saja tidak bisa.

Pengalaman tidak bisa membuat rekening BCA gara-gara tidak mempunyai NPWP tidak dialami satu orang saja. Banksentral.com sering mendengar keluhan seperti itu berkali-kali. Padahal, jika mereka tahu, sebenarnya ada beberapa cara agar bisa membuat tabungan BCA meskipun tidak memiliki NPWP.

Cara Buka Rekening Tabungan BCA Tanpa NPWP

Caranya ada dua. Pertama, memilih tipe rekening BCA yang syarat pembuatannya tidak memerlukan NPWP. Sekadar informasi, BCA memiliki sepuluh bahkan lebih produk tabungan. Beberapa di antaranya tidak ribet untuk dibikin. Cara kedua, dengan beberapa trik yang akan dijelaskan di bagian bawah.

Kita bahas cara pertama dulu. Berikut adalah beberapa tipe rekening tabungan BCA yang syarat pembuatannya tidak memerlukan NPWP.

1. Tahapan Xpresi BCA

Tahapan Xpresi merupakan salah satu tabungan BCA yang ditujukan kepada kawula muda. Meski demikian, orang dewasa dan anak-anak di bawah 17 tahun tetap boleh membuat rekening ini. Intinya, syarat pembuatan rekening Tahapan Xpresi BCA bisa semua umur.

Selain usia bebas, kemudahan membuat rekening Tahapan Xpresi lainnya ialah tidak harus menyertakan NPWP meskipun pembuatnya berusia 17 tahun dan berpenghasilan banyak. Sebagai tambahan informasi, biaya administrasi rekening ini murah tetapi mendapatkan fasilitas lengkap.

2. TabunganKu BCA

TabunganKu merupakan produk tabungan program pemerintah. Program ini diadakan dengan tujuan menumbuhkan gemar menabung pada masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini maka syarat pembuatan rekening TabunganKu BCA sudah pasti mudah atau gampang.

Bukti kemudahannya ialah calon nasabah tidak harus menyertakan NPWP saat buka rekening BCA tipe ini. Selain itu, setoran awal sedikit: Rp20.000,00. Untuk biaya administrasi per bulan gratis tetapi bisa mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM yang bisa dipakai di ATM BCA seluruh Indonesia.

3. Simpanan Pelajar BCA (SimPel BCA)

Tabungan BCA berikutnya yang bisa dibikin tanpa NPWP ialah Simpanan Pelajar BCA. Sama seperti TabunganKu, SimPel juga program pemerintah. Bedanya, usia SimPel lebih muda karena baru diluncurkan pada tanggal 14 Juni 2015 oleh Presiden Joko Widodo bersama OJK.

Perbedaan lain, TabunganKu ditujukan kepada masyarakat umum segala umur. Sedangkan SimPel khusus para pelajar dengan usia di bawah 17 tahun. Usia-usia ini pasti belum mempunyai NPWP. Akan tetapi mereka bisa membuat rekening BCA tanpa NPWP.

4. LAKU BCA

Agar menjangkau hingga ke pelosok, BCA mengadakan agen khusus yang bisa melayani masyarakat untuk urusan tabungan. Di agen ini, masyarakat bisa membuat rekening dan transaksi perbankan lain tanpa harus mendatangi kantor cabang BCA yang mungkin lokasinya jauh. Agen semacam ini dinamakan agen LAKU BCA.

Membuat rekening tabungan di tempat itu pasti syaratnya lebih mudah. Dapat dipastikan Anda yang tidak mempunyai NPWP bisa membuat tabungan BCA di agen LAKU BCA seperti ini.

Cara Buka Tabungan BCA Tipe Lain Tanpa NPWP

Lanjut cara kedua yaitu dengan trik. Seperti kita tahu, fasilitas rekening BCA lain seperti Tahapan BCA, Tahapan Gold, dan sebagainya lebih lengkap. Pemiliknya bisa mendapatkan buku tabungan, kartu ATM yang bisa dipakai di seluruh Indonesia bahkan dunia, SMS banking, mobile banking, dan internet banking. Sayangnya, untuk dapat membuat rekening ini harus menyertakan NPWP.

Namun tenang saja. Masalah ini dapat diakali dengan cara berikut:

Pertama, bikinlah rekening tabungan BCA di kantor cabang tertentu. Berdasarkan pengalaman pribadi, antara cabang satu dan lainnya bisa beda aturan meskipun sama-sama BCA. Aturan di cabang yang sepi dan berlokasi di pedesaan biasanya lebih longgar. Di sini rata-rata calon nasabah diperbolehkan membuat tabungan BCA tanpa NPWP.

Cara berikutnya ialah buktikan bahwa Anda tidak wajib pajak. Berdasarkan informasi terakhir yang saya ketahui, orang berpenghasilan rendah tidak wajib membuat NPWP. Jika bisa membuktikan kepada customer service BCA bahwa Anda termasuk salah satunya, kemungkinan besar Anda diperbolehkan membuat tabungan BCA tanpa NPWP.

Leave A Reply

Navigate