Mengurus buku tabungan BCA hilang sangat gampang. Nasabah tidak perlu bikin surat kehilangan dari kepolisian. Cukup tiga syarat berikut sudah bisa. Yaitu KTP, kartu ATM, dan uang Rp5.000,00. Guna uang untuk membayar biaya penggantian buktab baru.

Begitu juga dengan caranya. Tidak ribet. Datang saja ke kantor cabang dengan membawa berkas tadi. Tidak harus di cabang asal tempat Anda buka rekening. Mana saja bisa. Saran banksentral.com pilihlah lokasi terdekat. Ke sana pada hari dan jam kerja.

Teorinya begitu. Namun, praktiknya bisa beda. Kadang muncul masalah yang membuat pengurusan buku tabungan BCA hilang menjadi sulit. Misal sakit dan tidak bisa datang. Apakah bisa melalui telepon call center? Bagaimana jika diwakilkan orang lain? Mari ketahui jawabannya.

Haruskah buku tabungan hilang segera diurus?

Fungsi buku tabungan sebenarnya tidak banyak. Apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang. Transaksi finansial dan nonfinansial lebih efisien menggunakan e-channel. Pilihan bisa beragam: ATM, SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Bukti lainnya ialah beberapa tipe rekening BCA sengaja tidak diberi fitur buku tabungan. Sebut saja Xpresi BCA, SimPel (Simpanan Pelajar) BCA, dan BCA Dollar. Penggunanya biasa-biasa saja. Mereka tidak kesulitan bertransaksi.

Akan tetapi, pemilik rekening Tahapan BCA, TabunganKu, dan sejenisnya, perlu memperhatikan keberadaan buku tabungan. Saat hilang harus diurus segera. Apalagi terjatuh di tempat umum. Buktab bisa ditemukan orang lain dan kemudian disalahgunakan.

Jadi lebih untung menggunakan jenis rekening tanpa buku tabungan dong? Tidak juga. Sebagian orang lebih nyaman saat tabungannya disertai bukti buku. Intinya, pilihlah sesuai kebutuhan. BCA konvensional menyediakan setidaknya sepuluh jenis.

Syarat dan ketentuan mengurus buku tabungan BCA hilang

Secara umum, syarat yang dibutuhkan yaitu KTP, kartu ATM, dan duit Rp5.000,00. Namun, sebaiknya Anda ketahui info lebih detail. Sehingga proses pengurusan buku tabungan hilang bisa lancar tanpa kendala.

Pertama, KTP. Sebenarnya kartu identitas bisa berupa SIM, paspor, dan kartu pelajar. Saran banksentral.com, pakailah dokumen yang dulu Anda gunakan untuk bikin rekeningnya. Jika beda atau data berubah bisa repot. Bahkan mungkin ditolak.

Kartu identitas harus asli. Bukan fotokopian. Masa aktif berlaku alias tidak kedaluwarsa. Jika KTP harus e-KTP (KTP elektronik), bukan model lama yang kertas dilaminating. Seandainya hilang atau belum jadi, bisa pakai suket (surat keterangan pembuatan KTP masih dalam proses) atau resi KTP.

Syarat kedua yaitu kartu ATM. Bank menyebutnya Paspor BCA. Jenisnya macam-macam: Blue/Silver, Gold, Platinum, dan tipe khusus (untuk TabunganKu, SimPel, dan BCA Dollar). Apapun punya Anda silakan bawa. Jika sedang tertelan/tertahan di dalam mesin, silakan baca: Solusi kartu ATM dan buku tabungan BCA hilang sekaligus.

Apapun kondisi kartu ATM tidak jadi soal. Entah rusak, terblokir, ataupun kedaluwarsa bisa sekalian diurus. Termasuk jika butuh upgrade atau downgrade tipe. Serta ganti dari magnetic strip ke chip, dan dari Maestro + Cirrus ke GPN atau sebaliknya.

Biaya ganti buku tabungan BCA

Lanjut syarat ketiga: uang. Buku tabungan hilang artinya pihak BCA mengeluarkan buktab baru untuk pengganti. Uang tadi untuk membelinya. Harga yang harus dibayar yaitu Rp5 ribu. Bagaimana kalau lupa bawa? Tidak usah khawatir. Anda bisa meminta pemotongan saldo.

Tarifnya sama segitu untuk semua jenis buku tabungan BCA. Mungkin pembaca bertanya, “Bukankah TabunganKu BCA gratis?” Berdasarkan pengalaman banyak orang memang tanpa biaya. Namun, ini soal ganti sebab hilang. Beda dengan ganti karena halaman habis.

Biaya akan bertambah kalau sekalian mengurus kartu ATM. Khususnya yang ganti kartu. Misal hilang, rusak, kedaluwarsa, dan keblokir lupa PIN. Terblokir tetapi masih ingat PIN tidak harus ganti. Cukup direset saja. Biaya gratis. Bahkan bisa diatasi hanya dengan menelepon call center Halo BCA.

Biaya tambahan bervariasi. Tergantung tipe kartu ATM yang bermasalah. Warna blue/silver Rp10.000,00. Kuning/gold Rp15.000,00. Hitam/platinum Rp20.000,00. Kartu ATM rekening TabunganKu, SimPel, dan Laku, mungkin gratis. Sedangkan Paspor BCA Dollar biasanya lebih mahal.

Cara mengurus buku tabungan BCA hilang

Seperti dijelaskan di awal. Cara mengurus buku tabungan hilang ialah datang ke kantor cabang terdekat. Bawa persyaratan tadi. Sampai di sana ambil nomor antrean. Kemudian customer service melayani. Dia yang mengerjakan sampai Anda dapat buku BCA baru. Proses tidak lama: 15–30 menit saja.

Akan tetapi, cara di atas tidak berlaku jika data identitas nasabah (DIN) berubah. Misal, dulu buka rekening menggunakan kartu pelajar. Sekarang lulus dan kartu identitas yang dimiliki hanya KTP. Kondisi ini harus mengurus buku tabungan BCA hilang di kantor cabang asal. Sama halnya bila nomor NIK KTP berbeda.

Bagaimana kalau beda domisili (alamat kartu identitas tidak sama dengan tempat tinggal)? Apakah wajib melampirkan surat keterangan dari RT dan RW setempat? Jawabannya tidak. Keadaan ini berlaku ketentuan: bisa mengurus di cabang mana saja selama tidak ada perubahan DIN.

Mengurus buku tabungan BCA hilang dengan diwakilkan

Sampai di sini sudah jelas. Solusi buku tabungan BCA hilang harus datang ke kantor cabang. Tidak bisa melalui call center Halo BCA 1500888 ataupun video banking. Itu pun harus pemilik rekening sendiri. Maksudnya, bukan diwakilkan orang lain. Kalau sekadar diantar tentu boleh-boleh saja

Bagaimana jika benar-benar tidak bisa datang? Kita tahu manusia kadang berhalangan. Bisa sedang sibuk, sakit, hamil, melahirkan, berada di luar negeri, dll. Bisakah dengan mengutus orang kepercayaan (suami/istri, keluarga, atau asisten)? Tetap tidak bisa!

Memang susah. Bahkan ternyata, mengurus rekening yang pemiliknya telah meninggal masih lebih gampang. Ahli waris tinggal mengajukan penutupan rekening. Dengan syarat tertentu maka sisa saldo dapat dicairkan. Sementara jika buku tabungan BCA hilang dan pemilikinya masih hidup, mau tidak mau harus diatasi sendiri.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment