Tapenas cocok untuk orang yang susah menabung (boros). Karena, ia seakan memaksa menyisihkan uang untuk dimasukkan ke tabungan. Setelah itu, saldo tidak bisa diambil sembarangan. Harus menunggu jatuh tempo tiba.

Dengan ketentuan itu, BNI Tapenas bisa diandalkan buat perencanaan masa depan. Baik dana pendidikan, liburan, pembelian properti, dsb. Apalagi, suku bunganya termasuk tinggi. Saat pencairan Anda mendapat keuntungan dobel.

Meskipun sama ada jangka waktu dan bunga di atas rata-rata, Tapenas beda dengan Deposito BNI. Pada deposito, setoran cuma sekali. Langsung dalam jumlah besar. Kemudian didiamkan. Sebagai imbalan, tiap bulan mendapat bunga.

Sebaliknya, setoran awal Tapenas bisa kecil. Namun, tiap bulan harus menabung/setoran rutin. Besarnya ditentukan (sesuai kemampuan). Bahkan akan mendebet otomatis dari rekening afiliasi. Sebuah paksaan yang tidak merugikan.

Syarat buka tabungan BNI Tapenas

Penjelasan di atas semoga bisa dipahami. Singkatnya, Tapenas merupakan tabungan berjangka 2–18 tahun. Agar saldo sulit diambil, rekening tidak difasilitasi kartu ATM dan e-banking. Para nasabah hanya dikasih buku tabungan.

Jika menyetujui aturan main dan tertarik memiliki, berikut syarat yang diperlukan saat membuat tabungan BNI Tapenas.

  1. Warga negara Indonesia (WNI). WNA saat ini tidak bisa.
  2. Usia minimal saat buka 17 tahun. Saat jatuh tempo maksimal 65 tahun.
  3. Kartu identitas KTP/SIM/paspor.
  4. Memiliki tabungan BNI Taplus, Taplus Muda, Taplus Bisnis, atau BNI Giro (buat rekening afiliasi).
  5. Setoran pertama minimal Rp100.000,00.
  6. Setoran bulanan minimal Rp100.000,00–kelipatan Rp50.000,00–dan maksimal Rp5.000.000,00.

Pembuat Tapenas sudah memiliki rekening lain. Jadi, tidak diminta NPWP lagi. Jika buka di cabang luar kota harus membawa surat keterangan domisili. Anda dapat membuatnya dengan meminta kepada ketua RT dan RW setempat.

Cara membuat rekening BNI Tapenas

Ada dua cara. Pertama, via online menggunakan internet banking atau aplikasi m-banking. Jika rekening afiliasi terdaftar fitur ini, Anda tinggal login. Cari dan kliklah menu “permohonan layanan”. Maka muncul pilihan “pembukaan Tapenas”.

Cara kedua ialah mengunjungi kantor cabang terdekat. Prosesnya kurang lebih seperti ini.

  • Datang ke kantor cabang BNI pada hari dan jam kerja.
  • Jangan lupa bawa persyaratan yang dibutuhkan.
  • Sesampai di sana, ambil nomor antre layanan customer service.
  • Tunggu giliran dilayani.
  • Saat dilayani customer service, sambil menyerahkan persyaratan, katakan Anda mau buka rekening BNI Tapenas.
  • Jika syarat lengkap dan disetujui, ia memberikan formulir pembuatan tabungan baru.
  • Isilah form dengan data yang benar.
  • Tanda tangani di atas meterai 6.000 dan serahkan kembali kepada customer service.
  • Proses selanjutnya, CS mencetak buku tabungan BNI Tapenas atas nama Anda.
  • Nomor rekening jadi. Silakan menuju teller untuk melakukan setoran pertama.
  • Selesai. Anda bisa pulang dengan membawa buku tabungan BNI Tapenas.

Pengisian formulir menentukan banyak hal. Di antaranya jangka waktu/jatuh tempo dan jumlah setoran bulanan. Pilihlah sesuai kemampuan. Sebab, jika di tengah jangka waktu tidak sanggup akan menanggung konsekuensi yang dijelaskan di bawah.

Meterai disediakan bank dan Anda cukup bayar Rp6.000,00. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, buku Tapenas tidak langsung jadi. Namun tidak masalah. Rekening tetap mendebet otomatis. Mengecek saldo pun bisa dilakukan banyak cara.

Biaya tabungan BNI Tapenas

Tapenas lebih pas buat tabungan, bukan transaksi. Karena tidak difasilitasi kartu ATM ataupun e-banking (SMS banking, m-banking, dan i-banking). Jadi, tidak ada biaya pengelolaan kartu, transfer, pembelian, pembayaran, dan sebagainya.

Adanya hanya biaya administrasi rekening. Itupun bukan per bulan, melainkan setahun sekali. Begitu juga saat pembukaan. Buku tabungan bisa Anda dapat secara cuma-cuma. Yang perlu dibayar cuma meterai selembar Rp6.000,00.

Meski demikian, Anda akan dikenakan denda penalti saat melanggar aturan. Misal menutup rekening Tapenas sebelum jatuh tempo. Selain itu, sama seperti deposito, dikenakan pajak atas bunga yang didapat. Jumlah biaya-biaya tersebut terlampir di bawah.

Biaya administrasiRp18.000,00
Biaya gagal autodebetRp0,00
Biaya tutup rekening saat jatuh tempoRp0,00
Biaya tutup rekening sebelum jatuh tempo1% dari saldo akhir
Pajak20% dari bunga
Biaya BNI Tapenas

Ketentuan BNI Tapenas

Tapenas bukan seperti tabungan reguler lain. Bagi yang belum paham dengan penjabaran di atas, berikut beberapa ketentuan lain yang penting diketahui. Pastikan Anda membaca sebelum keputusan membuka.

Ditentukan jatuh tempo. Saat pembuatan Tapenas, tepatnya pada pengisian formulir, Anda diminta memilih jangka waktu menabung: paling cepat 2 tahun dan paling lama 18 tahun.

Ditentukan jumlah setoran bulanan. Selama jangka waktu, tiap bulan Anda harus menabung rutin. Besaran ditentukan saat mengisi formulir juga. Pilihannya, minimal Rp100 ribu (kelipatan Rp50 ribu) dan maksimal Rp5 juta.

Setoran bulanan autodebet dari rekening afiliasi. Anda tidak perlu repot-repot setor atau transfer uang ke rekening Tapenas. Ia otomatis mengambil saldo dari rekening yang dikaitkan. Kapan? Tanggal 5 tiap bulan.

Boleh menambah dana di luar setoran bulanan. Jika mau, Anda dapat menambah tabungan Tapenas kapan pun. Caranya dengan transfer via teller, ATM, SMS banking, m-banking, ataupun internet banking. Tapenas juga mempunyai nomor rekening, kok.

Penarikan saldo Tapenas. Saldo setoran bulanan dan bunga tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo. Sedangkan saldo setoran tambahan bisa. Namun hanya 30%. Itupun setahun sekali. Penghitungan setahun berdasarkan penggantian kalender.

Suku bunga dan manfaat Tapenas

Salah satu kelebihannya ialah seperti deposito: suku bunga tinggi di atas rata-rata. Angka tepatnya dituliskan menggunakan tabel di bawah.

SaldoSuku bunga
> Rp0,003,25%
Suku bunga BNI Tapenas

Selain bunga tinggi, rekening model Tapenas BNI juga memiliki manfaat lain. Para pemilik mendapat keuntungan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kedisiplinan menabung.
  2. Membantu perencanaan keuangan. Baik dana pendidikan, liburan, pembelian properti, dan sebagainya.
  3. Memastikan ketersediaan dana pada masa depan.
  4. Sarana investasi karena mendapat bunga lumayan tinggi.
  5. Mendapat manfaat asuransi kesehatan dan jiwa. Pemilik Tapenas tidak perlu membayar angsuran premi. Bahkan pengecekan kesehatan juga tidak. Dan paling menggiurkan, tanggungan mencapai Rp1,6 miliar.

Cara mengecek saldo Tapenas BNI

Sejauh ini menabung di BNI sangat aman. Tidak pernah mengecek saldo pun tidak akan dicurangi atau dikurangi. Namun, mungkin Anda penasaran dengan jumlah uang yang dikumpulkan. Jika begitu, berikut caranya.

Tapenas BNI difasilitasi buku tabungan. Jadi, cara mengecek saldo bisa dengan menge-print ke kantor cabang. Setelah itu, Anda bisa melihat semua rincian mutasi. Bukan hanya jumlah dana masuk, melainkan juga tanggal beserta bulannya.

Masalahnya ialah menge-print harus pada hari dan jam kerja. Beberapa nasabah bahkan belum mendapat buku tabungan Tapenas. Lalu bagaimana cara mengecek saldo tanpa kartu ATM, SMS banking, m-banking, ataupun i-banking?

Caranya dengan e-banking rekening afiliasi. Bisa ATM, i-banking, ataupun aplikasi m-banking. Login-lah ke sana. Kemudian klik menu “cek saldo”. Di sana Anda bisa melihat semua saldo dari rekening-rekening terkait: tabungan biasa, deposito, Tapenas, giro, dll.

Anda harus menelusuri lebih dalam jika tidak muncul. Cobalah klik menu “cek saldo rekening investasi”. Biasanya ia bersembunyi di situ bersama saldo deposito dan tabungan investasi lain. Jika Anda terbiasa menggunakan e-banking pasti gampang.

Cara menutup tabungan Tapenas saat jatuh tempo

Buka rekeningnya sudah. Setoran rutin bulanan apalagi. Jika jangka waktu yang ditentukan tiba, bagaimanakah cara mencairkan saldo BNI Tapenas? Apa saja syarat yang diperlukan? Serta ada potongan biaya atau tidak? Jika ada, berapa?

Jawabannya tidak. Penutupan Tapenas sama otomatisnya seperti pendebetan. Saat jatuh tempo, sistem melakukannya tanpa diminta. Saldo beserta bunga langsung ditransfer ke rekening afiliasi. Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

Selama Tapenas ditutup otomatis karena telah jatuh tempo, tidak dipotong biaya apapun. Justru uang ketambahan bunga. Jumlahnya silakan mengecek tabel di atas. Atau Anda bisa menghitungnya menggunakan simulasi pada situs resmi BNI.

Mencairkan Tapenas BNI sebelum jatuh tempo

Berdasarkan aturan, saldo sebenarnya tidak boleh diambil sembarangan. Namun, uang tetaplah milik Anda. Anda berhak memakai sesukanya. Termasuk mencairkan Tapenas sebelum waktu yang ditentukan berkahir.

Meski demikian, saat Anda melakukannya akan dikenakan denda penalti. Jumlah tidak besar. Hanya saja dalam bentuk persentase: 1%. Sebagai gambaran, jika saldo yang Anda cairkan Rp10 juta, potongannya yaitu Rp100 ribu.

Ada cara agar mencairkan Tapenas BNI tidak dikenakan denda padahal belum jatuh tempo. Yaitu, ambil saldo pada setoran tambahan (bukan setoran bulanan). Jangan banyak-banyak, cukup 30%. Dan jangan sering-sering. Cukup 1 kali dalam setahun.

Bagaimana proses mencairkan BNI Tapenas sebelum jatuh tempo? Datanglah ke kantor cabang terdekat. Temui customer service dengan membawa KTP, tabungan+kartu debit afiliasi, dan buku Tapenas. Ia akan membantu sampai beres.

FAQ

Berapa jangka waktu Tapenas BNI?

Paling cepat 2 tahun dan paling lama 18 tahun.

Berapa setoran awal dan bulanan tabungan BNI Tapenas?

Setoran pertama minimal Rp100.000,00. Setoran bulanan minimal Rp100 ribu–berlaku kelipatan Rp50 ribu–hingga maksimal Rp 5 juta.

Bagaimana cara setoran atau menabung rekening Tapenas?

Setoran bulanan mendebet otomatis dari rekening afiliasi. Setoran tambahan bisa melalui transfer teller, ATM, SMS banking, m-banking, ataupun i-banking.

Bagaimana bila saat pendebetan tidak ada saldo pada rekening afiliasi?

Akan ditunda hingga tanggal 5 bulan depan. Jika tanggal segitu baru ada dana, pendebetan dilakukan dobel (setoran bulanan sebelumnya + setoran bulanan berjalan).

Bagaimana jika setoran Tapenas telat bayar?

Ditunggu hingga ketersediaan dana. Namun, apabila menunggak tiga bulan, rekening akan ditutup otomatis oleh sistem. Saldo di dalamnya langsung ditransfer ke rekening afiliasi.

Penutupan seperti ini artinya penutupan sebelum jatuh tempo. Jadi, dikenakan denda penalti 1% dari saldo terakhir.

Apakah jumlah setoran bulanan dan jangka waktu Tapenas bisa diubah?

Mengubah lebih banyak dan lebih panjang, bisa. Sayangnya mengurangi menjadi lebih sedikit dan lebih pendek, tidak bisa.

Anda dapat mengubah jumlah setoran bulanan hingga maksimal Rp5.000.000,00. Sedangkan tambahan jangka waktu paling lama hingga total 18 tahun. Untuk melakukan ini, silakan datangi kantor cabang BNI terdekat.

Berapa persen bunga Tapenas BNI?

Naik turun mengikuti kondisi ekonomi. Saat tulisan ini dibuat, suku bunga Tapenas yaitu 3,25% untuk semua saldo, baik banyak maupun sedikit.

Bagimana cara mengecek saldo Tapenas?

Jika Tapenas Anda memiliki buku tabungan, saldo bisa dicek dengan menge-print buktab ke kantor cabang. Jika tidak, bisa melalui ATM dan e-banking dari rekening afiliasi.

Bagaimana cara menutup rekening Tapenas?

Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Saat jatuh tempo akan ditutup otomatis oleh sistem. Saldo berserta bunga langsung ditransfer ke rekening afiliasi.

Jatuh tempo telah tiba, kapan dan mengapa saldo Tapenas tidak cair juga?

Biasanya sebulan setelah jangka waktu yang ditentukan berakhir. Jika lebih dari 30 hari saldo tidak cair juga, kemungkinan rekening afiliasi bermasalah: terblokir atau tidak aktif/status pasif.

Kalau ini menimpa Anda tidak perlu khawatir. Saldo tetap tertahan dalam rekening Tapenas. Anda bisa mengurus dengan mengunjungi kantor cabang BNI terdekat.

Kalau rekening afiliasi dipastikan tidak bermasalah, kemungkinan lain ialah Tapenas Anda diperpanjang secara otomatis.

Apakah saldo Tapenas bisa dicairkan sebelum jatuh tempo?

Bagaimanapun uang tetap milik Anda. Anda bisa mencairkan BNI Tapenas kapan pun. Namun karena Anda melanggar perjanjian maka dikenakan denda 1% dari jumlah saldo terakhir.

Author

Baca artikel perbankan, ekonomi, finansial, dan tips trik keuangan lainnya di bawah.

Write A Comment