Biaya SMS Banking BRI Melalui Plain Text ataupun Aplikasi BRI Mobile

SMS banking merupakan salah satu fitur e-banking selain ATM, mobile banking, internet banking, dan SMS notifikasi. Bedanya, SMS banking menggunakan metode menu pesan. Tidak harus smartphone android terbaru, dengan hp biasa pun bisa. Biaya SMS-nya memotong pulsa

Hampir semua bank di Indonesia menyediakan fasilitas ini. Tidak terkecuali Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Pada BRI, SMS banking dapat dilakukan dengan dua cara: menu SMS plain text dan aplikasi BRI mobile. Melalui aplikasi lebih simpel karena tidak perlu mengetik format kode perintah, tetapi cukup klik dan klik.

Intinya, SMS banking ialah layanan untuk memudahkan nasabah. Mereka tidak harus ke ATM ataupun kantor cabang bank untuk transaksi. Cukup menggunakan handphone di tangan, kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembelian, pembayaran, dan sebagainya, dapat dilakukan dengan mudah.

Biaya SMS Banking BRI

Seperti dikatakan di atas, manfaat SMS banking ialah untuk mempermudah nasabah. Selain lebih aman karena menggunakan media pribadi, keuntungan lain menggunakan SMS banking yaitu bisa dilakukan di mana dan kapan saja selama 24 jam nonstop.

Banyak kelebihan pasti membuat sebagian dari Anda bertanya: apakah menikmati SMS banking BRI perlu biaya? Berapa? Menjawab pertanyaan ini tidak cukup iya atau tidak. Bagaimanapun, SMS banking tidak aktif begitu saja. Anda harus mendaftar atau meregistrasikannya terlebih dahulu.

Biaya Mengaktifkan SMS Banking BRI

Ada dua cara mengaktifkan SMS banking BRI pada rekening Anda. Pertama, dengan registrasi di ATM. Kedua, melalui customer service di kantor cabang BRI. Banksentral.com menyarakan Anda mendaftarkannya pada saat pembuatan rekening. Tujuannya biar tidak bolak-balik.

Baik dengan cara pertama ataupun kedua, biaya mendaftar SMS banking BRI ialah gratis. Antara nasabah yang mengaktifkan dengan yang tidak, biaya administrasi per bulannya sama. Begitu juga jika SMS banking BRI terblokir dan Anda mengajukan pengaktifan kembali. Samua itu gratis alias bebas biaya.

Meski demikian, tidak semua rekening BRI memperoleh fasilitas SMS banking. Tipe tabungan yang mendapatkannya yaitu Simpedes, BritAma, dan Junio. Sedangkan nomor hp yang digunakan terserah. Telkomsel, Indosat, XL, Tri, ataupun operator seluler lain bisa. Baik sistem prabayar ataupun pascabayar tidak masalah.

Biaya SMS Banking BRI untuk Transaksi

Setelah terdaftar, barulah Anda bisa melakukan transaksi perbankan menggunakan hp. Hampir semua transaksi yang ada di ATM bisa dikerjakan dengan SMS banking. Di antaranya yaitu cek saldo, mutasi rekening, transfer dana, pembayaran, pembelian, isi ulang pulsa, dan lain sebagainya.

Cara transaksi SMS banking BRI ada dua. Pertama, dengan plain text. Anda tinggal buka menu pesan pada hp dan kemudian mengetikkan format kode perintah. Setelah itu dikirim ke nomor 3300. Cara kedua, dengan aplikasi pihak ketiga bernama BRI Mobile yang harus di-download dan diinstal pada smartphone.

Kedua cara di atas sama-sama membutuhkan biaya agar transaksi berhasil/sukses. Biaya SMS dikenakan dalam bentuk pulsa. Tarifnya tergantung operator seluler yang digunakan. Sedangkan biaya tambahan dikenakan oleh bank dengan memotong dari saldo. Besarnya tergantung jenis transaksi yang dilakukan.

Tarif SMS Banking untuk Transaksi Nonfinansial

Yang dimaksud transaksi nonfinansial ialah transaksi perbankan tanpa memerlukan atau perpindahan dana dari satu rekening ke lainnya. Contoh: cek saldo, mutasi rekening, histori transaksi, info kurs, ganti PIN, registrasi, dan lain sebagainya.

Transaksi nonfinansial menggunakan SMS banking BRI tidak dikenakan biaya bank. Dengan kata lain gratis. Namun agar SMS terkirim dan diproses, membutuhkan biaya pulsa. Berapa tarifnya? Tergantung operator handphone yang digunakan. Daftar lebih lengkap silakan lihat tabel di bawah.

Provider Telkomsel

Nama kartuBiaya SMS Terkirim Biaya SMS Diterima
 Simpati Rp350,00 Rp500,00
 AS Rp300,00 Rp550,00
 Kartu Halo Rp250,00 Rp500,00

 

Provider XL

Nama kartuBiaya SMS Terkirim Biaya SMS Diterima
 XL Prabayar Rp350,00 Rp500,00
 XL Pascabayar Rp250,00 Rp500,00

 

Biaya SMS banking BRI akan memotong pulsa secara langsung jika Anda menggunakan nomor hp dengan sistem prabayar. Jika pascabayar, menambah tagihan telepon tiap bulan. Daftar biaya di atas berlaku untuk semua jenis rekening, entah itu Simpedes, BritAma, ataupun Junio.

Sebelum transaksi, pastikan bahwa pulsa Anda cukup. Jika kosong ataupun kurang, maka SMS tidak akan terkirim dan transaksi menggunakan SMS banking BRI jadi gagal. Meski demikian, saldo rekening Anda tetap aman atau utuh jika hal ini terjadi. Tidak perlu khawatir.

Tarif SMS Banking BRI untuk Transaksi Finansial

Jika transaksi nonfinansial tidak memerlukan perpindahan dana, maka transaksi finansial sebaliknya: memerlukan. Beberapa transaksi yang masuk kategori ini yaitu transfer sesama BRI, transfer dana ke bank lain (BNI, BCA, Mandiri, dll.), pembayaran, pembelian, isi ulang pusa, dan lain sebagainya.

Melakukan transakai di atas memerlukan dua macam biaya. Pertama, biaya SMS yang tarifnya seperti pada tabel. Kedua, biaya yang dikenakan bank. Bank akan memotong langsung dari saldo rekening. Waktu pemotongannya bukan sebulan sekali, melainkan sesaat setelah transaksi.

Besaran biaya transaksi finansial satu dengan lainnya tidak sama. Jumlah tepatnya tergantung jenis transaksi yang dilakukan. Umumnya antara Rp250,00–Rp6.500,00. Rp250,00 untuk biaya transfer sesama BRI, dan Rp6.500,00 untuk biaya transfer ke bank lain seperti BNI, BCA, Mandiri, dll.

Jangan lupa juga bahwa rekening BRI Simpedes, BritAma, dan Junio mendapatkan fitur SMS notifikasi. Bila diaktifkan, nomor hp Anda akan menerima SMS pemberitahuan jika pada rekening terdapat dana masuk ataupun keluar. Fitur ini tidak memang gratis. Namun, biaya juga tidak mahal: Rp500,00 saja.

Leave A Reply

Navigate