Biaya SMS banking BCA per transaksi

Mengaktifkan atau meregistrasikan SMS banking pada rekening tabungan BCA tidak dikenakan biaya. Antara mengaktifkan dan tidak, biaya administrasi bulanan yang dipotong langsung dari saldo tetap sama. Akan tetapi, setiap transaksi menggunakan SMS banking membutuhkan biaya akses.

Biaya akses yang dimaksud adalah pulsa atau tagihan bulanan ponsel (pascabayar). Seperti kita tahu, layanan ini dijalankan menggunakan metode SMS yang dikirimkan ke nomor SMS BCA 69888. Agar bisa terkirim dan transaksi berhasil–entah cek saldo, isi ulang prabayar, mutasi rekening, dan sebagainya–SIM-card yang digunakan harus memiliki pulsa.

Baca juga: Format SMS banking BCA untuk cek saldo, isi ulang pulsa, mutasi rekening, dll

Berapakah biaya atau tarif SMS banking BCA per transaksi? Inilah yang banksentral.com sedang bahas sekarang. Sedikit perlu diketahui, pemotongan SMS banking BCA lebih besar daripada SMS biasa. Yaitu sekira 500–1.670 tergantung masing-masing operator handphone yang digunakan. Lebih detailnya silakan lanjutkan membaca di bawah.

Syarat SMS Banking BCA Agar Transaksi Sukses

Sebelum soal tarif, terlebih dulu saya ingin membahas syarat agar nomor handphone Anda dapat digunakan untuk transaksi SMS banking BCA. Pertama, Anda harus punya rekening tabungan BCA. Terserah, mau jenis Tahapan, Xpresi, Giro, atau yang lain. Untuk mengetahui hal ini, silakan baca 10 macam produk simpanan BCA yang bisa dipilih.

Setelah memiliki nomor rekening, tidak berarti Anda langsung bisa menikmati fasilitas SMS banking menggunakan nomor handphone sembarangan. Nomor handphone harus Anda daftarkan atau registrasikan terlebih dahulu. Caranya bisa melalui ATM atau datang ke kantor cabang untuk menemui customer service. Pada tahap ini masih gratis alias belum dipungut biaya.

Baca juga: Cara mendaftar atau mengaktifkan layanan SMS banking BCA via ATM dan CS

Usai nomor teregistrasi, barulah bisa digunakan buat transaksi SMS banking. Sekali lagi saya katakan bahwa metode SMS banking BCA menggunakan SMS yang dikirimkan ke 69888. Proses pengiriman inilah yang membutuhkan biaya, berupa pulsa dan memotong langsung sesuai tarif yang diberlakukan dari SIM-card Anda.

Selain nomor harus sudah diregistrasikan dan memiliki pulsa, syarat berikutnya ialah handphone bisa melakukan SMS. Tidak perlu android keluaran terbaru atau i-Phone mahal, hp low end harga murah pun dapat digunakan asal menu SMS normal alias berfungsi dengan baik.

Berapa Biaya SMS Banking BCA per Transaksi?

Biaya SMS banking BCA dihitung per transaksi. Tarifnya antara 500–1.675 tergantung masing-masing provider jaringan ponsel yang nasabah gunakan. Misal, Anda melakukan dua transaksi dalam sekali waktu–contoh isi ulang pulsa dan kemudian cek sisa saldo–, maka dihitung dua kali transaksi. Berapa tarif totalnya? Tinggal hitung dengan kalikan dua saja.

Di atas dikatakan “tergantung masing-masing operator” karena hampir semua nomor dapat digunakan buat SMS banking dan menerapkan tarif berbeda-beda. Nomor-nomor ini di antaranya: GSM prabayar: Telkomsel (Simpati dan AS); Indosat (Mentari, IM3); XL (XL, Axis); Hutchinson (Tri/3/Three). GSM pascabayar: Telkomsel (KartuHalo); Indosat (Matrix); dst. CDMA (?): Smartfren.

Biaya SMS banking BCA menggunakan nomor prabayar memotong langsung dari pulsa yang dimiliki. Jika pulsa tidak mencukupi/kurang bahkan kosong, SMS tidak akan terkirim dan otomatis transaksi gagal. Sedangakan jika menggunakan nomor pascabayar, biaya akan ditambahkan pada tagihan bulanan ponsel Anda. Tarifnya masih sama, dihitung per transaksi.

Seandainya Anda menemukan sebuah transaksi menggunakan SMS banking BCA dan tercatat biaya tambahan (misal isi pulsa 50.000 dan biaya administrasi Rp1.500,00 sehingga total saldo yang terpotong Rp51.500,00), ini bukan karena SMS banking, melainkan memang biaya transaksi itu sendiri. Bila Anda transaksinya menggunakan ATM, m-BCA, ataupun KlikBCA, biaya tersebut tetap sama ada.

Itu pengandaian saja. Saya tidak tahu pasti pengisian pulsa pada BCA terdapat biaya administrasi atau tidak. Di bank lain, khususnya BNI, saya menemukan ada: isi ulang pulsa 25.000 kena Rp1.500,00. Sedangkan pulsa 50.000 gratis.

Terakhir, sebagai tambahan, saya ingin menginformasikan bahwa SMS banking BCA tidak bisa melakukan transaksi transfer. Baik itu sesama ataupun antar bank. Atas alasan ini, beberapa orang lebih memilih mobile banking ataupun internet banking BCA. Selain biaya akses lebih murah, cara menggunakan kedua fasilitas ini juga lebih simpel. Yaitu tinggal klik dan klik saja langsung beres.

Selanjutnya baca: SMS banking BCA tidak ada format kode untuk perintah transfer, ini solusinya!