Biaya atau Tarif m-BCA per Transaksi

Meregistrasikan dan mengaktifkan mobile banking BCA tidak dikenakan tarif. Biaya administrasi bulanan rekening akan tetap sama antara yang mengaktifkan dan yang tidak. Namun saat mengakses, barulah dikenakan tarif berupa pemotongan pulsa pada kartu handphone Anda.

Seperti yang sudah dibahas banksentral.com sebelumnya bahwa transkasi m-BCA menggunakan menu SIM-card. Agar transaksi yang Anda pilih dapat terkirim dan diproses BCA, dibutuhkan pulsa. Bila pulsa pada SIM-card sedikit/tidak mencukupi bahkan kosong maka transaksi akan gagal.

Bagaimana bila SIM-card yang sudah teregistrasi hilang, hangus, terbuang, terblokir, atau Anda memang ingin ganti nomor? Anda tidak bisa melakukan m-banking BCA dengan nomor sembarang. Agar bisa, perlu menghapus nomor lama dan meregistrasikan nomor baru melalui ATM ataupun customer service BCA. Lagi-lagi hal ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Baca juga: Dua cara ganti nomor telepon m-BCA

Berapa Pulsa yang Terpotong untuk Biaya Transaksi Mobile Banking m-BCA per Transaksi?

Hampir semua operator penyedia jaringan ponsel di Indonesia dapat melayani akses m-BCA. Terutama kartu GSM prabayar dan pascabayar. Contohnya Mentari, IM3, Matrix, Simpati, AS, Halo, XL, dll. Jika Anda pengguna salah satu dan ternyata menu SIM-card tidak terdapat m-BCA, artinya SIM-card belum m-banking ready. Solusinya tukarkan kartu Anda dengan nomor yang sama di Galeri Indosat, GraPARI Telkomsel, XL Center, dan sebagainya.

Baca juga: Cara cek saldo, transfer, dan isi ulang pulsa menggunakan mobile BCA

Kartu-kartu di atas akan memotong pulsa secara langsung jika digunakan untuk akses m-banking. Biaya atau tarifnya beda-beda. Ada yang murah dan ada yang mahal. Berapa angka tepatnya? Sekira 500–1670. Tarif ini dihitung per transaksi. Berhasil atau gagalnya transaksi tetap dihitung sama. Jika Anda melakukan dua kali, misal transfer dan isi pulsa, maka total = 2 x tarif.

Bukan operator saja yang menentukan perbedaan tarif m-BCA, melainkan jenis transaksi yang dilakukan juga. Seperti, biaya transaksi nonfinansial memotong pulsa lebih sedikit daripada transaksi finansial. Bingung? Agar jelas lebih baik lihat tabel di bawah ini saja.

 Keterangan XL Indosat rabayar Indosat pascabayar Kartu Halo simPATI AS
 Transaksi nonfinansial 650 600 500 850 1.010 960
 Transaksi finansial 1.300 1.200 1.000 1.450 1.670 1.620

Catatan: biaya di atas belum termasuk PPN 10%.

Bagi yang belum tahu, transaksi nonfinansial berupa m-Info: info saldo, mutasi rekening, info kurs; dan m-Admin: aktivasi, ganti PIN, dll. Sedangkan yang termasuk transaksi finansial misalnya transfer sesama BCA dan antarbank, isi ulang pulsa dan voucer PLN prabayar, pembayaran tagihan bulanan (listrik, PAM, internet, kartu kredit, dll.)

Biaya atau tarif m-BCA di atas ditarik oleh penyedia jaringan layanan ponsel (operator SIM-card). BCA sendiri tidak memotong apa-apa baik melalui saldo atau lainnya terkait mobile banking BCA ini. Jika nomor handphone Anda sistem prabayar maka biaya m-BCA memotong pulsa secara langsung. Jika pascabayar, akan menambah tagihan bulanan ponsel Anda.

Selanjutnya baca: Limit transfer dan isi ulang pulsa menggunakan m-BCA

Leave a Reply