Aplikasi BCA Mobile: Kelebihan, Kekurangan, Cara Download dan Menggunakan Transaksi Pertama Kali

Setelah banksentral.com menelusuri, ternyata mobile banking BCA ada dua macam. Pertama, m-BCA menggunakan menu SIM-card dan biaya aksesnya memotong pulsa 500–1.670 per transaksi. Kedua, BCA mobile menggunakan aplikasi yang harus diinstal pada handphone dan aksesnya berjalan di jaringan internet. Jika harus dibandingkan, Aplikasi BCA Mobile tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi BCA Mobile

Kelebihan pertama yaitu biaya lebih murah. Tidak seperti m-BCA yang aksesnya melalui menu SIM-card dan biaya memotong pulsa secara langsung, Aplikasi BCA Mobile berjalan melalui jaringan internet. Sudah bukan rahasia lagi sekarang harga paket internet lebih murah daripada harga pulsa. Apalagi bila di rumah Anda memiliki jaringan WiFi. Tentu biaya akses Aplikasi BCA Mobile akan terasa gratis.

Kelebihan kedua yaitu bisa digunakan tanpa nomor hp yang sudah teregistrasi. Agar bisa menikmati akses perbankan melalui Aplikasi BCA mobile memang harus meregistrasikan nomor hp. Namun, seandainya aplikasi sudah diinisialisasi satu kali saat pertama pakai, akses selanjutnya kartu tidak harus terpasang pada hp. Meski begini, akan tetap aman karena disertai kode akses (semacam PIN aplikasi).

Meski namanya sama-sama mobile banking, Aplikasi BCA mobile ini memiliki fitur lebih lengkap. Inilah kelebihannya yang nomor tiga. Fitur yang dimaksud yaitu bisa menyimpan daftar pembayaran dan nomor tujuan transfer. Sehingga bila memerlukan transaksi serupa tidak perlu memasukkan data ulang. Tinggal pilih saja daftar yang sudah tersimpan itu.

Memiliki banyak kelebihan bukan berarti Aplikasi BCA Mobile tidak ada kelemahan. Tenang saja, hanya sedikit kekurangan dan saya rasa tidak menjadi masalah untuk mayoritas nasabah zaman sekarang. Apakah itu? Karena aplikasi harus diinstal, maka harus menggunakan smartphone minimal mid end. Baik itu android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry, atau lainnya yang mendukung pemasangan aplikasi tambahan pihak ketiga.

Baca juga: Cara ganti nomor telepon m-banking BCA karena terblokir, hangus, ataupun hp hilang

Cara Download Aplikasi BCA Mobile

Seperti dikatakan barusan, aplikasi hanya bisa dipasang pada ponsel yang mendukung tambahan aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah banyak ponsel menawarkan spesifikasi serupa dengan harga terjangkau. Beberapa ponsel yang disarankan misalnya android, iPhone, Windows Phone, dan Blackberry.

Cara download Aplikasi BCA Mobile pada handphone android ialah dengan melalui menu Play Store (android market). Kemudian pada search bar tikkan “BCA mobile”. Pilih salah satu aplikasi hasil pencarian. Sebelum di-download dan diinstal, pastikan pengembangnya yaitu PT Bank Central Asia Tbk. Jika ingin mengunduh langsung dari BCA bisa melalui link https://downloadmbank.klikbca.com/mbca.

Jika Anda menggunakan ponsel iPhone, cara download Aplikasi BCA Mobile-nya hampir sama seperti pada android. Bedanya, jika pada android melalui Play Store, maka pada iPhone melalui App Store. Anda juga bisa mengakses Aplikasi BCA Mobile melalui PC MAC ataupun iPad. Caranya tinggal pasang saja melalui iTunes.

Sedangkan pengguna ponsel dengan sistem operasi Windows Phone, cara download Aplikasi BCA Mobile melalui Store/Bursa. Cari menggunakan kolom pencarian di atas dengan mengetikkan “BCA mobile”. Dari sekian banyak hasil pilih dan instal yang resmi (developer PT Bank Central Asia Tbk). Jika ingin sedikit ribet atau unduh langsung dari BCA, gunakan link https://downloadmbank.klikbca.com/mbca melalui browser.

Bagaimana untuk pengguna ponsel BlackBerry? Tetap bisa juga. Caranya masuk ke menu BlackBerry App World, tuliskan “BCA mobile”, pilih yang developer resmi, download dan kemudian instal atau pasang. Sama seperti smartphone lainnya, jika ingin men-download dengan cara ribet bisa melalui link di atas.

Syarat Bisa Menikmati Fitur Aplikasi BCA Mobile

Tidak semua pemilik rekening BCA bisa menikmati layanan Aplikasi BCA Mobile, tetapi pemilik rekening BCA bisa mengusahakan. Bingung pada kalimat ini? Tidak perlu. Intinya pemilik tabungan BCA baik Tahapan, Expresi, Giro, Gold, Tapres, dan sebagainya dapat menikmati kalau nomor hp-nya sudah diresgistesikan m-BCA.

Ingat, antara meregistrasikam SMS banking BCA dan mobile banking m-BCA beda. Nomor Anda belum bisa digunakan untuk Aplikasi BCA Mobile seandainya hanya diaktifkan SMS banking saja. Bila sudah, maka SIM-card bisa langsung digunakan untuk inisialisasi Aplikasi BCA Mobile ini.

Baca juga: Cara mendaftarkan m-BCA via ATM dan customer service

Meregistrasikan atau mengaktifkan m-BCA melalui ATM dan customer service hasilnya tidak sama. Melakukannya pada ATM memang bisa kapan saja selama 24 jam, tetapi kelemahannya yaitu hanya bisa digunakan untuk transaksi nonfinansial. Agar bisa digunakan untuk transaksi finansial dan nonfinansial harus didaftarkan melalui customer service. Cara dan syaratnya silakan klik link di atas.

Cara Menggunakan Aplikasi BCA Mobile Pertama Kali

Anda harus memastikan dulu bahwa nomor hp Anda sudah diregistrasikan mobile banking BCA. Caranya sudah dijelaskan di atas. Setelah itu download aplikasinya. Ini juga sudah dijelaskan di atasnya lagi. Jika kedua tahap di atas sudah, sekarang kita tinggal inisialisasi aplikasinya.

Buka Aplikasi BCA Mobile. Anda akan melihat tampilan seperti ini.

Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan transaksi pertama kali

Pilih dan klik m-BCA yang berada paling atas, maka tampilan akan berubah seperti ini.

Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan transaksi pertama kali

Baca syarat dan ketentuan, lalu klik “Accept”. Jika sudah, muncul tampilan seperti gambar di bawah. Selanjutnya Anda perlu memasukkan nomor kartu ATM. Nomor ini bisa dilihat pada permukaan atas kartu ATM atau Paspor BCA Anda.

Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan transaksi pertama kali

Selesaikan proses sampai ada pilihan untuk mengirim SMS ke nomor hp Anda yang telah teregistrasi m-BCA. Loh kok SMS, katanya aplikasi berjalan menggunakan jaringan internet? Tenang, SMS cukup sekali sebagai inisialisasi aplikasi.

Setelah semua tahapan di atas komplet, aplikasi akan reload dan tampilan berubah lagi menjadi seperti ini. Pada tahap ini artinya Anda harus membuat kode akses. Kode akses digunakan sebagai pengaman aplikasi. Bikinlah sesuai kehendak Anda tetapi disarankan yang rumit. Kode akses berupa rangkaian enam digit angka dan huruf.

Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan transaksi pertama kali

Selesai. Aplikasi BCA Mobile siap digunakan untuk segala transaksi yang tersedia pada menu di bawah ini.

Aplikasi BCA Mobile: kelebihan, kekurangan, cara download dan menggunakan transaksi pertama kali

Daftar Transaksi yang Aplikasi BCA Mobile Dapat Lakukan

Jika semua syarat dan cara di atas sudah dipenuhi dan kerjakan, maka transaksi-transaksi perbankan di bawah ini bisa Anda lakukan tanpa harus ke ATM ataupun teller.

Menu BCA mobile:

  • m-BCA dengan fitur layanan:
  • m-Info
  • m-Transfer
  • m-Payment
  • m-Commerce
  • Tarik Tunai ( Khusus OS Android dan iOS )
  • m-Admin

Info BCA:

  • BCA Promo
  • Mini Gallery
  • Aplikasi Online
  • Lokasi Cabang dan ATM BCA
  • Reward BCA
  • Sambungan langsung ke Halo BCA via telepon

Info Flazz (khusus smartphone Android dengan fitur NFC atau Near Field Communication)

  • Informasi Saldo
  • Informasi 10 transaksi terakhir

Selanjutnya baca: Limit transfer dan pembelian isi ulang pulsa via m-BCA

Leave a Reply